Tips Membuat Skripsi Tentang Investasi Bagi Mahasiwa Akhir

Tips Membuat Skripsi Tentang Investasi Bagi Mahasiswa Akhir

Skripsi tentang investasi merupakan salah satu dari beberapa tema yang akan dibuat oleh mahasiswa akhir jurusan akuntansi atau jurusan di dalam lingkup fakultas ekonomi lainnya.

Ada banyak hal dari investasi yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam membuat judul hingga sampai ke tahap penelitian.

Namun, sebelum itu ada beberapa tips bisa diikuti agar proses pengerjaan tugas akhir bisa berjalan lancar dan cepat selesai sehingga bisa disidangkan.

Tips Ampuh Membuat Skripsi Tentang Investasi

Beberapa tips dalam pengerjaan tugas akhir dapat Anda lihat pada penjelasan di bawah ini, mari simak:

  1. Menetapkan Niat Mengerjakannya Hingga Akhir

Sebelum mulai mengerjakan tahapan awal dalam membuat skripsi tentang investasi, calon peneliti harus memantapkan niat terlebih dahulu.

Meskipun terdengar klise dan mudah, menetapkan niat bukanlah hal mudah. Apalagi jika belum memiliki pondasi dalam tema skripsi tersebut.

Selain itu, ada banyak faktor lain dapat menghambat perjalanan dalam mengerjakannya. Hal-hal tersebut dapat dengan mudah membuat seseorang kehilangan semangat dan akhirnya menyerah.

Agar niat dapat selalu sama, maka buatlah tujuan atau apa keinginan ketika telah berhasil menyelesaikan skripsi. Nantinya hal tersebut bisa membuat tetap mempertahankan niat mengerjakan tugas akhir tersebut.

  1. Tentukan Deadline Pribadi

Dengan menetapkan deadline ketika mengerjakan skripsi tentang investasi, kemungkinan untuk menunda-nunda atau prokrastinasi akan lebih berkurang.

Karena kebiasaan mahasiswa yang membuat lambat proses pengerjaannya adalah menganggap enteng dan menunda mengerjakan.

Anda bisa membuat deadline jangka panjang, seperti kapan batas semua skripsi harus selesai. Atau bisa juga menetapkan deadline jangka pendek, seperti waktu pengerjaan bab tertentu.

3.Pahami Tema Penelitiannya

Ketika membuat skripsi tentang investasi, maka harus mengerti tentang investasi itu secara umum maupun aspeknya yang akan dijadikan tema untuk penelitian nanti.

Jangan asal mengambil tema tanpa mengetahui apapun tentang hal tersebut karena akan menyusahkan ketika membuatnya. Apalagi jika seminar proposal, ketika ditanya penguji dan tidak mampu menjawab, maka bisa saja hasilnya digagalkan.

Tema nantinya membantu saat membuat kerangka berpikir hingga menyusun instrumen penelitian nanti.

  1. Pahami Metode Penelitian dalam Skripsi Tentang Investasi

Metode penelitian sangat penting ketika mulai mengerjakan proses penelitian. Hal ini karena perannya dalam mengarahkan penelitian yang akan dikerjakan.

Memahaminya juga bisa membantu untuk mengetahui objektif atau tidaknya hasil penelitian nanti.

  1. Memahami Pedoman Penulisan yang Diberikan Jurusan Atau Fakultas

Setiap jurusan atau fakultas memiliki pedoman dan ketentuan tersendiri dalam penyusunan tugas akhir oleh mahasiswanya. Sehingga mahasiswa wajib menguasai teknik penulisannya.

Salah satu hal perlu diperhatikan dari pedoman adalah mengenai sumber rujukan harus ilmiah dan cara pengutipan agar tidak terjadinya plagiat pada skripsi tentang investasi Anda.

Pedoman sangat membantu jika masih awam dengan pengerjaannya dan belum tahu harus mulai dari mana.

