1 gram berapa mililiter

Perhitungan 1 Gram Berapa Mililiter Beserta Contohnya

Memahami penjelasan tentang 1 gram berapa mililiter terkadang masih saja membuat bingung. Banyak orang kesulitan memahami satuan terutama dari gram ke mililiter atau sebaliknya.

Perlu diketahui mililiter atau sering disebut dengan ml adalah sebuah satuan untuk mengukur volume. Jadi akan lebih mudah perhitungannya jika dikonversikan dari liter ke ml, kiloliter, mikroliter dan sebagainya.

Sedangkan untuk gram akan lebih mudah jika dari kilogram ke gram, ton, miligram dan sejenisnya. Sedangkan dari gram ke mililiter bukan konversi sejenis dan tidak bisa ditukarkan secara langsung.

Jadi jika dikonversikan untuk mengetahui 1 gram berapa mililiter memang lebih sedikit rumit cara hitungnya. Maka untuk menemukan jawabannya, simak penjelasan berikut dengan 2 contoh agar lebih mudah dipahami.

Memahami Apa Itu Gram dan Mililiter ?

Mungkin banyak pertanyaan tentang 1 gram berapa mililiter atau sebaliknya 1 mililiter berapa gram? Seperti dijelaskan kedua satuan ini tidak bisa dikonversikan secara langsung sehingga harus melalui perhitungan khusus.

Pertama pahami dulu apa itu gram yang merupakan satuan untuk menunjukkan berat terutama pada benda. Jadi hanya untuk benda-benda seperti contoh berat tepung, berat bahan kimia, berat kain dan sejenisnya.

Sedangkan mililiter merupakan satuan untuk mengukur volume jadi sudah dapat dibayangkan perbedaan keduanya. Jika membahas tentang volume maka hubungannya dengan zat cair seperti minyak, air dan lainnya.

Untuk bisa melakukan perhitungan 1 gram berapa mililiter maka dibutuhkan data massa benda yang akan dikonversi. Perhitungan ini sedikit rumit karena dari satuan benda padat jika dihitung menjadi satuan cair berapa ketemunya.

Informasi paling mudah untuk dihafalkan yaitu massa jenis air yaitu 1.000 kg/m3 atau menjadi 1 kg / liter. Ada cara yang bisa digunakan untuk merubah berat benda dari padat ke cair dengan rumus khusus.

Perhatikan informasi satuan berikut:

  • 1 m3 = 1.000 d m3
  • 1 liter = 1dm3

Dapat diartikan kalau 1 m3 sama dengan 1.000 liter dan 1 liter sama dengan 1.000 ml. Jadi disimpulkan 1 m3 = 1.000×1.000 ml menjadi 1.000.000 ml.

Jika diperhatikan dari konversi tersebut menunjukkan 1 m3 sama dengan 1.000.000 ml. Nilai inilah yang nantinya dipakai mengkonversi benda dari 1 m3 menjadi mililiter.

Untuk satuan kg ke gr yaitu 1 kg = 1000 gr yang dipakai untuk mengkonversi dari benda padat ke zat cair. Informasi tersebut sebaiknya Anda hafalkan agar bisa lebih mudah memahami perhitungan 1 gram berapa mililiter.

Rumus Perhitungan Gram ke Mililiter

Setelah memahami tentang dasar-dasar gr maupun mililiter tentu perhitungannya harus memakai rumus. Namun setidaknya Anda memiliki bekal pengetahuan ilmu dasar tentang kedua satuan ini.

Untuk bisa mengkonversi dari gr ke mililiter maka harus mengetahui nilai massa jenis benda tersebut. Maka untuk mengetahui kepadatan benda ada rumus tersendiri yaitu

ρ = m / v

ρ merupakan kepadatan dengan menggunakan satuan kg / m3

m yaitu massa dalam satuan kilogram

v yaitu volume dengan memakai satuan m3

Jika diperhatikan dari rumus tersebut dimana hasil akhirnya kg / m3 maka harus ada perubahan dari gr / ml. Dengan perubahan tersebut maka akan ditemukan jawaban 1 gram berapa mililiter.

