Nilai Cm ke Meter Berapa, Begini Cara Konversinya

Jika diminta untuk mengubah dari cm ke meter berapa besarnya, tahukah Anda bagaimana cara konversinya? Agar dapat mengubahnya, Anda perlu mempelajari materi pengukuran besaran panjang dalam ilmu matematika dan fisika.

Jika dipelajari secara spesifik, dalam matematika dan fisika terdapat materi pengukuran terhadap besaran menggunakan satuan. Contoh besaran yang diukur yaitu waktu, luas, volume, atau panjang dengan penggunaan unit yang berbeda-beda.

Jika Anda pernah mengukur berapa tinggi badan Anda atau memperkirakan jarak dari rumah ke sekolah, itu adalah contoh pengukuran panjang. Untuk menyatakan nilai besarannya, digunakan satuan khusus, contohnya meter (m).

Namun selain itu, dikenal pula adanya unit lain seperti mm, dm, dam, km, dan lain sebagainya. Untuk mengubah dari cm ke meter berapa nilainya, Anda perlu memahami dulu hubungan satuannya.

Mengenal Satuan Meter dan Centimeter dalam Pengukuran Besaran Panjang

Untuk melakukan pengukuran, dibutuhkan besaran dan satuan. Sederhananya, besaran merupakan sesuatu yang dapat diukur, misalnya panjang, dan memiliki nilai tertentu dengan satuan sebagai pembandingnya, contoh satuan yang digunakan yaitu meter.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengukuran adalah kegiatannya, besaran merupakan sesuatu yang diukur, sedangkan unit menyatakan nilainya. Selain itu, terdapat pula 2 jenis besaran berbeda, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran turunan seperti luas atau volume diperoleh dari besaran pokok seperti panjang. Masing-masing memiliki satuannya sendiri yang digunakan untuk menyatakan berapa besar nilai dari besaran tersebut jika disebutkan dalam angka.

Untuk penggunaan secara internasional, digunakan Satuan Internasional atau SI. SI ini merupakan standar unit atau satuan yang ditetapkan oleh para ilmuwan untuk digunakan sebagai metode penyebutan umum di seluruh dunia.

Meter merupakan unit SI yang diakui secara internasional untuk pengukuran besaran pokok panjang. Namun, unit ini dapat dikonversi untuk tujuan penyederhanaan nilai maupun penyebutan, misalnya dengan diubah menjadi unit centimeter.

Baca juga:  Loncat Kangkang Di Atas Peti Lompat Termasuk Ke Dalam Olahraga

Anda dapat mengubah 1 cm ke meter berapa nilainya dengan cara mempelajari hubungan antara satuan. Dengan demikian, Anda dapat menghitung sendiri menggunakan faktor pengali untuk mengkonversi nilai kedua unit tersebut.

Dari 1 cm ke Meter Berapa Nilainya? Berikut Penjelasannya

Untuk mengubah nilai dari suatu hasil pengukuran dalam satu unit tertentu, Anda perlu melakukan konversi. Konversi adalah kegiatan mengubah nilai dari suatu unit ke unit lainnya, misalnya centimeter ke kilometer.

Namun, konversi hanya bisa dilakukan pada pengukuran dari besaran yang sama. Contohnya yaitu untuk sesama unit waktu (jam, menit, detik), sesama unit massa (kg, g, mg), dan masih banyak lagi.

Jadi, bagaimana cara untuk mengubah dari 1 cm ke meter berapa nilainya? Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengetahui faktor konversi atau faktor pengali sebagai angka yang menunjukkan kesetaraan nilai kedua unitnya.

Karena meter dan centimeter merupakan unit pengukuran untuk besaran yang sama yaitu panjang, nilainya masih dapat dikonversi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sistem metrik, yaitu sistem pengukuran desimal SI.

Cara Konversi Centimeter (cm) ke Meter (m) dan Sebaliknya

Untuk memahami lebih lanjut terkait konversi nilai 1 cm ke meter berapa dan bagaimana caranya, sebaiknya pahami dulu bagaimana hubungan kedua unitnya. Berikut hubungan centimeter dan meter dalam sistem pengukuran:

  1. Jenis besaran dan satuan yang diukur
  • Baik centimeter maupun meter sama-sama merupakan besaran pokok dari panjang
  • Satuan yang diukur pun sama, yaitu panjang dari suatu sisi berdimensi satu
  1. Simbol unit
  • Centimeter disimbolkan dengan cm
  • Meter disimbolkan dengan m
  1. Alat ukur dan cara mengukur
  • Keduanya sama-sama dapat diukur menggunakan meteran, penggaris atau mistar, pita ukur, jangka sorong, mikrometer sekrup, dan sejenisnya.
Baca juga:  Jika Cahaya Mengenai Permukaan Benda Akan Terbentuk

