1 GB berapa MB

Perhitungan 1 GB Berapa MB Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

1 GB berapa MB menjadi salah satu informasi yang harus diketahui, agar Anda paham bagaimana perjalanan kuota data dari banyak menjadi sedikit. Kemudian, harus kembali membeli agar dapat browsing.

Mempelajari satuan internet seperti ini penting, karena Anda dapat memperkirakan sendiri berapa habisnya dalam satu bulan. Kemudian, saat browsing juga paham sekali masuk ke sebuah situs membutuhkan kuota berapa.

Kondisi ini bisa dijadikan salah satu cara menghemat pemakaian ponsel. Harus diakui, smartphone canggih akan terasa tidak berguna kalau tidak punya paket data. Karena, ponsel tersebut kembali seperti awal.

Hanya bisa digunakan untuk telepon dan sms saja. Chat, browsing atau bermain game selalu ditolak aksesnya, Maka dari itu, harap perhatikan detailnya lebih lanjut agar setelah membaca ini jadi paham.

Perhitungan 1 GB Berapa MB

Dalam skala dunia maya memang tidak mengenal meter melainkan byte. Bisa dikatakan ukuran artikel atau foto di komputer. Ukurannya bisa terus naik hingga ke kilo, mega, giga sampai dengan yotta.

Rumus satuan untuk ukuran ini hampir sama dengan meter, dari bawah sampai ke atas pasti lebih tinggi. Penambahannya di angka belakang, mulai 10, 100, 1000 dan lain sebagainya.

Jika, rumusnya adalah dari bawah naik ke atas semakin tinggi. Maka, dapat disimpulkan untuk 1 GB berapa MB jawabannya adalah 1000. Tetapi, dalam rumus komputer berlaku penambahan menjadi 1024 MB.

Maka dari itu kalau ada yang mengatakan 2 gigabyte maka ukurannya 2048 megabyte begitu seterusnya. Inilah yang terkadang semua orang sering salah, mengapa? Coba 10 GB jawabannya berapa?

Jika 10000 MB maka salah besar, yang benar adalah 10240 MB. Begitu seterusnya, karena penulisan tersebut cukup sulit maka, semua orang mengenalnya dengan 10 GB saja. Penulisannya lebih singkat.

Selain itu praktis dan tidak memakan banyak tempat atau waktu. Pola seperti ini berlaku untuk semua satuan, baik itu MB, atau YB dan lain sebagainya, bukan hanya di Indonesia saja melainkan dunia.

Mungkin, Anda akan bertanya, kalau membeli 1 GB bisa dapat apa saja? Jangan ini sebenarnya sedikit sulit, karena angka tersebut cukup tanggung, tetapi masih bisa digunakan dalam beberapa hari

Bisa dapat Apa Saja ?

1 GB berapa MB menjadi perhitungan yang berarti, terutama saat ingin membeli paket data sebuah provider. Perlu diketahui, berbagai aplikasi atau layanan streaming biasanya perhitungannya memakai megabyte.

Kecuali kalau Anda melihat sebuah film Holywood, dengan HD kualitas tinggi dan durasi hampir 2 jam bisa lebih dari 1 Gigabyte. Tetapi, untuk aktivitas lainnya tidak akan sampai, apa saja?

1. Membuka Berbagai Website

1 GB berapa MB bisa digunakan untuk membuka berbagai website. Dengan catatan, tidak memutar video sama sekali, hanya artikel saja. Bisanya materi tersebut membutuhkan kapasitas kb saja.

Maka dari itu, jika Anda punya kuota sekitar 1024 Megabyte, maka browsing bisa dijadikan sebuah alternatif. Para pengguna bisa santai sambil tiduran, jangan panik karena, maksimal pemakaian sekitar 25 MB.

Bahkan, untuk membaca komik mungkin hanya hilang sekitar 30 saja, masih tersisa banyak. Oleh karena itu, saran terbaik saat data masih 1 gigabyte adalah browsing non video saja, membaca artikel.

2. Mengirim Pesan Chat

Perhitungan 1 GB berapa MB juga bisa dihabiskan chat. Hanya saja, jangan memakai emoji atau melihat status orang lain. Hanya menulis kata, kalau itu dilakukan setidaknya bisa mencapai ratusan ribu kali.

