Pembahasan 1 Hektar Berapa Meter Beserta Beberapa Contohnya

Masih banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya 1 hektar berapa meter? Untuk menunjukkan luas suatu bidang tanah atau wilayah tertentu, biasanya memakai satuan hektar dan meter. Baik untuk proses pengukuran maupun bertujuan menyatakan luas.

Sebagai contoh, ingin mengukur luas sebidang tanah biasanya akan dipakai satuan hektar. Sedangkan untuk mengukur area yang lebih sempit atau kecil, biasanya memakai satuan meter persegi.

Walaupun tidak asing dengan kedua satuan ini, masih banyak yang belum mengetahui konversi dari hektar ke meter atau sebaliknya. Menjawab pertanyaan tersebut, bisa Anda simak pada uraian di bawah ini beserta beberapa contohnya.

Membahas Pengertian Hektar dan Meter yang Penting Diketahui

Sebelum beralih ke pembahasan 1 hektar berapa meter, apakah Anda sudah mengetahui pengertian kedua satuan ini? Hektar atau ha merupakan singkatan dari hekto are, artinya satuan ukuran luas yang digunakan untuk menunjukkan luas suatu area.

Salah satu contohnya yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah pengukuran tanah. Selain hekto are, hektar juga memiliki singkatan lain yaitu hax. Asalnya dari bahasa Belanda hectare, tapi aslinya dari bahasa Prancis.

Kata hekto memiliki makna bentuk terikat kelipatan seratus atau bahasa mudahnya 100 kali. Sedangkan meter atau m, merupakan satuan dasar ukuran panjang yang ada pada Satuan Internasional (SI).

Di dalam bahasa Inggris, penulisan meter berupa metre. Bila m dikalikan dengan m akan menghasilkan m². Mengenai hal ini bisa kamu lihat ketika menghitung luas suatu area dengan panjang dan lebar berupa m, menghasilkan satuan m².

Memang untuk satuan luas, yang biasanya dipakai adalah m². Jadi, ketika membahas 1 hektar berapa meter, nantinya akan berbentuk kuadrat alias persegi, Bila m² dikalikan dengan m lagi akan menghasilkan meter kubik atau m³.

Baca juga:  1 Kubik Berapa Liter? Berikut Cara Konversi Satuannya

Meter kubik akan digunakan untuk mengukur volume. Ingin menggunakan satuan ha atau m², sebenarnya menyesuaikan dengan kebutuhan setiap individu. Tapi biasanya yang paling sering dipakai menyesuaikan kebiasaan masyarakat.

Inilah Pembahasan Terkait Pertanyaan 1 Hektar Berapa Meter

Dibandingkan dengan kilometer persegi, istilah hektar lebih banyak digunakan di Indonesia untuk menyatakan luasan agraria. Agraria adalah berbagai hal yang berhubungan dengan peruntukan, pembagian serta pemilikan lahan.

Kata agraria ini juga sering disamakan dengan istilah pertanahan. Tidak heran bila membahas tentang luas lahan atau tanah, masyarakat lebih banyak menggunakan istilah hektar dibandingkan meter persegi.

Lalu, 1 hektar berapa meter? 1 hektar sama dengan 1 hm persegi. Jadi, bila diubah ke dalam satuan m persegi sama dengan 10.000. Seperti kita tahu bahwa dalam tangga satuan luas setiap turun satu dikalikan dengan 100.

Sedangkan bila naik satu tangga, dibagi 100. Karena hm persegi menuju m persegi turun dua tangga, membuatnya dikalikan 100 sebanyak dua kali alias 10.000.

Bila Anda ingin mengubahnya ke satuan lain, seperti km, dam, dm, cm dan mm persegi, berarti tinggal menyesuaikan tangganya, apakah perlu dikalikan atau dibagi. Tidak selalu berawal dari hekto are, konversi ini juga bisa dari are.

Hektar Merupakan Salah satu Satuan Luas Berbasis Are

Tidak hanya 1 hektar berapa meter yang bisa Anda ukur. Hektar merupakan salah satu satuan luas berbasis are atau a. Jadi, Anda bisa mengonversi satuan are yang disimbolkan dengan huruf a menjadi m².

Penting dipahami bahwa 1 ha sama dengan 100 a. Dalam satuan are, setiap turun satu tangga dikalikan dengan 10. Sedangkan setiap mengalami kenaikan berjumlah satu tangga dibagi dengan 10.

