Menjawab Pertanyaan 10 Ons Berapa Kg Beserta Contohnya

Tidak sedikit yang bertanya-tanya, 10 ons berapa kg? Ketika mengukur berat suatu benda menggunakan timbangan, akan lebih mudah menjawab pertanyaan ini. Sebab, Anda hanya perlu membuktikannya melalui proses timbang benda secara langsung.

 

Kemudian timbangan akan menunjukkan hasil yang diinginkan, bisa berupa analog maupun digital. Bila tidak ada timbangan, solusi terbaiknya adalah melalui penghitungan. Kedua istilah satuan ini memang sudah tidak asing didengar.

 

Tapi, masih banyak yang belum mengetahui konversi keduanya dari ons ke gram atau sebaliknya. Untuk mengetahui konversi kedua satuan berat ini, Anda bisa menyimak uraian berikut beserta beberapa contohnya.

 

Membahas Sekilas Tentang Pengertian Ons dan Kg

 

Sebelum membahas tentang 10 ons berapa kg, alangkah lebih baiknya bila mengetahui pengertian kedua satuan ini. Ons merupakan satuan massa yang mempunyai beragam pengertian, menyesuaikan sistem satuannya.

 

Istilah ini asalnya dari bahasa Latin, yakni uncia. Satuan jenis ukur satu ini setara dengan 1/12 (seperdua belas) pon dalam Romawi atau libra. Sedangkan yang sudah dikenal di Indonesia diwarisi dari Belanda, setara dengan 100 gram.

 

Pada awal mulanya, satuan jenis ini diperkenalkan oleh bangsa Belanda dengan istilah ounce. Sedangkan kg adalah singkatan dari kilogram, salah satu satuan massa atau berat dalam SI atau Sistem Internasional.

 

Satuan dasar beratnya yaitu gram atau biasa disingkat g. Jadi, ketika membahas tentang 10 ons berapa kg, akan berkaitan dengan berat suatu benda. Tapi, penting untuk dipahami bahwa massa benda sebenarnya berbeda dengan berat.

 

Keduanya kerap disamakan, padahal memiliki makna berbeda bila dilihat dari konsep serta nilainya. Pada konteks sains, rujukan massa yaitu terhadap banyaknya jumlah partikel dalam sebuah objek. Sebenarnya keduanya masuk dalam kategori satuan massa.

Baca juga:  Jelaskan Pengertian Kronologi Kronik dan Sinkronik & Contoh

 

Sedangkan rujukan berat, yaitu terhadap gaya yang dialami sebuah benda akibat adanya gaya gravitasi. Objek yang memiliki massa 1 kilogram akan mempunyai berat antara 9.78 newton serta 9.83 newton, menyesuaikan dengan gravitasi tempat tersebut.

 

Jadi, bila tarikan gravitasi mengalami perubahaan, contohnya Anda sedang berada di bulan. Hal ini akan membuat berat badan mengalami perubahan, sedangkan massa tetap sama. Massa mengacu pada banyaknya materi terkandung serta tidak berubah.

 

Menjawab Pertanyaan 10 Ons Berapa Kg dan Rumus Konversinya

 

Sebelumnya sudah ada pernyataan bahwa 1 ounce setara dengan 100 gram. Dari pernyataan ini bisa diambil kesimpulan bahwa 1 gram sama dengan 100 ounce. Jadi, 10 ons berapa kg? Jawabannya adalah 1 kilogram.

 

Penjelasannya begini, penting dipahami bahwa dalam SI, yang setara dengan ounce adalah hectogram atau hg. Rumus mudahnya 1 ounce = 1 hg. Dalam tangga satuan berat, setiap turun satu tangga harus dikalikan dengan 10.

 

Sedangkan setiap naik satu tangga, harus dibagi dengan 10. Karena sama dengan hg, bila di konversi ke satuan kilogram, naiknya satu tangga. Hal inilah yang membuatnya perlu dibagi dengan 10.

 

Penghitungannya, 10 hg dibagi dengan 10 akan menghasilkan angka 1 kg. Rumus ini adalah yang paling mudah dipahami. Terjawab sudah pertanyaan 10 ons berapa kg, yaitu 1.

 

Jadi, bisa ditarik kesimpulan 1 ounce sama dengan 0,1 kilogram. Bagaimana bisa? Sesuai dengan pernyataan sebelumnya, karena naik satu tangga, sehingga 1 dibagi dengan 10 menghasilkan angka 0,1.

 

Inilah Beragam Rumus Konversi Satuan Ons dan Kg

 

Sangat penting memahami satuan berat bila membahas tentang ounce dan kilogram. Sebab, bukan hanya kilogram saja satuan berat. Selain gram dan hectogram, ada juga decagram (dag), desigram (dg), centigram (cg) serta milligram (mg).

