Strategi Investasi Emas dan Kesalahan Umum yang Kerap Dilakukan

Strategi Investasi Emas dan Kesalahan Umum yang Kerap Dilakukan

 

Strategi investasi emas yang tepat perlu dilakukan supaya memperoleh banyak keuntungan dan mengurangi risiko mengalami kerugian. Terutama bagi pemula, bila investasi emas yang dilakukan asal atau sembarangan, berpotensi lebih besar mengalami kerugian.

 

Alangkah lebih baiknya bila tertarik untuk melakukan investasi emas, pelajari terlebih dahulu hal-hal penunjang kemudahan aktivitas Anda nantinya. Ada banyak keuntungan bisa diperoleh dari investasi emas.

 

Keuntungan inilah yang membuatnya memiliki banyak peminat dan semakin populer. Mengenai keuntungan akan dibahas pada uraian berikut beserta berbagai strategi yang bisa diterapkan. Selain itu, akan diuraikan juga mengenai kesalahan umum yang kerap dilakukan.

 

Inilah Beragam Keuntungan Investasi Emas Bisa Diperoleh

 

Sebelum membahas tentang strategi investasi emas, akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai beberapa keuntungan yang bisa diperoleh. Pertama, nilai asetnya cenderung stabil dari waktu ke waktu.

 

Harganya yang cenderung stabil, salah satunya dipengaruhi oleh faktor permintaan serta penawaran pada pasar jelas. Penting dipahami bahwa ketika transaksi emas masih terus berjalan kuat, risiko nilainya mengalami penurunan bisa dikatakan minim.

 

Kedua, bebas bunga, sehingga saat melakukan proses penjualan, nilai pencariannya akan setara dengan yang dimiliki dalam tabungan. Ketiga, jenis investasi ini mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai.

 

Keempat, sama seperti menabung dengan metode konvensional, tabungan dalam bentuk aset jenis ini bisa dipakai sebagai sumber dana darurat. Nilai asetnya yang cenderung stabil dan mudah dikonversi dalam bentuk uang tunai, membuatnya cocok dijadikan dana darurat.

 

Kelima, melindungi nilai kekayaan. Nilai aset jenis satu ini dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan, sehingga cocok dimanfaatkan sebagai pelindung nilai kekayaan. Asalkan penerapan strategi investasi emas tepat, keuntungan besar bisa diperoleh.

 

Salah satu triknya yaitu dengan menjualnya dalam jangka waktu penyimpanan lama, minimal 5 tahun. Karena nilainya cenderung stabil, semakin lama disimpan, kemungkinan mengalami peningkatan harga jual lebih besar, sehingga memberikan banyak keuntungan.

 

Beberapa Strategi Investasi Emas Bisa Menjadi Referensi

 

Setiap jenis investasi memiliki strateginya sendiri supaya memberikan keuntungan dan minim mengalami kerugian, termasuk juga emas. Berikut ada beberapa strategi bisa Anda jadikan referensi untuk diterapkan:

 

  1. Menentukan Tujuan Investasi

 

Strategi investasi emas pertama yaitu menentukan tujuan investasi. Apakah ingin digunakan untuk pendidikan, pernikahan atau tabungan di hari tua. Bila sudah ditetapkan tujuannya, Anda akan mudah menentukan jangka waktu menabung.

 

Bisa 5 tahun, 10 tahun atau lebih. Bukan hanya itu, Anda juga akan dimudahkan dalam menentukan berapa besar penghasilan yang dapat disisihkan untuk ditabung pada setiap bulannya.

 

  1. Menentukan Jumlah Investasi

 

Strategi berikutnya yaitu menentukan jumlah investasi yang diinginkan. Mengenai jumlah menyesuaikan dengan kemampuan setiap individu. Biasanya tergantung dari penghasilan yang didapatkan.

 

Jumlah ini bisa ditentukan ketika Anda sudah mengetahui tujuan menabung emas. Jadi, bisa memperhitungkan berapa kira-kira dana yang perlu disisihkan untuk mencapai tujuan tersebut.

