1 gram berapa ons

Konversi Satuan dari 1 Gram Berapa Ons yang Perlu Diketahui

1 gram berapa ons masih menjadi pertanyaan banyak orang. Bagaimana cara menghitung gram ke ons atau sebaliknya. Untuk bisa menemukan jawaban dimana satuan ons, dan apa jawaban dari 1 g berapa ons.

Selain dapat mengetahui jawaban dari pertanyaan 1 g berapa ons , Anda juga bisa mengetahui gram dan ons yang digunakan untuk menghitung benda apa saja. Berikut ini sudah ada beberapa ulasannya.

Mengenal 1 Gram Berapa Ons

Sebelum Anda mengetahui jawaban dari pertanyaan 1 gram berapa ons, maka harus tahu dulu nih apa yang dimaksud dengan satuan berat. Hal ini karena ons dan gram merupakan satuan berat yang digunakan untuk menghitung atau mengetahui suatu benda atau objek.

Satuan berat merupakan salah satu bagian dari satuan pokok dalam bidang ilmu eksak yang disebut juga dengan massa. Berdasarkan satuan internasional atau SI, standar satuan berat yang digunakan sehari-hari adalah kilogram atau kg.

Namun sebelum berubah menjadi kilogram, satuan berat yang awalnya digunakan hanya gram. Standar yang berlaku saat ini hanya 1 kilogram sama dengan 1 liter air murni suhu 40 derajat celcius.

Meskipun telah berubah menjadi kilogram, namun pemakaian gram masih banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Gram biasanya akan digunakan untuk mengukur atau menghitung sebuah berat benda yang berukuran kecil. Sementara itu, untuk benda besar biasanya menggunakan satuan kilogram.

Konversi dari Satuan Ons

Ada beberapa konversi satuan berat ons yang bisa dipahami dan dihafalkan. Berikut ini sudah ada beberapa konversi dari 1 gram berapa ons, antara lain:

  1. 1 ons = 1.000 desigram (dg)
  2. 1 ons = 10.000 cg (sentigram)
  3. 1 ons = 100.000 mg (miligram)
  4. 1 kg = 1.000 gram
  5. 1 kg = 10 ons
  6. 1 ons = 0,1 kg (kilogram)
  7. 1 ons = 1 hg (hektogram)
  8. 1 ons = 10 dag (decagram)
  9. 1 ons = 100 gr (gram)

Satuan Berat yang Bisa Diketahui

Adapun satuan berat yang seringkali digunakan adalah kilogram, hektogram, dekagram, gram, desigram, centigram, miligram. Selain ke 7 satuan berat itu, ada juga satuan berat yang sering digunakan yakni ton dan kuintal.

Jadi apabila Anda ingin mengukur 1 gram berapa ons yang berada di anak tangga atas dan anak tangga bawah, maka harus mengalikan angka tersebut dengan angka 10. Contohnya saja, Anda ingin menghitung dalam 20 kg ada berapa gram?

Bisa mengalikan angka 20 dengan 3 x angka 10 dan letak gram turun 3 x ke bawah dari kilogram. Hal ini berlaku untuk satuan berat yang ada di bawah. Jika Anda ingin menghitung 1 gram berapa ons, aka harus membaginya dengan angka 10.

Misalnya saja, jika Anda ingin menghitung dalam 20 hg ada berapa kg? Maka harus membagi angka 20 dengan angka 10 dan begitu seterusnya.

  1. Gram

Dari urutan satu berat tadi, Anda bisa tahu dimana letak gram yang sering digunakan. Namun, sebenarnya 1 gram berapa ons?

Gram adalah salah satu satuan berat yang berasal dari bahasa Yunani yakni Gramma. Gram merupakan sistem metrik atau satuan dari massa. Garm disimbolkan dengan menggunakan huruf g kecil.

Anda bisa menggunakan satuan gram untuk mengukur atau menghitung benda yang ukurannya kecil atau ringan, seperti sabun, detergen, mie, tepung, gula, makanan ringan dan masih banyak lagi. Gram juga bisa digunakan dalam satuan berat sebuah logam mulia seperti emas dan perak.

  1. Ons

Setelah Anda mengetahui pengertian dari gram, harus tahu juga apa yang dimaksud dengan ons. Ons merupakan satuan massa yang memiliki beberapa definisi, tergantung pada sistem satuannya.

