Ternyata Wakil Manajer Investasi Punya Tugas yang Penting

Ternyata Wakil Manajer Investasi Punya Tugas yang Penting

Seorang wakil manajer investasi memiliki tugas untuk mengelola dana dari para investor agar menghasilkan keuntungan. Pernahkah Anda mendengar tentang reksadana? Instrumen tersebut merupakan salah satu bentuknya.

Reksa dana merupakan instrumen berbentuk sertifikat yang membuktikan atau menerangkan bahwa seorang investor telah menitipkan dana. Profesi ini dianggap sangat menarik apabila berkaitan dengan pasar modal.

Pengertian dan Tugasnya Wakil Manajer Investasi

Seperti istilah umum digunakan, manajer investasi adalah pihak yang memiliki tanggung jawab profesional untuk mengelola reksa dana pihak lain. Tempat kerjanya biasanya di perusahaan, didukung oleh sejumlah tim terpercaya.

Profesi ini mengharuskan seseorang memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan pertama adalah gelar sarjana dengan jurusan relevan, tidak lupa melakukan pendaftaran di Organisasi Jasa Keuangan (OJK).

Mempunyai pengalaman terkait manajemen kekayaan juga pemahaman cukup baik tentang investasi pasar modal dan keuangan. Jika tidak mempunyai kualifikasi seperti itu, maka seseorang tidak bisa menjadi MI.

Lebih baik jika Anda sudah memiliki kualifikasi profesional seperti CFP atau AUM. Manajer investasi reksa dana adalah perusahaan pengelola kekayaan resmi dan disetujui oleh OJK.

MI memiliki pengelolaan kas atas seluruh dana investasi yang diajukan sebagaimana tercantum dalam prospektus dana investasi. MI dapat mengelola berbagai jenis reksa dana yang diterbitkan oleh perusahaan pasar modal.

Ada beberapa aturan yang harus diikuti wakil manajer investasi, salah satunya adalah prinsip diversifikasi atau penyebaran. Aturan ini berisiko tinggi, pengembalian tinggi, oleh karena itu diperlukan kemampuan analisis tingkat tinggi.

Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau Net Asset Value adalah nilai satuan unit reksa dana Terbitan MI. Misalnya, seorang investor memiliki Rp 100 juta dan berinvestasi di reksa dana XYZ.

Jika NAB reksadana tersebut adalah Rp 10.000, maka seorang investor akan mendapatkan sebanyak 10.000 unit. Meskipun begitu, profesi ini tidak dapat disamakan dengan analis pasar saham.

MI dan analis pasar saham dapat bekerja sama untuk menghasilkan suatu keputusan terkait pengelolaan modal. Cara mengetahui MI terbaik adalah dengan melihat seberapa banyak dana yang telah dikelola.

Memilih Wakil Manajer Investasi Agar Tidak Merugi

Karena nasib portofolio berada di tangan MI, maka memilih perwakilan terbaik merupakan hal penting. Saat ini sudah ada sekitar 98 MI sudah terdaftar secara legal di Otoritas Jasa Keuangan.

Hal terpenting dalam menentukan investment manager terbaik adalah memeriksa legitimasinya. Perlu diketahui bahwa perusahaan pengelola investasi bukanlah perorangan atau individu saja,  melainkan badan hukum berlisensi.

Seseorang dengan tugas mengelola para investment manager disebut dengan deputi. Para investor mengecek apakah perusahaan pengelola yang diinginkan sudah terdaftar di OJK tepatnya situs  resmi OJK.

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah lembaga pemerintah independen yang bertugas menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terintegrasi untuk semua kegiatan di  sektor jasa keuangan, termasuk investasi.

Hal ini sangat penting mengingat salah satu tugas wakil manajer investasi adalah menghimpun dana masyarakat. Namun, tidak semua pengumpul uang publik adalah investment manager, jadi pastikan cek kembali legalitasnya.

Rekam jejak adalah hal penting lain yang harus dicari ketika memilih investment manager terbaik. Pelajari tentang masa kerja perusahaan dalam manajemen investasi dan pengalamannya dalam menangani berbagai kondisi pasar.

Tentu saja, informasi ini juga lebih mudah tersedia melalui ulasan dan rekomendasi investor lain dari orang-orang dekat Anda. Perbanyak informasi dengan cara bergabung dengan berbagai komunitas atau forum terkait.

Baca juga:  Investasi Emas atau Deposito, Manakah yang Lebih Menjanjikan?

Jangan lupa datasheet dana atau fund fact sheet, yaitu laporan produk reksa dana yang diterbitkan oleh MI. Datasheet berisi informasi penting tentang kinerja produk reksadana, jumlah dana kelolaan, hingga portofolio.

Laporan-laporan ini biasanya tidak terlalu panjang, sehingga tidak sulit untuk diteliti. Lembar fakta reksa dana biasanya hanya sepanjang satu halaman dan berisi gambaran lengkap reksa dana.

Jadi Wakil Manajer Investasi, Bagaimana Caranya?  

Bagi Anda yang ingin memasuki profesi ini sebelumnya harus memahami ilmu dan pengetahuan relevan. Belajar tentang saham dan menjadi investment manager dapat dilakukan melalui belajar mandiri atau pelatihan.

Jika memutuskan otodidak, bisa dilakukan dengan membaca berbagai buku tentang saham dan investment manager. Atau bisa juga mengikuti berbagai kursus pelatihan jika ingin memperoleh pengetahuan lebih lagi.

Sekali lagi, Anda perlu membedakan antara profesi investment manager dan perencana keuangan. Keduanya tentu tidak sama, baik dari sisi tugas serta tanggung jawab masing-masing pihak.

Perencana keuangan memiliki tugas untuk menganalisis tujuan dan profil risiko serta memilih produk sesuai profil klien. MI kini lebih fokus mengelola dana investor di pasar keuangan dan pasar modal.

Ketentuan ini sudah tertuang dalam Peraturan OJK No. 10 Tahun 2018. Seorang perencana keuangan tidak dapat mengelola portofolio yang dimiliki oleh investor, karena ini adalah tugas utama seorang investment manager.

Wakil manajer investasi adalah seseorang dengan tugas sebagai perwakilan perusahaan efek ketika menyelenggarakan kegiatannya. WMI juga perlu mengantongi sertifikasi atau lisensi dari OJK melalui beberapa perizinan.

Kewenangan perwakilan investment manager berdasarkan peraturan tersebut berlaku selama tiga tahun sejak tanggal lahirnya wewenang perwakilan investment manager. Tentu saja dapat diperpanjang dengan mengikuti beberapa ketentuan.

Seorang WMI wajib mengikuti pelatihan berkala yang diselenggarakan oleh asosiasi atau badan lain yang disetujui OJK setiap tiga tahun. Juga dilarang keras bagi perwakilan perusahaan pengelola investasi untuk merangkap jabatan.

Sebelum terjun ke penanaman modal, investor dapat memeriksa apakah calon WMI sudah benar-benar layak. Lakukan pengecekan silang atau peninjauan ulang agar menemukan wakil manajer investasi terbaik dan terpercaya.