  1. Membentuk Komunikasi yang Bagus Dengan Pembimbing

Komunikasi dengan dosen pembimbing dapat menjadi salah satu faktor bisa cepat atau tidaknya mengerjakan skripsi.

Ketika hubungan dengan dosen berjalan baik, Anda bisa berdiskusi dengan lebih santai dan meminta arahan. Sedangkan jika sebaliknya, bisa jadi proses akan semakin lama, apalagi jika masih banyak hal tidak diketahui. Ingat untuk selalu sopan ketika menghubungi dosen, meskipun dosennya tidak responsif atau lama.

  1. Memilih Rekan yang Tepat

Ketika berada dalam lingkungan yang ingin segera menyelesaikan skripsi, maka secara tidak langsung Anda juga akan terpengaruh untuk bekerja lebih giat. Begitu juga sebaliknya.

Baca juga:  Latar Belakang Investasi yang Harus Diketahui Calon Investor

Apalagi jika Anda mudah terbawa arus, maka hindari lingkungan malas atau suka menunda-nunda.

  1. Mengurangi Waktu Bermain-main

Saat mengerjakan tugas akhir tersebut, biasanya akan dihadapi dengan masa lelah atau capek, sehingga Anda ingin bermain atau healing.

Refreshing boleh saja, asal jangan berlebihan. Karena jika setiap waktu memutuskan untuk bermain dengan alasan capek dengan skripsi, maka waktu pengerjaannya akan semakin lambat.

  1. Beribadah

Dengan berusaha sekaligus berdoa kepada Yang Maha Kuasa, Anda akan memiliki lebih banyak energi positif dan semakin bersemangat.

Mencari Referensi untuk Skripsi Tentang Investasi

Dalam mengerjakan skripsi, sangat diperlukan referensi sebagai acuan atau sumber data. Karena sifat tugas ini ilmiah, maka sumber rujukan yang Anda masukkan juga harus terbukti keilmiahannya.

Jangan sampai mengambil sumber tidak relevan, dari situs yang belum teruji keilmiahannya, atau bukan dari ahli dalam bidang investasi. Ada beberapa sumber rujukan untuk digunakan dalam membantu dalam pengerjaan skripsi antara lain :

  1. Website Resmi Kampus Masing-Masing

Setiap universitas memiliki repository yang bisa diakses mahasiswanya untuk dapat mengakses materi-materi berbentuk digital atau ebook mengenai investasi.

Tidak hanya itu, beberapa fakultas juga memiliki website berisi jurnal-jurnal internasional sesuai dengan konsentrasi ilmu di sana. Peneliti bisa mengaksesnya karena dijamin lebih ilmiah hasilnya.

  1. Buku

Buku-buku berkaitan dengan investasi yang ditulis oleh ahlinya merupakan salah satu sumber terpercaya untuk dimasukkan ke dalam tugas akhir.

Ada beberapa cara mengakses buku tersebut, seperti membeli, meminjam di perpustakaan offline ataupun digital.

  1. Website Penyedia Jurnal

Di internet ada banyak website penyedia jurnal-jurnal penelitian dari peneliti di seluruh dunia. Aksesnya bisa gratis maupun berbayar. Jika berbayar, Anda sebenarnya bisa mendapatkannya secara gratis.

Caranya adalah dengan meminta melalui email kepada penulis jurnal tersebut. Rata-rata mereka akan senang memberikannya.

Contoh Judul Skripsi Tentang Investasi

Ada banyak contoh judul yang bisa Anda jadikan sebagai pedoman di internet. Caranya cukup mengetikkan kata kunci di mesin pencari mengenai tema investasi.

Setelah itu akan banyak keluar contoh tugas akhir utuh maupun potongannya. Anda bisa membaca latar belakang dan lain-lain dan mengambil poin penting untuk dielaborasi menjadi judul atau pembahasan. Anda juga bisa menjadikan daftar pustaka di sana sebagai referensi pencarian.

Dengan mengikuti tips hingga cara menemukan judul skripsi tentang investasi, maka Anda bisa segera mulai dan dapat mengerjakannya lebih efektif.