Penyelesaian 1 M Berapa Cm? Kerjakan Pakai Tangga Konversi

Menyelesaikan persoalan 1 m berapa cm adalah permasalahan yang mudah dipecahkan. Jika ingin mengubah dari meter (m) menuju centimeter (cm) bisa dengan memakai tangga konversi sebagai langkah dalam mempermudah.

Singkatnya, hasil akhir yang akan didapatkan jika ingin melakukan konversi menjadi 100 cm. Caranya hanya mengkalikan 1 dengan bilangan senilai 100 sehingga menghasilkan nilai 100 centimeter.

Anda dapat mudah memahaminya jika sudah tahu aturan dan tata cara kerja dari tangga satuan untuk mengkonversi. Simak penjelasan berikut untuk memahami secara lebih dalam dan gampang menyerap informasinya.

Ubah Satuan 1 m Berapa cm Pakai Tangga Konversi

Tangga satuan panjang atau yang kerap dijuluki tangga konversi ini biasa ditemukan dalam pembelajaran matematika. Mungkin bagi sebagian orang merasa mata pelajaran ini terbilang menyulitkan, apalagi untuk mengubah satuan.

Satuan 1 m berapa cm dapat Anda ubah dengan mudah memakai tangga konversi tersebut. Bagi yang sudah tahu caranya akan terasa mudah, namun jika masih merasa bingung dengan aturannya.

Maka akan kami berikan penjelasan lebih lanjutnya, sehingga jadi lebih mengerti dan mudah sewaktu mengerjakan. Untuk urutan tangga konversi dimulai dari kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter (m).

Setelah m, dilanjutkan dengan desimeter (dm), centimeter (cm), milimeter (mm). Jadi keseluruhannya saling terhubung antara km-hm-dam-m-dm-cm-mm dan ini dipergunakan dalam aturan internasional ataupun lokal di Indonesia dalam membantu perhitungan konversinya.

Simak Cara Menghitung Konversi 1 m Berapa cm

Menggunakan suatu metode dalam menyelesaikan persoalan konversi begitu mudah jika Anda tahu dan mengerti. Jadi tidak perlu berpikiran bahwa matematika adalah pelajaran yang menyulitkan, karena bisa menjadi menyenangkan menggunakan metode.

Metode tertentu inilah yang dijadikan sebagai cara dalam menjawab permasalahannya. Jadi jika Anda menemukan soal lainnya selain pertanyaan konversi seperti 1 m berapa cm, maka perlu mencari metode termudah.

Baca juga:  Gaya Atau Sifat Penulisan Teks Eksposisi Adalah Bersifat

Namun, sebelumnya apakah Anda mengetahui apa itu meter (m). Jadi meter ini adalah salah satu unit dari tangga konversi serta mempunyai tingkat senilai 100 centimeter, jika diubah menjadi cm.

Satuan panjang inilah yang menjadi dasar dari sistem Standar Internasional (SI). Rumus menghitungnya adalah dengan 1m x 100 cm = 100 cm, hanya diberi tambahan dua bilangan 0 untuk dikalikan.

Pahami Cara Kerja Satuan Panjang Konversi 1 m Berapa cm

Ketika menentukan nilai dari bilangan, metode yang bisa dipakai sebagai cara mengkonversi ialah memakai satuan panjang. Hal ini sebagai langkah dalam menetapkan hasil konversi jika menghitung 1 m berapa cm.

Sebagai metode yang digunakan, tentunya ada aturan dalam pemakaiannya. Berikut ketentuan di bawah supaya Anda bisa lebih mengerti dan bisa mengkonversinya dengan mudah dan cepat.

  1. Jika ingin naik setiap satu tangga maka nilai inilah yang harus Anda perhatikan :

Saat naik 1 tangga harus dibagi bilangan 10

Saat naik 2 tangga harus dibagi bilangan 100

Saat naik 3 tangga harus dibagi bilangan 1000

Saat naik 4 tangga harus dibagi bilangan 10.000

Saat naik 5 tangga harus dibagi bilangan 100.000

Saat naik 6 tangga harus dibagi bilangan 1.000.000

  1. Sebaliknya, jika ingin menuruni setiap tangga maka akan didapatkan nilai seperti :

Saat turun 1 tangga perlu dikalikan 10

Saat turun 2 tangga perlu dikalikan 100

Saat turun 3 tangga perlu dikalikan 1000

Saat turun 4 tangga perlu dikalikan 10.000

Begitu juga seterusnya

Sehingga aturan termudah yang perlu untuk diingat adalah penambahan dan pengurangan pada bilangan 0. Anda cukup mengingat urutan tangga konversi dan menerapkan cara kerja menjawab 1 m berapa cm.

