1 gb berapa kb

Saran Penggunaan 1 Gb Berapa Kb Agar Tidak Cepat Habis

1 gb berapa kb menjadi perhitungan yang harus diketahui terutama bagi para pengguna internet. Dengan begini Anda bisa memprediksi kapan membeli kuota atau tidak. Terutama kalau sudah masuk akhir bulan.

Ketika kantong mulai tipis, tetapi kebutuhan browsing masih sangat tinggi. Anda harus melakukan perhitungan secara tepat, agar pembeliannya tidak terlalu berlebihan sehingga, kelebihannya masih terkendali, bukan membengkak besar.

Oleh karena itu, artikel ini dibutuhkan karena, akan membahas secara penuh bagaimana menghitungnya, sekaligus bagaimana manfaatnya. Perlu diketahui sebenarnya untuk mengetahuinya sangat mudah, hanya saja sedikit membingungkan.

Perhitungan 1 Gb Berapa Kb

Pada dasarnya perhitungan komputasi itu memiliki aturan tersendiri yaitu semua angkanya selalu dikalikan dua atau biner. Inilah alasannya mengapa 1 mb sama dengan 1024 kb, karena ada pangkat 2.

Perhitungannya jika naik ke tingkat selanjutnya dikalikan menjadi 10. Dengan begini hasilnya sesuai angka di atas, hanya saja dalam perhitungan desimal terjadi rumus pembulatan. Maka, angka 24 tidak diikutkan.

Dengan aturan tersebut maka, 1 gb berapa kb? Kalau menurut rumus diatas dapat disimpulkan 1024 x 1024 maka hasilnya 1.048.576 kb. Inilah angka yang seharusnya di tulis, hanya saja rumit.

Maka dari itu, beberapa orang atau lembaga lebih memilih untuk menuliskan 1000000 kb saja. Lagipula, dari segi kepahaman bagi yang baru mempelajarinya tidak rumit dan membingungkan.

Pemahaman secara lengkapnya kalau mereka sudah tahu dan memahami berapa angka sebenarnya. Dengan begini, Anda bisa melakukan penjelajahan tanpa harus takut kalau nantinya kehabisan data di tengah jalan.

Hal tersebut membuat 1 gb berapa kb menjadi angkanya yang cukup besar. Jadi, Saat browsing apa saja tidak perlu ditakutkan. Misalnya, membuka artikel tentang kesehatan atau gadget tidak perlu panik.

Bagi artikel semacam itu maksimal membutuhkan 20 kb saja, jadi masih ada sisa yang sangat banyak. Dapat digunakan untuk lainnya, hanya saja jangan sampai digunakan untuk streaming film.

Saran Agar Kuota Tidak Langsung Habis

1 gb berapa kb kalau dihitung memang cukup banyak, tetapi kalau Anda melakukan berbagai hal seperti di bawah ini, angka tersebut menjadi sangat sedikit. Maka dari itu, usahakan jangan melakukannya.

Paling terasa adalah melihat film dengan durasi panjang sekitar 2 jam dan kualitasnya di Full HD atau 1080p. Kemungkinan membutuhkan 1 Gb lebih, kalau harus melihat usahakan dengan kualitas 360p.

Memang, dari segi layar kurang nyaman, tetapi sudah cukup baik dibandingkan dengan 240 atau justru 144p. 360p sudah memberikan layar bagus, walau kurang tajam, namun sudah nyaman dan kuotanya sedikit.

Jika sudah terbiasa dengan ukuran 1080p maka, perhitungan 1 gb berapa kb pasti akan kurang. Kecuali, kalau melihat serial di mana durasinya paling lama adalah 1 jam. Ukurannya lebih rendah.

Apakah hanya untuk menonton film atau series saja? Bukan, usahakan untuk tidak melakukan berbagai kegiatan ini di dunia maya, agar paket data Anda tetap aman terjaga sampai awal bulan nanti.

1. Jangan Download Terlalu Banyak

1 gb berapa kb jumlahnya memang jutaan, hanya saja jangan sampai Anda download terlalu banyak baik foto, video, atau musik, mengapa? Mari kita hitung satu per satu ukuran dari ketiganya.

  • Foto dengan kualitas terbaik minimal 5 Mb
  • Video dengan kualitas bagus dan durasi pendek minimal 100 Mb
  • Musik kurang lebih 3 Mb tergantung durasinya.