Ons ini berasal dari bahasa latin yaitu Uncia. Ons dikenal sebagai satuan ukur yang setara dengan seperdua belas pon Romawi. Ons yang digunakan di Indonesia termasuk warisan dari negara Belanda yang setara dengan 100 gram.

Baca juga:  Hitungan 1 Menit Berapa Sekon dalam Satuan, Begini Caranya

Ons di Indonesia seringkali digunakan dalam berbagai satuan berat benda seperti telur, cabai, bawang merah hingga sayuran. Lalu bila tidak ada di tangga satuan berat, bagaimana cara menghitungnya? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa melihat daftar konversi 1 gram berapa ons di bawah ini!

  • 1 kg sama dengan 10 ons
  • 1 kg sama dengan 1000 gram
  • 1 ons sama dengan 100 gram

Apabila dilihat dari hasilnya, Anda bisa tahu bahwa letak ons ​​berada di bawah satuan berat kilogram. Jadi untuk lebih mempermudah perhitungan, maka bisa menambahkan ons di sebelah satuan hektogram. Selain konversi satuan 1 gram berapa ons yang ada diatas, masih ada beberapa konversi satuan ons lainnya yang bisa dihafalkan.

  • 1 pon = 5 ons
  • 1 kg = 10 ons
  • 1 kg = 1000 gram
  • 1 ons = 100 gram
  • 1 ton = 1.000 kg
  • 1 kg = 10 ons
  • 1 hg = 1 ons
  • 1 kuintal = 100 kg
  • 1 kg = 2 pon
  • 1 ton = 10 quintal

Dari sini Anda tahu bahwa ternyata ons adalah nama lain dari hektogram. Nah, jadi sudah pahamkan, bagaimana cara menghitung satuan berat khususnya 1 gram berapa ons?

Rumusnya adalah sebagai berikut :

1 gram = 1 : 10 : 10 = 0,01 ons

Jadi jawaban dari pertanyaan 1 g berapa ons yaitu 0,01 ons.

Alat dari Ukur Satuan Berat

Untuk bisa mengetahui dan menghitung satuan berat tentunya membutuhkan alat ukur yang bisa membantu menghitung satuan berat yang ingin dicari. Umumnya, untuk mengetahui 1 gram berapa ons, Anda harus melakukan penimbangan dengan alat ukur satuan berat.

Terdapat berbagai macam jenis alat ukur satuan berat yang bisa digunakan. Alat ukur menjadi berbagai macam jenis, menyesuaikan dengan benda yang akan ditimbang. Berikut ini sudah ada jenis alat ukur berat yang bisa digunakan di rumah.

  1. Timbangan Gantung

Alat ukur yang pertama yaitu timbangan gantung. Timbangan gantung merupakan sebuah timbangan yang dapat digunakan untuk mengukur massa.

Dimana dengan cara menggantungkan benda tersebut pada pengait timbangan. Timbangan ini biasanya akan digunakan untuk mengukur massa anak di posyandu, berat buah dan sayur sampai berbagai benda lainnya.

  1. Timbangan Lantai

Hal yang kedua ada alat ukur timbangan lantai. Timbangan lantai sering dikenal juga dengan floor scale. Timbangan ini mempunyai kapasitas yang lebih besar. Selain kapasitas, ukuran dari timbangan lantai yang cukup besar.

Timbangan lantai ini akan mengukur beban dan mencatat nilai beratnya melalui angka digital dan memberikan pengukuran yang lebih tepat dari objek atau benda ditimbang. Timbangan lantai terbuat dari besi dan terdiri dari plat, H beam, WF, Holo serta siku.

  1. Timbangan Bayi

Sama seperti namanya, timbangan ini untuk menimbang berat badan bayi Bentuk dari timbangan ini bervariasi, mulai dari bentuk besi atau plastik cekungan hingga yang bentuknya seperti timbangan gantung. Timbangan bayi bisa Anda temukan di beberapa tempat umum seperti rumah sakit, puskesmas, posyandu dan lainnya.

Beberapa penjelasan mengenai satuan berat dari gram hingga ons diatas diharapkan bisa bermanfaat. Dari sini Anda tahu jawaban dari 1 gram berapa ons yaitu 0,01 ons.