Kilometer ke meter

Satuan Kilometer ke Meter dan Cara Menghitungnya

Kilometer ke meter sering digunakan untuk memperhitungkan jarak dan termasuk dalam Satuan Internasional atau SI. Menjadi bagian satuan metrik yang merupakan cara sistematis bertujuan mengukur massa, volume dan panjang.

Banyak pertanyaan muncul sebenarnya 1 kilometer itu berapa meter dan bagaimana cara menghitungnya. Pengukuran seperti ini memang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

Terutama dalam menghitung jarak dari satu titik menuju titik lain, menghitung kedalaman laut serta mengukur ketinggian. Jika di luar negeri sering menggunakan satuan kaki maka di

Mengingat pentingnya pengukuran ini dan sudah sering digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Maka Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menghitungnya dan juga rumus yang digunakan.

Tidak perlu khawatir karena perhitungan kilometer ke meter hanya membutuhkan rumus sederhana. Dengan mengalikan angka saja sudah bisa didapatkan hasilnya dan untuk lebih jelasnya simak rangkumannya di bawah ini.

Pengertian Umum dan Sejarah Singkat Tentang Meter

Sebelum membahas lebih jauh tentang kilometer ke meter sebaiknya Anda pahami dulu dasarnya. Salah satunya tentang pengertian meter secara umum dan sejarah awal munculnya pengukuran ini.

Meter merupakan satuan dasar untuk mengukur panjang dalam sistem metrik dan menjadi Satuan Internasional. Kata meter sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu metero.

Kata metero berarti ukuran dan dapat didefinisikan sebagai jarak yang bisa ditempuh cahaya melalui ruang hampa udara. Jarak yang ditempuh harus dalam waktu 1/299792458 detik.

Dalam kehidupan sehari-hari meter disingkat dengan huruf m kecil dalam suatu pengukuran. Karena sudah sering digunakan jadi ketika ada kode m dalam skala ukur sudah dapat dipastikan kalau itu meter.

Sebagai satuan dasar panjang, satuan satu ini sangat mudah untuk dikonversi ke dalam bentuk lain. Ada kunci dasar ketika mengatur sistem metrik yaitu dengan cara coba perhatikan awalannya.

Coba perhatikan contoh dari satuan kilometer di mana ada kata “kilo” pada awal yang artinya seribu (1.000). Jadi secara sederhana dapat diartikan jika 1 kilometer adalah 1.000 m.

Tanpa menggunakan rumus yang rumit, Anda sudah bisa mengetahui kilometer ke meter adalah 1.000. Sedangkan untuk dikonversi menjadi satuan lagi harus menggunakan tangga konversi untuk memudahkan perhitungannya.

Satuan ini tidak hanya digunakan di Indonesia saja namun juga seluruh dunia selain satuan kaki atau feet. Bahkan saat ini banyak muncul aplikasi yang digunakan untuk mengukur panjang, lebar, tinggi dan jarak.

Kecuali untuk negara Amerika Serikat karena mereka memiliki dasar pengukuran sendiri seperti mil, yard, kaki, inchi. Jadi jangan heran jika meter tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari disana.

Rumus untuk Menghitung Kilometer ke Meter

Meskipun secara sederhana sangat mudah mengetahui berapa kilometer ke meter tanpa rumus. Namun Anda tetap harus mengetahui rumusnya agar bisa mengkonversi ke dalam berbagai jenis satuan lain.

Rumusnya

… km x 1000 = … m

Anda bisa menggunakan tangga satuan panjang yang digunakan untuk menghitung konversi satuannya. Urutan satuan dalam tangga tersebut dimulai dari km, hm, dam, m, dm, cm dan mm.

Dari jenjang sekolah dasar sebenarnya sudah diajari tentang tangga satuan seperti ini. Namun terkadang masih saja lupa dan perlu diingatkan agar kembali memahami bagaimana nilai setiap satuannya.

Perlu diketahui ketika turun satu tingkatan maka nilainya dikalikan 10 sedangkan kalau naik maka dibagi 10. Jadi kilometer ke meter itu turun 3 tangga yang artinya 10 x 10 x 10 ketemu 1.000.

