Mengenal CoolROM, Emulator Terbaik untuk Android dan PlayStation

Mengenal CoolROM, Emulator Terbaik untuk Android dan PlayStation

Di tengah teknologi yang semakin canggih, gamer bisa bermain PS melalui ponsel. Salah satunya adalah dengan menggunakan CoolROM yang merupakan emulator untuk Android dan PlayStation. Dengan emulator ini, gamer bisa menginstal serta memainkan game PC seperti PS 1, 2, 3 maupun 4.

Emulator ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya agar bisa menikmati game dengan cara yang menyenangkan. Namun begitu, masih banyak gamer yang belum mengetahui tentang emulator ini. Nah, bagi yang penasaran maka bisa menyimak informasi berikut ini:

Sekilas Tentang CoolROM

Aplikasi atau situs ini termasuk emulator yang digunakan untuk menginstal berbagai macam game PlayStation dan komputer atau laptop. Istilah emulator sendiri tentunya sudah banyak didengar oleh para gamer. Yang pasti dengan emulator ini, gamer bisa memainkan game tersebut melalui ponsel Android.

Emulator ini memungkinkan bagi gamer untuk mengunduh berbagai game klasik. Ada banyak sekali permainan lama yang sangat menyenangkan. Yang mana beberapa game klasik memang tidak tersedia di toko resmi Play Store. Beberapa game yang bisa dimainkan antara lain:

  • Atari 2600, 5200, 7800, Lync dan Jaguar.
  • Commodore 64.
  • Gameboy Color.
  • Neo Geo CD dan Neo Geo Pocket.
  • Game Boy Advance.
  • Namco System 22.
  • Super Nintendo.

Fitur Unggulan CoolROM

Adapun fitur unggulan yang ditawarkan adalah bisa menangani sumber daya game lainnya. Mulai dari tangkapan layar, peringkat, ulasan game, video pratinjau game dan lainnya. Yang terpenting, pada situs ini sudah disediakan tutorial untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya saat mengakses situs.

Bukan hanya itu, gamer juga bisa menikmati berbagai game di dalamnya. Bahkan game bisa dinikmati dengan nyaman sebab situs emulator ini sudah dibekali juga dengan berbagai fitur menarik. Berikut sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan:

1. Akses Gratis

Dengan emulator ini, gamer bisa menikmati berbagai jenis game. Namun yang paling menarik, gamer bisa mendapatkan semua game yang tersedia secara gratis. Sebab situs emulator ini memang menawarkan fitur akses gratis kepada para penggunanya. Menarik bukan?

2. Tersedia Banyak Game yang Bisa Dimainkan

Salah satu keunggulan dari situs emulator yang satu ini adalah tersedianya banyak game yang bisa dimainkan oleh gamer. Siapapun yang mengakses situs ini bisa memainkan game klasik yang telah ada sejak dulu sampai saat ini. Mulai dari Harvest Moon, Seri Tekken, Gran Turismo 2 dan lainnya.

3. Kontrol Sangat Mudah

Jika berbicara mengenai kontrol emulator, maka gamer tidak perlu ragu lagi. Sebab emulator ini memiliki kontrol yang terbilang mudah. Dengan demikian pengguna tidak akan merasa kesulitan meskipun ada banyak tombol kontroler pada konsol yang digunakan. Bahkan pemula sekalipun bisa mengaksesnya tanpa bingung.

4. Memiliki Ukuran yang Kecil

Ukuran dari aplikasi emulator ini terbilang sangat kecil yaitu mulai dari 13 MB saja. Sehingga tidak akan membebani perangkat ponsel yang digunakan. Jika ingin lebih mudah, maka bisa mengunjungi situsnya langsung. Dengan demikian, pengguna bisa mengunduh berbagai jenis game yang diinginkan.

Cara Download Aplikasi CoolROM Emulator

Untuk bisa mengakses emulator ini maka bisa mengunjungi situs atau halaman website langsung. Caranya yaitu dengan membuka browser terlebih dahulu, kemudian masuk ke halaman web terkait. Situs ini bisa diakses melalui Chrome, Mozilla Firefox maupun Opera.