Jika Anda melakukannya, maka satu hari saja sudah langsung habis. Walau hanya 5 Mb ukuran tersebut cukup tinggi, lebih baik cari dengan kapasitas kb saja, lebih menghemat dan mendapatkan banyak.

Baca juga:  Konversi 1 Cm Berapa Pixel dengan Tepat

Walau perhitungan 1 gb berapa kb cukup melimpah, tetapi saat mengunduh seperti ini sering kurang kontrol. Ada yang bagus, langsung download, perhitungan awal akan lupa dengan sendiri sehingga gagal.

Hal seperti ini pasti tidak menyenangkan bukan? Maka dari, jangan terlalu banyak Anda harus punya batasan sendiri apakah mau lanjut atau berhenti. Kecuali kalau memang mau membeli paket data kembali.

Larangan untuk download sembarangan ini juga bisa menguras kuota tanpa sadar karena, mengandung malware. Oleh karena itu, harus hati-hati usahakan sebelum mengunduh lihat dulu apakah kualitasnya bagus atau tidak.

2. Mengunduh Game

1 gb berapa kb kalau diperhitungkan memang cukup banyak, kalau digunakan untuk mengunduh game bagaimana? Harus diakui permainan di playstore memang melimpah, dengan berbagai kapasitas, tetapi jangan tertipu.

Ada beberapa developer saat download pertama sangat kecil sekitar 300 kb, atau 30 mb. Setelah itu, Anda harus kembali mengunduhnya dengan kapasitas luar biasa. Terkadang mencapai 23 gigabyte.

Jika, Anda tidak sadar dalam sekali download kuota sudah langsung habis, oleh karena itu harap cermat dalam memilihnya. Kapasitas sebuah permainan juga mempengaruhi kinerja ponsel, secara keseluruhan.

Efek dari menyimpan permainan memang seperti itu, bahkan untuk beberapa aplikasi tidak disarankan. Biasanya game terkenal membutuhkan tambahan lagi, bahkan saat update kebutuhan kuota juga meningkat.

Bagaimana jika sudah punya permainan tersebut? Tidak masalah hanya saja, lebih bijak dalam bermain, karena setiap kali membuka sudah habis 1-5 Mb. Ketika melakukan perang kuota akan menyusut drastis.

Peperangan selama 20 menit dengan kualitas gambar 720p akan mengurangi 100 Mb sampai 150 Mb hanya satu kali permainan. Dengan begini perhitungan untuk 1 gb berapa kb menjadi sangat sedikit.

Setidaknya hanya bisa bermain sebanyak 5 sampai 7 kali. Maka dari itu, kalau mau melakukan perang setidaknya di angka 360p saja, memang tampilannya kurang menyenangkan. Tetapi cukup baik dalam menghemat.

3. Non aktifkan Sinkronisasi Otomatis

1 gb berapa kb pada dasarnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda, kecuali dalam kapasitas rendah dan sedikit dalam memakai aplikasi. Teradang para pengguna ponsel sering mengaktifkan sinkronisasi otomatis.

Perlu diketahui, perintah seperti ini untuk memudahkan mereka mendapatkan sistem terbaru. Jadi, tidak perlu lagi bertanya, langsung upgrade begitu saja. Sebenarnya langkah ini bagus membuat ponsel selalu prima.

Sayangnya, dengan keterbatasan seperti ini terkadang beberapa apk tidak kontrol. Jadi, pembaharuan bisa mencapai 1 gigabyte lebih. Kondisi ini sangat tidak bagus, maka segera non aktifkan.

Usahakan semuanya, kalau upgrade sistem masih bisa pending dulu setidaknya 1 bulan sampai Anda membeli kuota baru. Banyak atau tidaknya sinkronisasi ini tergantung pada apk yang diunduh.

Maka dari itu disarankan mematikannya saja, lebih baik pakai cara manual. Kenyataannya, ada beberapa tidak pernah digunakan jadi, sayang kuota serta kapasitas penyimpanan di dalam smartphone.

Saran penggunaan seperti ini memang terlihat sederhana, hanya saja sangat bermanfaat karena, pengguna jadi lebih bijak dalam memakai. Harus diakui, perputaran paket data memang sulit diprediksi.

Hanya saja, Anda sendiri paham berapa kebutuhannya setiap bulan atau ketika sisa kuota tinggal sedikit. Inilah alasan penting mengapa Anda harus tahu perhitungan 1 gb berapa kb dalam satuan internet.