Baca juga:  Kelipatan Bilangan 6 Yang Kurang Dari 30 Adalah

 

Dari 10 ons berapa kg, bisa juga di konversi ke satuan berat lainnya yang sudah disebutkan tersebut. Satuan konversi 1 ounce = 0,1 kilogram = 1 hg = 10 dag = 100 g = 1.000 dg = 10.000 cg = 100.000 mg. Rumus konversi ini sesuai dengan tangga satuan berat.

 

Sebagai tambahan, ada satuan berat lainnya yang juga kerap dipakai, yakni ton, kuintal serta pon. 1 ton = 1.000 kilogram, 1 kuintal = 100 kilogram, sedangkan 1 kilogram = 2 pon. Penggunaannya menyesuaikan dengan jenis benda atau barang yang diukur.

 

Dari beragam rumus tersebut, Anda bisa menghitung berbagai konversi. Sesuaikan saja penghitungannya dengan kebutuhan. Asalkan penggunaan rumusnya sesuai, akan menghasilkan hasil akhir penghitungan yang tepat.

 

Beberapa Contoh Pertanyaan Tentang Ons dan Kg

 

Terkadang hanya dengan teori tidak cukup mudah dipahami. Supaya lebih jelas mengenai 10 ons berapa kg atau keterkaitan dua satuan ini, tidak ada salahnya bila mencermati beberapa contoh pertanyaan yang akan dibahas pada uraian berikut.

 

  1. Contoh Pertanyaan 1

 

Bu Siska memiliki jagung yang memiliki berat 1.000 ounce. Kemudian membeli lagi jagung dengan berat 500 ounce. Bila keduanya digabungkan, berapa berat total jagung keseluruhan dalam satuan kilogram?

 

Diketahui:

 

Jagung pertama = 1.000 ounce

Jagung kedua = 500 ounce

Catatan rumus 1 kilogram = 10 ounce

 

Ditanya:

 

Berapa berat total jagung keseluruhan dalam satuan kilogram?

 

Jawab:

 

Berat jagung pertama + jagung kedua = 1.000 ons + 500 ons = 1.500 ons = 1.500 /10 = 150 kg.

 

Jadi, berat total jagung keseluruhan dalam satuan kilogram yaitu 150 kg.

 

  1. Contoh Pertanyaan 2

 

Contoh pertanyaan yang relevan dengan konsep 10 ons berapa kg yaitu bukan dalam bentuk kasus. Tapi, dalam bentuk soal penghitungan matematika yang kerap ditemui saat sekolah. Pertanyaannya, 10 kg + 50 ons + 350 g = … kg.

Baca juga:  Perkalian 1 Sampai 50

 

Pemaparan:

 

Pada bagian 10 kg tetap, tidak perlu di konversi)

50 ons = 50/10 = 5 kg (sesuai dengan rumus 1 kilogram = 10 ounce)

350 g = 0,35 kilogram (berdasarkan tangga satuan berat, gram menuju kilogram naik tiga tangga, sehingga harus dibagi dengan 10 sebanyak tiga kali alias 1.000)

 

Penghitungan dan Jawaban:

 

10 kg + 50 ons + 350 g = 10 kilogram + 5 kilogram + 0,35 kilogram = 15,35 kg.

 

  1. Contoh Pertanyaan 3

 

Contoh terakhir berhubungan dengan rumus 10 ons berapa kg akan ditambahkan satuan varian lainnya. Bu Dina pergi ke warung dan membeli tepung terigu 1 kuintal, cabai 70 ons dan beras 0,5 ton. Berapakah seluruh berat belanjaan bu Dina dalam satuan kilogram?

 

Diketahui:

 

Tepung terigu = 1 kuintal

Cabai = 70 ons

Beras = 0,5 ton

 

Catatan rumus sebagai acuan, 1 kuintal = 100 kilogram, 1 ounce = 0,1 kilogram, 1 ton = 1.000 kilogram.

 

Ditanya:

 

Berapa seluruh berat belanjaan bu Dina dalam satuan kilogram?

 

Jawab:

 

Berat tepung terigu + cabai + beras = 1 kuintal + 70 ons + 0,5 ton = 100 + 7 + 500 = 607 kg.

 

Jadi, seluruh berat belanjaan bu Dina dalam satuan kilogram yaitu 607 kg.

 

Segala bentuk pertanyaan akan mudah dikerjakan bila Anda sudah memahami konsep materinya dengan baik. Apalagi mengingat dari 10 ons berapa kg bisa berkembang menjadi pertanyaan yang lebih kompleks bahkan cukup rumit.