Pahami Contoh Soal untuk Mempermudah Anda Mengerjakan

Supaya mempermudah Anda, kami memberikan beberapa contoh soal yang membuat diri Anda jadi lebih paham. Mari kupas tuntas soal di bawah, sehingga bisa menyelesaikan konversi seperti 1 m berapa cm.

  1. Dani memiliki sebuah penggaris sepanjang 20,5 centimeter dan ingin mengetahui ketika ukurannya menjadi satuan meter. Maka seberapa besar bilangan yang dihasilkan jika memakai ukuran satuan meter (m)?
Baca juga:  Kata-Kata Untuk Orang Yang Suka Ngurusin Hidup Orang Lain

Jawaban :

Jika Anda ingin menyelesaikan soal di atas, maka perlu mengubah centimeter menjadi satuan meter. Sesuai dengan perintah dari soal yang telah diberikan, Anda bisa memakai metode perbandingan untuk memudahkan.

1 cm/ 100 m = 20,5 centimeter/x m

Langkah kedua adalah dengan mengkalikan secara silang supaya hasil dari x ini bisa ditemukan.

X m = 20,5 centimeter/1 cm . 100 m

X = 0,205 m

Jadi hasil akhir dari penyelesaian soal nomor 1 jika dikonversi menjadi satuan meter adalah 0,205 m.

  1. Sinta ingin mengunjungi gurunya untuk mengikuti bimbel sebelum ujian berlangsung. Untuk sampai ke lokasi gurunya, ia perlu menempuh jarak sejauh 6 km, namun ia ingin mampir sebentar saat pulang.

Sehingga ketika pulang, Sinta mampir ke toko roti langganannya sejauh 500 meter dari rumah gurunya. Hitunglah seberapa jauh jarak yang ditempuh oleh Sinta sampai ia berhasil membeli roti favoritnya.

Jawaban :

Langkah awal yang harus diselesaikan adalah menyamakan kedua bilangan sehingga satuannya menjadi sama. Karena di soal tertera dua jarak yang berbeda satuannya, jadi perlu disamakan untuk mengetahui total jarak tempuhnya.

Diketahui :

Jarak pertama = 6 km = 6 km x 1000 m = 6000 m

Jarak kedua = 500 meter

Langkah kedua ialah Anda perlu menghitung jarak totalnya dengan menjumlahkan kedua satuan yang telah dikonversi dan sama.

Jarak total = jarak pertama + jarak kedua

= 6000 m + 500 m = 6500 m

Atau jika diubah menjadi satuan jarak pada umumnya yakni km, maka akan menjadi 6,5 km.

Jadi diperoleh jarak keseluruhan dari Sinta pergi ke rumah gurunya sampai membeli roti sejauh 6500 m atau setara dengan 6,5 km.

  1. Jika bilangan 1 m berapa cm diubah menjadi 100 cm, jadi berapakah saat satuan milimeter (mm) dikonversi menjadi centimeter dan kemudian diubah lagi berubah ke dekameter (dam)?
Baca juga:  Nama hewan yg berawalan aksara F dlm bahasa indonesia?

Jawaban :

Anda tidak perlu pusing ketika menemukan soal seperti di atas dan harus menyelesaikan dua kali pengerjaan dalam mengkonversinya. Anda cukup ubah dari satuan pertama sesuai perintah lalu menuju arahan kedua.

Cara pertama ialah dengan mengubah satuan milimeter (mm) menjadi centimeter (cm). Untuk bagian bilangan 100 cm tidak perlu dipedulikan karena itu hanya sebagai pengecoh saja.

1 mm = …. centimeter?

1 mm/10 centimeter = 0,1 centimeter

Cara berikutnya cukup mengkonversikan kembali hasil 0,1 cm menuju ke satuan dekameter (dam).

0,1 cm = ….dam?

0,1 cm/1000 dam = 0,0001 dam

Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil konversi untuk soal nomor 3 ialah 0,0001 dam.

Sampai sini sudah paham bukan mengenai tata cara kerja dari tangga satuan dan bagaimana proses menghitungnya. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dengan bagaimana menyelesaikan persoalan mudah seperti itu.

Anda dapat mengulas kembali materi dari kami untuk semakin membuat diri menjadi lebih mengerti dan tidak lupa. Dengan begitu penyelesaian 1 m berapa cm tidak perlu repot-repot bingung dalam menjawabnya.