Karena ha menuju a turun dua tangga, membuatnya dikalikan dengan angka 10 sebanyak dua kali, yakni 100. Berbeda bila sebaliknya, konversi dari a menuju ha berarti naik dua tangga. Kenaikan inilah yang membuatnya perlu dibagi dengan 100 untuk memperoleh satuan sesuai keinginan.

Baca juga:  Temukan Kata Kerja Imperatif Pada Teks Prosedur Diatas

Seringkali yang membuat hasil konversi keliru yaitu harusnya dikali malah dibagi atau sebaliknya. Dari pernyataan yang sudah disebutkan, bisa diketahui bahwa 1 are nilainya sama dengan 100 m persegi.

Beberapa Contoh Pertanyaan Konversi Hektar ke Meter

Setelah memahami jawaban 1 hektar berapa meter, alangkah lebih baiknya bila mengetahui beberapa contohnya supaya lebih paham cara mengonversinya. Beberapa contoh pertanyaannya antara lain:

  1. Contoh Pertanyaan

Pak Adi memiliki kebun yang bentuknya persegi panjang. Ukuran panjangnya 600 m, sedangkan lebarnya 200 m. Dari ukuran panjang dan lebar tersebut, berapa are luas kebun pak Adi?

Diketahui:

Panjang (p) kebun = 600 m

Lebar (l) kebun = 200 m

Catatan rumus 1 a = 100 m²

Ditanya:

Berapa are luas kebun Pak Adi?

Jawab:

Luas kebun = p x l = 600 m x 200 m = 120.000 m² = 120.000 a/100 = 1.200 a.

Jadi, besar luas kebun pak Adi dalam satuan are yaitu 1.200 a.

  1. Contoh Pertanyaan 2

Berikutnya contoh yang akan menerapkan 1 hektar berapa meter persegi. Sebuah lahan milik bu Susi memiliki luas 9,2 hektar. Berapa meter persegi luas lahan milik bu Susi tersebut?

Diketahui:

Luas lahan = 9,2 ha

Catatan rumus 1 ha = 10.000 m²

Ditanya:

Berapa meter persegi luas lahan milik bu Susi?

Jawab:

9,2 ha = 9,2 x 10.000 m² = 92.000 m².

Jadi, luas lahan milik bu Susi dalam satuan meter persegi yaitu 92.000 m².

  1. Contoh Pertanyaan 3

Selanjutnya adalah contoh pertanyaan terkait 1 hektar berapa meter versi menggunakan penghitungan rumus. Bila sawah pak Mamat memiliki ukuran panjang 450 m dan lebar 300 m, berapakah luasnya dalam satuan hektar?

Diketahui:

Panjang (p) sawah = 450 m

Lebar (l) sawah = 300 m

Catatan rumus 1 ha = 10.000 m²

Ditanya:

Berapa luas sawah pak Mamat dalam satuan hektar?

Baca juga:  1 Kubik Berapa Cm, Berikut Cara Tepat Menghitungnya

Jawab:

Luas sawah = p x l = 450 m x 300 m = 135.000 m² = 135.000 ha/10.000 = 13,5 ha.

Jadi, luas sawah pak Mamat dalam satuan hektar yaitu 13,5 ha.

  1. Contoh Pertanyaan 4

Contoh terakhir, bukan 1 hektar berapa meter persegi, melainkan are berapa m². Paman mempunyai lahan kosong di belakang rumahnya yang memiliki luas sekitar 6,5 are. Hitunglah berapa meter persegi luas lahan kosong di belakang rumah paman tersebut!

Diketahui:

Luas lahan = 6,5 a

Catatan rumus 1 a = 100 m²

Ditanya:

Berapa meter persegi luas lahan kosong di belakang rumah paman?

Jawab:

6,5 a = 6,5 x 100 m² = 6.500 m².

Jadi, luas lahan kosong di belakang rumah paman dalam satuan meter persegi yaitu 6.500 m².

Dari beberapa contoh soal sederhana tersebut bisa dikembangkan menjadi lebih kompleks. Bukan hanya ha di konversi ke dalam satuan m saja, bisa juga km, dam, dm, cm dan mm. Atau di konversi dalam satuan ka, daa, da, ca dan ma.

Supaya mempermudah proses konversi, pahami dengan baik tangga satuan m dan a. Walaupun terlihat mudah, tidak sedikit yang karena kurang teliti keliru saat penghitungan 1 hektar berapa meter.