kesegaran jasmani merupakan nama lain dari

Kesegaran Jasmani Merupakan Nama Lain dari Kebugaran Jasmani

Kesegaran jasmani merupakan nama lain dari kebugaran jasmani, dimana hal ini sangat diperlukan oleh tubuh agar bisa beraktivitas dengan baik. Dengan kata lain, saat kondisi fisik seseorang semakin bugar, maka ia akan semakin baik dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Kebugaran jasmani ini biasanya dijadikan sebagai indikator kesehatan maupun ketahanan tubuh seseorang. Salah satu cara agar kebugaran jasmani bisa selalu terjaga adalah dengan melakukan olahraga secara rutin.

Pengertian Kesegaran Jasmani Merupakan Nama Lain dari Kebugaran Jasmani

Kesegaran jasmani atau biasa lebih dikenal dengan kebugaran jasmani, memiliki pengertian yaitu kemampuan tubuh seseorang dalam menjalankan aktivitas fisik untuk kegiatan sehari-hari tanpa merasa kesulitan dan kelelahan serta masih memiliki tenaga yang tersisa setelahnya.

Apabila tingkat kebugaran jasmani seseorang tinggi, maka kemampuan fisiknya untuk melakukan aktivitas juga akan kuat. Kebugaran jasmani ini juga bisa dikatakan sebagai indikator kesehatan fisik seseorang.

Cara terbaik untuk menjaga kebugaran tubuh adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih segar dan tidak mudah terserang penyakit. Tidak hanya itu saja, semakin banyak berolahraga tubuh akan terbiasa untuk bergerak sehingga tidak mudah lelah.

Unsur Kesegaran Jasmani

Kesegaran jasmani merupakan nama lain dari kebugaran jasmani yang memiliki unsur sebagai berikut:

1. Kekuatan

Unsur pertama yaitu kekuatan yang merupakan sebuah kondisi dimana tubuh mampu menggunakan ototnya secara maksimal saat menerima beban dari suatu aktivitas. Unsur kekuatan ini bisa diperoleh dari melakukan latihan berat yang rutin dan konsisten.

2. Kecepatan

Selanjutnya adalah kecepatan yang merupakan sebuah kemampuan untuk melakukan gerakan dalam kurun waktu yang singkat. Kecepatan yang baik memiliki waktu yang semakin singkat. Unsur ini bisa diperoleh dengan melakukan latihan, contohnya adalah latihan lari.

3. Kelincahan

Kelincahan berkaitan dengan kemampuan fisik tubuh untuk menyesuaikan gerakan-gerakan tertentu tanpa mudah lelah. Kelincahan bisa diperoleh dengan latihan seperti berlari, dengan membentuk pola zig-zag atau di atas tangga secara naik dan turun.

4. Daya Otot

Daya otot bisa disebut juga dengan muscular power, yaitu kemampuan otot untuk memberikan dukungan kepada tubuh untuk menjalankan aktivitas fisiknya. Unsur ini berkaitan secara langsung dengan sistem anaerobik tubuh untuk memenuhi kebutuhan energinya.

5. Daya Tahan

Terakhir adalah daya tahan yang berkaitan dengan stamina tubuh yang digunakan untuk melakukan aktivitas secara terus menerus. Organ tubuh yang berhubungan langsung dengan daya tahan adalah jantung, paru-paru, sistem peredaran darah dan otot tubuh yang digunakan untuk beraktivitas.

Ketahanan fisik ini dapat diperoleh melalui latihan rutin berupa jogging selama kurang lebih 30 menit.

Cara Menjaga Kesegaran Jasmani

Kesegaran jasmani merupakan nama lain dari aktivitas untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, maka dari itu berikut adalah beberapa contoh olahraga yang bisa dilakukan:

1. Lari Cepat Jarak Pendek

Jenis olahraga ini digunakan untuk melatih kecepatan gerakan tubuh. Caranya dimulai dari melakukan start dengan posisi berdiri, salah satu kaki berada di sebelah garis start. Apabila sudah siap, mulai lari secepat mungkin hingga jarak yang telah ditentukan.

6. Push Up

Olahraga untuk menjaga kebugaran jasmani selanjutnya adalah push up. Olahraga jenis ini biasa dimanfaatkan untuk melatih otot dada, bahu dan trisep atau disebut dengan olahraga calisthenic. Namun, sebenarnya olahraga ini juga bisa untuk melatih otot perut dan punggung bawah.