 

  1. Menyimpan di Tempat Aman

 

Strategi investasi emas lainnya simpan di tempat aman. Bila di rumah sendiri, Anda bisa memakai safety box atau brankas. Bila merasa perangkat tersebut kurang aman, simpan di SDB atau Safe Deposit Box yang biasanya ditawarkan oleh bank.

 

Tapi, penting dipahami bila menggunakan fitur SDB, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan. Metode lainnya dengan menabung emas non fisik secara online. Anda tidak akan diberikan dalam bentuk fisik, tapi memperoleh sertifikat khusus.

Baca juga:  Investasi Sdm, Minimal Investasi Saham yang Terpercaya

 

Nantinya sertifikat ini bisa dipakai saat transaksi, baik membeli maupun menjualnya. Karena bentuknya non fisik, bila tertarik menggunakan metode online, jangan mengabaikan kualitas dari penyedianya.

 

  1. Memantau Pergerakan Harga Secara Berkala

 

Pantau terus pergerakan harga emas secara berkala. Seiring perkembangan teknologi digital yang semakin canggih, memudahkan Anda dalam melakukan pemantauan secara online melalui mesin pencarian internet.

 

Sudah ada banyak situs yang memberikan informasi mengenai pergerakan harga aset ini setiap harinya. Penerapan strategi investasi emas ini bisa dimanfaatkan saat hendak membeli atau menjualnya.

 

Ketika ingin membeli, harga pasar yang dicari adalah saat mengalami penurunan. Sedangkan ketika ingin menjual, harga yang dicari saat mengalami kenaikan supaya memberikan banyak keuntungan.

 

  1. Membeli di Tempat Tepat dan Terpercaya

 

Strategi terakhir yaitu beli aset di tempat tepat dan terpercaya. Pilihlah tempat yang benar-benar resmi alias legal. Penjual resmi akan menyertakan surat beserta sertifikat.

 

Lebih waspada dengan tempat yang menyediakan emas karena banyak oknum illegal memanfaatkan momen ini untuk melancarkan aksi. Cermati track record penjual dan jangan terkecoh dengan penawaran tidak masuk akal.

 

Kesalahan Umum yang Kerap Dilakukan Saat Investasi Emas

 

Setelah memahami tentang strategi investasi emas, berikutnya akan dibahas mengenai kesalahan umum yang kerap dilakukan dan tanpa disadari. Beberapa kesalahan umum dimaksud antara lain:

 

  1. Tujuan Investasi Salah

 

Kesalahan pertama, salah dalam menentukan tujuan investasi. Bila memang menginginkan imbal hasil di masa mendatang, sebaiknya jangan membeli aset untuk dijadikan perhiasan.

 

Sebagai tabungan, emas batangan jauh lebih menguntungkan dibeli dibandingkan perhiasan. Sebab, bentuk batangan tidak mempunyai beban untuk biaya pembuatan saat dijual lagi.

 

  1. Tidak Melakukan Perbandingan Harga

 

Kesalahan berikutnya, tidak melakukan perbandingan harga alias terburu-buru saat membeli. Strategi investasi emas membeli di tempat terpercaya bila diiringi dengan melakukan perbandingan harga, akan berpeluang memberikan keuntungan lebih besar.

 

Bagi Anda yang tidak memantau harga pergerakan aset ini, jangan mengabaikan kredibilitas penyedia. Membeli dengan melakukan perbandingan harga, berpeluang besar membuat Anda memperoleh harga terbaik.

 

  1. Tidak Menyimpan di Tempat Memadai

 

Kesalahan umum terakhir yaitu tidak menyimpan emas di tempat memadai. Padahal aset jenis ini berisiko hilang serta dicuri orang lain. Jadi, sangat penting menyimpannya di tempat memadai.

 

Hindari melakukan berbagai kesalahan tersebut supaya investasi emas yang dilakukan minim mengalami kendala serta kerugian. Terapkan strategi investasi emas di atas supaya memperoleh keuntungan maksimal.