Sedangkan untuk mengkonversi nilai 1 cm ke meter berapa, Anda perlu mengetahui seperti apa perbandingan nilai satuannya. Berdasarkan standar yang ditetapkan oleh SI, rincian lengkap konversi satuannya adalah sebagai berikut:

  1. Dari satuan lain ke meter
  • 1 mm (milimeter) = 10-3= 0,001 m
  • 1 cm (centimeter) = 10-2= 0,01 m
  • 1 dm (desimeter) = 10-1= 0,1 m
  • 1 m (meter) = 1 m
  • 1 dam (dekameter) = 101= 10 m
  • 1 hm (hektometer) = 102= 100 m
  • 1 km (kilometer) = 103= 1.000 m
  1. Dari satuan lain ke centimeter
  • 1 mm (milimeter) = 101= 10 cm
  • 1 cm (centimeter) = 1 cm
  • 1 dm (desimeter) = 10-1= 0,1 cm
  • 1 m (meter) = 10-2= 0,01 cm
  • 1 dam (dekameter) = 10-3= 0,001 cm
  • 1 hm (hektometer) = 10-4= 0,0001 cm
  • 1 km (kilometer) = 10-5= 0,00001 cm

Untuk menjawab pertanyaan 1 cm ke meter berapa, rincian nilai di atas dapat menjadi referensi cara mengerjakannya. Dari rincian di atas, dapat diketahui bahwa 1 m setara dengan 100 centimeter.

Selain itu, cara lain untuk mengubahnya adalah dengan menggunakan tangga metrik. Metrik adalah sistem pengukuran desimal yang disetujui secara internasional, meliputi mm, cm, dm, m, dam, hm, km, dan seterusnya.

Jika ingin mengubah satuan naik satu tingkat ke atas, misal dari centimeter ke decimeter, maka nilainya dibagi 10. Sebaliknya, jika turun satu tingkat ke bawah, nilai satuannya harus dikali 10.

Karena jarak antara centimeter ke meter adalah 2 tingkat, maka cara konversinya adalah 10 x 10, yaitu dibagi 1.000. Sebaliknya, mengubah dari meter ke centimeter juga dikali 100.

Contoh Cara Mengkonversi 1 cm ke Meter Berapa Nilainya

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa faktor konversi atau faktor pengali untuk mengubah centimeter ke meter adalah 100. Dengan demikian, Anda dapat mengkonversi 1 cm ke meter berapa nilainya.

Baca juga:  Alasan Sejarah Sebagai Kisah Bersifat Subjektif Adalah

Setelah memahami konsep rumus mengkonversi, saatnya mempelajari berbagai contoh perhitungan agar Anda semakin lancar. Berikut beberapa contoh soal terkait perhitungan konversi panjang dan contoh jawabannya untuk dijadikan sebagai bahan latihan:

  1. Panjang tongkat pramuka Farid adalah 160 centimeter, sedangkan panjang tongkat pramuka Ana adalah 156 centimeter. Jika kedua tongkat tersebut disambungkan, berapa total panjangnya dalam satuan m?

Jawaban: (160 + 156) = 316 cm = 3,16 m

  1. Jika tinggi tubuh Dina adalah 1,53 m, berapakah tinggi tubuh Dina jika dikonversi menjadi centimeter?

Jawaban: 1,53 m x 100 = 153 cm

  1. Tinggi tiang bendera di sekolah Dian adalah 17 m. Ubahlah tinggi tiang bendera tersebut ke dalam satuan centimeter!

Jawaban: 17 m x 100 = 1.700 cm

  1. Panjang es batu di kantin adalah 35 centimeter, namun setelah mencair berkurang menjadi 20 centimeter. Berkurang berapa meterkah es batu tersebut?

Jawaban: (35 – 20) = 15 cm = 0,15 m

  1. Panjang penggaris Andi adalah 30 centimeter, namun patah 1,5 centimeter. Berapakah panjang penggarisnya dalam meter setelah patah?

Jawaban: (30 – 1,5) = 28,5 cm = 0,285 m

Agar semakin lancar, sebaiknya jangan lupa untuk rajin berlatih menghitung dengan berbagai contoh soal. Selain menghitung 1 cm ke meter berapa hasilnya, cobalah unit pengukuran lainnya, misalnya m ke km.