Banyak orang tidak mengetahui bahwa olahraga push up ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, untuk melakukan olahraga ini perlu memperhatikan beberapa hal seperti posisi tangan, irama gerakan naik turun serta selalu menghadap ke depan.

7. Leg Squat

Olahraga leg squat ini digunakan untuk melatih otot tungkai. Cara melakukan olahraga ini dengan menggunakan barbel yang diangkat oleh kedua tangan kemudian posisi barbel disejajarkan dengan dada. Tekuk lutut hingga setengah jongkok dan ulangi gerakan tersebut.

Baca juga:  1 Kb Berapa Mb? Ini Cara Mudah Mengubahnya

8. Sit Up

Selanjutnya adalah olahraga yang digunakan untuk melatih otot perut, yaitu sit up. Tidak hanya itu saja, sit up juga bisa digunakan untuk melatih otot leher, dada, pinggang dan panggul.

Oleh karena itu, dengan satu jenis gerakan saja sudah bisa mendapatkan banyak manfaat pada tubuh seperti memperbaiki keseimbangan tubuh, membentuk tubuh ideal, mengencangkan otot serta memperbaiki postur.

9. Back Lift

Back lift dilakukan dengan cara kepala hingga badan dihadapkan sejajar dengan lantai kemudian digerakkan secara naik dan turun berulang. Olahraga jenis ini digunakan untuk membentuk otot punggung agar lebih simetris dan kekar.

Dengan melakukan latihan back lift, manfaat yang didapatkan di antaranya adalah membentuk dan memperbaiki postur tubuh, menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan tubuh serta mengurangi resiko cedera.

10. Shoulders Press

Terakhir adalah olahraga yang digunakan untuk melatih kekuatan otot bahu dan otot lengan, yaitu shoulders press. Olahraga ini dilakukan dengan cara mengangkat barbel menggunakan kedua tangan secara lurus ke depan lalu diangkat sampai sejajar dengan dada dan dilakukan secara berulang.

Manfaat Menjaga Kesegaran Jasmani

Setelah melakukan latihan di atas untuk menjaga kesegaran jasmani merupakan nama lain dari kebugaran jasmani, maka tubuh akan mendapat manfaat sebagai berikut:

  • Meningkatkan dan mempertahankan kebugaran tubuh untuk beraktivitas.
  • Membentuk dan memperbaiki sikap maupun gerakan tubuh.
  • Menjaga kondisi fisik yang berkaitan dengan kekuatan, kelincahan, kecepatan, ketahanan dan keluwesan.
  • Membentuk kepercayaan diri
  • Merangsang pertumbuhan bagi anak-anak
  • Bentuk bukti cinta terhadap diri sendiri karena telah peduli terhadap kesehatan diri

Faktor yang Mempengaruhi Kesegaran Jasmani

Tubuh yang bugar dapat memberikan berbagai macam manfaat untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Selain didapatkan melalui latihan yang rutin, kesegaran jasmani dapat dipengaruhi faktor-faktor berikut:

1. Makanan

Makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kesegaran jasmani haruslah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, juga tidak boleh makan sembarang apalagi makanan yang tidak menyehatkan atau bahkan bisa merusak tubuh seperti alkohol dan makanan lain yang nutrisinya tidak seimbang.

11. Usia

Banyak orang melupakan bahwa usia juga bisa mengikis kesegaran tubuh seseorang. Kebugaran tubuh seseorang dapat mencapai puncaknya pada saat berusia 20 hingga 30 tahun dan setelah itu akan menurun sebesar 0,8 hingga 1% di setiap tahunnya.

Latihan olahraga yang telah disebutkan di atas apabila dilakukan dengan rutin dapat menurunkan persentase penurunan kebugaran tubuh tersebut.

12. Istirahat

Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup setelah digunakan untuk beraktivitas. Hal ini dikarenakan kekuatan tubuh manusia ada batasannya. Oleh karena itu, apabila sudah merasa lelah maka sebaiknya menghentikan aktivitas dan beristirahat sejenak.

Istirahat juga berfungsi sebagai proses untuk mengisi ulang energi yang telah terkuras habis untuk melakukan aktivitas sebelumnya. Itulah alasan mengapa tubuh akan terasa segar kembali setelah istirahat.

Kesegaran jasmani merupakan nama lain dari kebugaran jasmani yang sangat berkaitan dengan kekuatan fisik seseorang untuk melakukan aktivitas. Menjaga kesegaran jasmani melalui latihan yang rutin dan konsisten memberikan banyak manfaat untuk tubuh.