Setelah masuk ke halaman website tersebut, maka pengguna akan menemukan banyak menu. Unduh game melalui situs tersebut. Sementara jika ingin memiliki aplikasinya maka perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Ikuti tahapan berikut untuk mengunduhnya:

  • Buka browser terlebih dahulu kemudian masukkan kata kunci CoolROMpada menu pencarian.
  • Maka akan muncul beberapa halaman website yang menyediakan link download aplikasi ini.
  • Pilih salah satu halaman web yang kredibel dalam menyediakan link download
  • Buka halaman tersebut dan buka klik link download yang disediakan.
  • Tunggu hingga proses download

Cara Install CoolROM Emulator Terbaru

Proses instalasi aplikasi ini tidak bisa dilakukan secara otomatis, karena proses mengunduhnya tidak melalui toko resmi. Maka dari itu, membutuhkan proses yang berbeda atau proses instalasi manual. Meskipun demikian, pemasangan aplikasi ini sangat mudah. Ikuti tahapan berikut ini untuk menginstal aplikasi:

  • Apabila aplikasi sudah berhasil diunduh, maka langkah berikutnya adalah masuk ke File Manager yang terdapat di ponsel.
  • Kemudian masuk ke folder download atau lokasi dimana file apk tersebut tersimpan.
  • Cari file aplikasi yang sudah diunduh sebelumnya, jika sudah ditemukan segera buka dan klik install.
  • Maka akan muncul informasi terkait Sumber Tidak Dikenal, berikan izin akses dengan klik opsi Izinkan.
  • Tunggu proses instalasi aplikasi hingga selesai dan aplikasi sudah siap untuk digunakan.
Baca juga:  Unduh MangaOwl Manhwa dan Baca Komik Favorit Secara Gratis!

Cara Menggunakan Aplikasi Emulator

Untuk bisa menggunakan aplikasi emulator CoolROM tidaklah sulit. Terlebih aplikasi ini didesain dengan tampilan yang sederhana sehingga memudahkan siapapun untuk menggunakannya. Meskipun begitu, ternyata masih banyak gamer yang bingung terkait tutorial menggunakan aplikasi emulator ini.

Padahal siapapun bisa memainkan game dalam emulator dengan sangat mudah. Jika baru pertama kali menggunakan emulator ini, maka bisa mengikuti tutorial berikut untuk menggunakannya:

  • Pastikan sudah menginstal aplikasi emulator di ponsel.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan install emulator yang sudah tersedia di dalam aplikasi. Pastikan emulator yang dipilih kompatibel dan cocok dengan ponsel yang digunakan.
  • Berikutnya, buka opsi ROM kemudian dapatkan spesifikasi dari emulator tersebut dan klik Unduh.
  • Kemudian terapkan file dari ROM yang sudah diunduh sebelumnya. Terapkan file atau salin ke direktori yang telah ditentukan.
  • Nikmati semua game klasik yang tersedia di dalamnya. Mainkan game favorit yang diinginkan secara gratis.

Apakah Emulator Ini Aman Digunakan?

Banyak orang yang bertanya mengenai keamanan dari emulator. Perlu diketahui eksistensi dari emulator adalah legal. Akan tetapi untuk CoolROM sendiri termasuk ke dalam situs ilegal. Mengingat proses mengunduhnya tidak dilakukan melalui toko resmi melainkan di situs web.

Namun jangan khawatir, emulator ini tetap aman untuk digunakan. Namun jika ingin melegalkan permainan ROM atau ISO yang diinginkan, maka caranya adalah dengan membeli kaset asli yang disediakan secara resmi oleh perusahaan game. Kemudian memindahkannya ke emulator.

Tetap perhatikan petunjuk pengendalian dan pertanyaan umum seputar emulator ini. Sehingga pengguna bisa memainkan game sesuai dengan formatnya. Dalam menggunakan emulator ini, pahami juga beberapa istilah yang akan muncul, sebagai berikut:

  • Emulasi: proses untuk menyimulasikan perangkat keras yang ada di sebuah mesin pada mesin lainnya.
  • ROM atau ISO: merupakan titel game yang mana mengkonversikan bentuk CD ke perangkat lain yang digunakan.
  • Emulator: merupakan perangkat permainan yang memungkinan untuk dimainkan melalui perangkat yang dimiliki.

Itulah informasi mengenai CoolROM yang merupakan emulator penyedia berbagai macam game klasik untuk Android maupun PlayStation. Dengan emulator ini, bersiaplah untuk memainkan berbagai macam game klasik yang tersedia. Pastikan untuk membaca petunjuk serta konfigurasi dalam menggunakan emulator ini.