Perlu diketahui bahwa, pemakaian emoticon atau gift memotong beberapa kb. Kalau hanya teks saja, maksimal 10 kilobyte. Tetapi, kalau sudah ditambah dengan lainnya bisa mencapai 50 kb, memang terdengar sedikit.

Baca juga:  Cara Menghitung 1 m3 Berapa Kg Beserta Contoh Soal

Hanya saja selisihnya sangat terlihat, apalagi kalau kamu tambah voice note. Kebutuhan kuota semakin meningkat, bagaimana digunakan untuk telepon? Masih bisa beberapa menit sebelum kuota Anda habis.

1 GB berapa MB untuk pesan chat ini biasanya dihitung secara flat. Jadi, panjang atau pendek tetap di angka tersebut kecuali setiap kata di kirim, hasilnya berbeda lebih sedikit.

Apakah bisa untuk mengirim gambar? Hasilnya bisa, setidaknya kalau pengiriman melalui aplikasi chat pasti akan terpotong, misalnya dari 200 MB hasilnya menjadi 30 kb. Jadi, mencapai ratusan pula.

1 GB berapa MB untuk mengirim video apakah bisa? Jawabannya juga bisa, hanya saja tidak terlalu banyak, sesuai dengan durasinya. Biasanya untuk sekali pengiriman kapasitasnya sudah megabyte.

Anggap saja untuk satu kali pengiriman 10 Mb, dengan kuota tersebut Anda bisa mengirim setidaknya 99 kali. Harus diakui 1 GB bisa digunakan apa saja di aplikasi chat.

3. Untuk Bermain Game

Perhitungan 1 GB berapa MB juga bisa digunakan untuk bermain game, hanya saja jangan terlalu berat. Pengaruhnya sangat terasa, terutama kuota yang hampir habis membuat fps menurun.

Kalau sudah begini fps akan menurun, permainan menjadi kurang menarik karena, tersendat beberapa kali. Setidaknya untuk permainan ringan seperti permainan catur, atau mungkin olahraga lainnya seperti tennis.

Bisanya saat membuka, game berat dan sudah terkenal membutuhkan waktu untuk masuk ke dalam aplikasinya. Pemutaran tersebut juga ikut memotong kuota Anda, maka harus bijak dan cermat.

Walau 1 GB berapa MB itu sangat banyak, tetapi untuk beberapa permainan akan terasa sangat tanggung dan kurang menyenangkan. Sudah menang, tetapi paket data hanya tinggal sedikit lagi, hingga kalah.

Kecuali, untuk cek saja atau hanya untuk membeli sesuatu, bukan untuk bermain. Mungkin, masih bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Setidaknya, saat masuk ke game tersebut minimal masih 10 GB.

4. Download

1 GB berapa MB bisa dihabiskan untuk download apa saja. Hanya saja, lihat dulu berapa ukurannya. Misalnya, kalau film berkapasitas tinggi jangan dipaksakan karena, saat masuk ke dalam sudah terpotong.

Jika sisanya adalah 1024 GB maka lebih disarankan untuk mengunduh film atau musik dengan maksimal kapasitas 100 mb. Dengan begini Anda masih bisa untuk download lainnya sampai 8 kali.

Manfaat Mengetahui Perhitungan Satuan Berikut

Bagi sebagian orang mungkin, menganggap mengetahui satuan ini tidak terlalu penting. Hanya saja, hal semacam ini harus diketahui sebagai salah satu acuan terbaik dalam menentukan membeli paket data berapa.

Satu ilustrasi seperti ini, saat Anda sudah membeli paket kemudian, ditengah hari habis. Kalau mau beli masih di pertengahan bulan, lalau harus bagaimana? Inilah alasannya mengapa harus tahu perhitungan satuan.

Jadi, Anda tidak perlu membeli secara penuh, bisa di bawah 5 GB saja, mengapa tidak penuh? Karena, bisa menghitungnya sendiri tanpa harus takut kuota tersebut tidak bisa sampai akhir bulan.

Harus diakui sebenarnya 1 Gigabyte cukup banyak, hanya saja menjadi sedikit karena, kesalahan dalam penggunaan. Terutama video, apalagi kalau kualitasnya tinggi di angka 1080 p, pasti langsung habis.

Dengan mengetahui perhitungan seperti ini membuat Anda dapat merencanakan apa saja yang harus dibuka. Karena, 1 GB berapa MB sebenarnya sangat besar kalau digunakan untuk web browsing atau chat saja.