Seputar Satuan Panjang, 1 Meter Berapa mm dan Sejarahnya

Untuk menghitung 1 meter berapa mm, sebenarnya sangat mudah karena ada banyak aplikasi konversi yang bisa digunakan. Bahkan Anda tidak perlu mendownloadnya, kini sudah ada kalkulator online yang bisa Anda dapatkan dari penelusuran Google.

Namun akan sangat menyenangkan jika ada mengetahui secara detail mengenai bagaimana cara menghitung satuan panjang tersebut. Sebenarnya jika membahas mengenai satuan panjang seperti 1 meter berapa mm, materi ini sudah ada sejak bangku SD.

Satuan panjang adalah salah satu materi matematika yang memang diajarkan sejak sekolah dasar di mana banyak juga jenisnya dan para siswa diharapkan bisa memahami jenis-jenis tersebut dan tahu bagaimana cara menghitungnya.

Matematika sendiri merupakan ilmu pasti sehingga jika Anda bertanya-tanya 1 meter berapa mm, tentu jawaban akan hal tersebut bisa didapatkan dari rumus yang sudah diakui secara internasional.

Seputar Satuan Panjang yang Perlu Diketahui

Matematika berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu mathema yang artinya adalah pengetahuan, pemikiran dan pembelajaran di mana ilmu ini akan mencakup studi tentang topik-topik seperti bilangan aritmatika dan teori bilangan.

Membahas mengenai meter dan mm Sangat menarik karena merupakan salah satu materi matematika yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari, contohnya dalam keseharian tentu Anda akan melakukan pengukuran panjang, jarak, ketebalan dan lainnya.

Tidak heran jika muncul pertanyaan 1 meter berapa mm, di mana pertanyaan ini masuk kategori pengukuran menggunakan satuan panjang. Sebelum membahas lebih lanjut Hasil dari 1 meter ke mm, ada baiknya mempelajari satuan panjang secara keseluruhan.

Satuan panjang sendiri sebenarnya adalah konversi yang digunakan untuk menentukan panjang, serta digunakan untuk mengidentifikasi ukuran suatu benda hingga ukuran jarak dengan mengacu pada satuan internasional atau SI.

Baca juga:  Menjalin Pergaulan Antar Suku Bangsa Harus Dilakukan Demi Menjaga

Jadi secara internasional, satuan panjang yang disepakati dan diakui adalah meter dengan lambang m, kemudian satuan panjang ini akan dibagi menjadi dua yaitu satuan panjang tidak baku dan satuan panjang baku.

Pengertian Satuan Panjang Baku dan Tidak Baku

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang 1 meter berapa mm, Anda perlu mengetahui jenis-jenis satuan panjang, diantaranya adalah satuan panjang baku dan tidak baku agar lebih mudah masuk pada materi utama yaitu meter ke mm.

Satuan panjang baku merupakan satuan yang sudah disepakati secara internasional seperti meter dengan lambang m dan sentimeter dengan lambang cm di mana untuk mengukurnya ada tiga alat yang bisa digunakan.

Pertama Anda bisa mengukur dengan mistar, bisa juga menggunakan rol meter dan yang terakhir menggunakan meteran pita. Untuk mendapatkan jawaban dari 1 meter berapa mm maka Anda perlu mengenal 7 satuan panjang sesuai dengan anak tangga, yaitu:

  1. Kilometer (km)
  2. Hektometer (hm)
  3. Dekameter (dam)
  4. Meter (m)
  5. Desimeter (dm)
  6. Sentimeter (cm)
  7. Millimeter (mm)

Setiap satuan akan memiliki ukuran berbeda dimana satuan yang berada di suatu tingkatan tangga lebih panjang dibandingkan dengan nilai satuan yang berada di bawahnya jadi semakin tinggi semakin besar.

Sedangkan untuk satuan panjang tidak baku adalah satuan yang tidak memiliki ukuran pasti sehingga tidak bisa dijadikan patokan namun terkadang tetap bisa dijadikan sebagai alat ukur sementara jika sedang tidak memegang alat ukur standar internasional.

Jadi satuan tidak baku ini tidak bisa mengukur secara pasti tentang pertanyaan 1 meter berapa mm. Namun dalam pendalaman materi sekolah dasar, satuan tidak baku ini juga diajarkan.