Secara sederhana rumusnya:

a x 1 kilometer = a x 1000 m

Baca juga:  1 Juta Nolnya Berapa, Inilah Cara Menulis Bilangannya

a kilometer = a x 1000 m

Contoh beberapa perhitungan untuk dihafalkan agar Anda tidak tergantung dari tangga satuan. Jika sewaktu-waktu perlu memahami perhitungan ini maka tidak akan kesulitan sama sekali.

Contoh kilometer ke meter

1 kilometer = 1000 m

2 kilometer = 2000 m

3 kilometer = 3000 m

4 kilometer = 4000 m

5 kilometer = 5000 m, dan seterusnya

Sedangkan untuk dari meter ke kilometer yaitu:

1 m = 0.001 km rumusnya 1 m: 1000

2 m = 0.002 km rumusnya 2 m: 1000

3 m = 0.003 km rumusnya 3 m: 1000

4 m = 0.004 km rumusnya 4 m: 1000

5 m = 0.005 km rumusnya 5 m: 1000

Beberapa Contoh Perhitungan Km Menjadi Meter

Dari teori yang dijelaskan di atas terkadang masih banyak orang kesulitan untuk memahaminya. Agar lebih mudah paham tentang perhitungan kilometer ke meter maka simak beberapa contoh sederhana berikut ini.

  1. 20 km berapa m?

Diketahui a = 20 km

Maka 20 m x 1000 = 20.000 m

Jadi jawabannya yaitu 20.000 meter.

  1. 12 m berapa km?

Diketahui a = 12 m

Maka 12 m x 0,001 = 0,012 km

Karena dari m ke km naik tangga 3x maka harus dibagi 1.000 jadi jawabannya 0,012 km.

  1. 25 m berapa km?

Diketahui a = 25 m

Maka 25 m x 0,001 = 0,025 m

Jadi jawabannya yaitu 0,025 m.

  1. 100 mm berapa cm?

Diketahui a = 100 mm

Maka 100 mm : 10 = 10 cm

Jadi dari 100 mm maka akan ketemu 10 cm

Kilometer Dikonversikan ke Satuan Lain

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya ada banyak satuan-satuan pengukuran yang ditampilkan pada tangga satuan. Seperti km, hm, dam, cm, mm, dm dan lainnya dimana semuanya bisa saling dikonversikan.

Tidak hanya kilometer ke meter saja namun satuan ini bisa dikonversikan ke dalam bentuk satuan-satuan lain. Lihat dua contoh di bawah ini agar Anda benar-benar memahami soal perhitungan satuan-satuan yang biasa digunakan.

  1. Km ke cm

Perlu dipahami jika meter bisa dinyatakan dalam bentuk centimeter atau dikenal dengan sebutan cm. Dalam 1 m maka akan ketemu 100 cm karena turun 2 anak tangga ke bawah.

Maka dapat disimpulkan jika ingin mengetahui dari km ke cm dapat berapa. Tinggal kalikan saja dari 1 km = 1.000 (km ke m) x 100 (m ke cm) jadinya yaitu 100.000 cm.

  1. Km ke mm

Centimeter bisa dikonversikan ke dalam bentuk mm atau milimeter paling bawah dalam tangga satuan. Cara perhitungannya juga sangat sederhana karena dari cm ke mm hanya turun 1 atau dikali 10.

Tadi sudah diketahui 1 km yaitu 100.000 cm maka dikalikan 10 lagi ketemu 1.000.000 mm. Tidak sulit bukan karena dasar perhitungannya sudah sangat jelas dari tangga satuan tersebut.

  1. Km ke hm

Contoh paling sederhana yaitu dari km ke hm yaitu hanya perlu turun 1x jadi dikalikan 10. Dapat disimpulkan 1 km ke hm ketemu angka 10 hm saja.

Penjelasan tentang satuan memang cukup rumit dipahami karena masing-masing memiliki aturan dan posisi berbeda. Namun dengan contoh sederhana membuat perhitungan kilometer ke meter lebih mudah untuk dipahami.