Sedangkan rumus yang bisa digunakan untuk mengetahui 1 gram berapa mililiter yaitu

v = m / p

v = volume

m = massa

p = massa jenis

Beberapa informasi tentang satuan dari rumus v = m / p yaitu

  • Volume memakai satuan liter, mililiter, cc dan lainnya.
  • Massa memakai satuan gr, ton, kg, kw dan lainnya.
  • Massa memakai satuan kg/m3, gr/liter dan lainnya.

Dari informasi rumus tersebut sebenarnya sudah bisa diketahui bagaimana cara menghitung 1 gram berapa mililiter. Cukup masukkan informasi angkanya dan Anda akan mendapatkan jawaban dengan cepat.

Baca juga:  1 Kilometer Sama dengan Berapa Meter? Ini Jawabannya

Jika dirasa masih kesulitan untuk memahami penjelasan perhitungan hanya dari rumusnya saja. Maka Anda bisa memperhatikan dua contoh sederhana yang akan dijelaskan berikut ini.

Contoh 1 Menghitung Gram ke Mililiter

Tidak mudah memang memahami sebuah perhitungan hanya dari teorinya saja. Maka dibutuhkan contoh-contoh nyata agar lebih mudah dipahami dan bisa mencoba perhitungannya sendiri.

Contoh soal pertama, coba hitunglah dari 2 gr air lantas berapa ml jumlah air tersebut.

Mari kita bahas satu per satu secara detail dan cobalah fokus agar bisa segera memahaminya. Pertama dari daftar air diketahui jika kepadatan air yaitu 2000 kg / m3 dengan rumus v = m / p.

Menemukan jawaban 1 gram berapa mililiter dari contoh soal tersebut maka harus mengubah dulu satuan kerapatan air. Dari satuan kg / m3 menjadi gr / ml terlebih dahulu.

Kedap air = 2000 kg / m3 = (2000 x 1000 gr)/(2000000 ml) = 1 gr / ml.

Pertama konversi dulu unit ini dengan memasukkan informasi nilainya

Massa = 1 gr

Nilai kerapatan air = 1 gr/ml

Jadi

v = m / p

v = 1 gr / (1 gr / ml ) = 1 ml

Dapat disimpulkan hasil yang didapatkan yaitu 1 gr air sama dengan 1 ml.

Apakah Anda sudah memahami penjelasan dengan menggunakan contoh sederhana di atas? Jika masih belum paham juga maka bisa mencoba menghitung dari contoh ke 2 agar bisa lebih memahami.

Contoh-Contoh Perhitungan 1 Gram Berapa Mililiter Lainnya

Sebenarnya ada banyak contoh untuk mengetahui 1 gram berapa mililiter sebagai media belajar. Namun contoh yang dibahas kali ini paling sederhana sehingga lebih mudah untuk dipahami.

  1. Anda harus menghitung dari 1 gr tepung berapa ml?

Misalnya diketahui massa jenis tepung gandum yaitu 0,55 kg/liter atau gr/ml.

Maka diketahui 1 gr tepung dikonversikan ke ke mililiter dengan perhitungan seperti berikut ini:

Rumus v = m / p =

V = 1 / 0,55 = 1.818 ml

Dapat disimpulkan 1 gr tepung adalah 1,818 mililiter.

  1. Kalau 1 gr beras jika dikonversi menjadi ml jadinya berapa?

Massa jenis beras berdasarkan data dari FAO yaitu 0,72 gr/ml jadi perhitungannya yaitu

v = m / p

v = 1 / 0,72 = 1,389 ml

Dapat disimpulkan 1 gr beras yaitu 1,389 ml

  1. Kalau 1 gr minyak berapa ml?

Menurut data FAO massa jenis mintak yaitu 0,88 gr/ml

Dengan data tersebut maka bisa didapatkan perhitungan:

v = m / p

v = 1 / 0,88 = 1,136 ml

Dapat disimpulkan 1 gr beras yaitu 1,136 ml

Informasi dasar yang harus Anda ketahui adalah nilai massa jenis benda tersebut menurut data FAO. Jika informasi tersebut sudah ditemukan maka melakukan konversi tidaklah sulit dan tinggal masukkan ke rumus saja.

Dari beberapa contoh tersebut lebih mudah dipelajari tentang proses konversi dari gr ke ml. Tidak sulit menemukan 1 gram berapa mililiter tergantung dari massa jenis benda yang akan di konversi.