Mungkin Anda juga tidak asing dengan istilah-istilah berikut yang pada dasarnya memang maksud kategori satuan panjang tidak baku namun tetap populer dan kerap dijadikan patokan sementara:

  1. Satu jengkal yaitu ukuran panjang yang menggunakan telapak tangan di mana telapak tangan akan direntangkan dari ujung ibu jari hingga ujung jari kelingking.
  2. Satu hasta di mana ukuran panjang ini menggunakan panjang tangan mulai dari siku hingga ujung jari.
  3. Satuan Depa yaitu ukuran panjang yang dihitung dari ujung jari tangan kanan ke ujung jari tangan kiri ketika direntangkan.
  4. Satu langkah dihitung melalui panjang langkah ketika sedang berjalan.
  5. Satu kaki adalah panjang telapak kaki yang dihitung dari pangkal tumit hingga ujung jari.
Baca juga:  Ciri-Ciri Negara Yang Menganut Ideologi Liberalisme Adalah

1 meter berapa mm Jika dihitung dari satuan tidak baku, maka tentu saja jawabannya tidak akan baku, contohnya Ketika Anda menghitung menggunakan ukuran jengkal tentu setiap jengkal seseorang memiliki ukuran berbeda sehingga tidak bisa dijadikan patokan.

Sejarah Satuan Panjang yang Menarik Diulas

Membahas mengenai sejarah satuan panjang yang dikenal dengan meter, pada awalnya materi ini dibuat pada abad 18 di mana ada dua pendekatan untuk mendefinisikan standar satuan tersebut.

Pada awalnya cara menghitungnya menggunakan panjang dari pendulum dalam setengah periode atau yang disebut pendular. Ada juga yang menyarankan menggunakan satu bagi 10 juta dari panjang Meridian bumi sepanjang kuadran atau meridional.

Menarik memang jika membahas mengenai 1 meter berapa mm jika dihitung menggunakan perhitungan yang belum baku di era terdahulu. Memasuki tahun 1791, French Academy of Science lebih memilih definisi Meridian daripada penduduk.

Alasan tersebut karena gaya gravitasi sedikit bervariasi sepanjang bumi dan tentu saja berpengaruh pada periode pendulum jadi saat itu meter diharapkan sama dengan 1/10 juta dari panjang Meridian melewati Paris dari kutub hingga ekuator.

Terdengar rumit, karena pada waktu itu meter merupakan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam vakum pada interval waktu 1/299.792.458 detik, sebelum adanya perhitungan satuan panjang baku SI.

I meter Berapa mm Jika Dihitung Menggunakan Rumus SI?

  • 1 km = 10 hm
  • 1 km = 100 dam
  • 1 km = 1000 m
  • 1 km = 10000 dm
  • 1 km = 100000 cm
  • 1 km = 1000000 mm
  • 1 m = 0,001 km
  • 1 m = 0,01 hm
  • 1 m = 0,1 dam
  • 1 m = 10 dm
  • 1 m = 100 cm
  • 1 m = 1000 mm
  • 1 km = 1000 m
  • 1 hm = 100 m
  • 1 dam = 10 m
  • 1 m = 1 m
  • 1 dm = 0.1 m
  • 1 cm = 0.01 m
  • 1 mm = 0.001 m
  1. 1 hm = 10 dam = 100 m = 1.000 dm = 10.000 cm = 100.000 mm = 0,1 km
    2. 1 dam = 10 m = 100 dm = 1.000 cm = 10.000 mm = 0,1 hm = 0,01 km
    3. 1 dm = 10 cm = 100 mm = 0,1 m = 0,01 dam = 0,001 hm = 0,0001 km
    4. 1 cm = 10 mm = 0,1 dm = 0,01 m = 0,001 dam = 0,0001 hm = 0,00001 km
    5. 1 mm = 0,1 cm = 0,01 dm = 0,001 m = 0,0001 dam = 0,00001 hm = 0,000001 k
Baca juga:  1 Kubik Berapa Cm, Berikut Cara Tepat Menghitungnya

Dari penjabaran lengkap di atas, Anda bisa menarik kesimpulan atau mendapatkan Jawaban dari pertanyaan awal 1 meter berapa mm, yaitu 1 dam = 10 m = 10 dm = 1000 cm = 10.000 mm.