Kenali Apa Itu Manajer Investasi Terbaik dan Cara Memilihnya

Kenali Apa Itu Manajer Investasi Terbaik dan Cara Memilihnya

Manajer investasi terbaik tetap menjadi salah satu aspirasi di antara banyak pilihan investasi yang tersedia bagi investor, terutama bagi pendatang baru.

Investasi kerap digunakan sebagai alat keuangan karena operasinya yang mudah dan tidak rumit. Pengelolaan uang juga ditangani oleh Manajer Investasi atau MI, yang bisa dimulai dengan modal minimal 100.000 Rupiah.

Pentingnya manajer investasi ini tidak bisa diremehkan. Mirip dengan driver, manajer investasi bertugas mengalokasikan dana investor ke berbagai instrumen tertentu yang telah dipilih dan dinilai dengan cermat.

Itu artinya, MI bertanggung jawab untuk mengelola dana investor untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan income dan pengembalian modal setinggi mungkin.

Namun, apakah Anda memahami tanggung jawab dan operasi khusus dari manajer investasi ini? Bagaimana cara memilih MI terbaik yang sesuai dengan kebutuhan investasi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Apa Itu Manajer Investasi terbaik?

 

Manajer investasi pada dasarnya adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi kumpulan investasi atau portofolio sekuritas basis klien.

Pengecualian untuk aturan ini adalah perusahaan asuransi, bank, dan dana pensiun, yang operasinya dilakukan secara independen dan sesuai dengan peraturan terkait.

Menurut definisi yang diberikan oleh Investopedia, manajer investasi adalah perusahaan atau individu yang memutuskan berapa banyak untuk berinvestasi dalam portofolio aset atas nama konsumen atau klien. Keputusan investasi didasarkan pada parameter dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Manajer investasi terbaik mampu menangani semua tugas pengelolaan dana dan portofolio nasabah. Ini mencakup semuanya, mulai dari pembelian dan penjualan instrumen melalui manajemen portofolio, evaluasi kinerja, pelaporan klien serta peraturan, dan penyelesaian transaksi.

Jika Anda berinvestasi dan menyetor sejumlah uang tertentu, MI akan mengelola uang tersebut dan menginvestasikannya dalam portofolio sekuritas tertentu yang telah dipilih sebelumnya.

Uang yang Anda miliki akan digunakan untuk membeli atau menjual obligasi, saham, dan instrumen investasi lainnya selama Anda terus menggunakan layanan MI. Pada waktu tertentu, MI akan memberikan laporan berkala kepada pelanggan tentang pelaksanaan kegiatan investasinya.

Cara Kerja Manajer Investasi Terbaik

Adapun cara kerja manajer investasi yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Sejumlah modal tertentu disetorkan oleh klien ke MI, yang kemudian mengumpulkannya bersama dengan uang dari para investor lain.
  2. Mengikuti arahan investor untuk investasi, MI akan mengelola dana dan menginvestasikannya dalam berbagai produk yang dipilih dan dipelajari dengan cermat.
  3. MI dapat menjual saham, obligasi, atau berbagai investasi lainnya selama periode investasi ini. Secara alami, pelaporan reguler dan transparan dari semua operasi ini kepada investor akan dilakukan.
  4. Untuk mendapatkan hasil terbaik dan paling tepat sasaran, dimungkinkan untuk menyatakan bahwa manajer investasi mengelola uang yang diinvestasikan atas nama klien mereka.

Cara Memilih Manajer Investasi Terbaik yang Tepat

 

Karena memiliki peran dan tugas yang sangat krusial, ada berbagai hal yang harus diperhatikan sebelum memilih manajer investasi. Langsung saja simak cara memilih manajer investasi yang sesuai dengan kebutuhan:

  1. Cek Rekam Jejak Kinerjanya

 

Memeriksa kinerja masa lalu mereka adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan untuk memilih manajer investasi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena MI memiliki sejarah kinerja yang sukses, kepercayaannya juga terjamin.

 

Anda harus melihat latar belakang manajer investasi ini untuk melihat sudah berapa lama ia berkecimpung dalam bisnis dan seberapa baik kinerjanya di pasar saham.

Baca juga:  Kontes Demo Forex Berhadiah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

 

Perusahaan sekuritas tidak diragukan lagi layak untuk dipilih jika menunjukkan kredibel dan dapat mengembangkan kas kliennya seefisien mungkin.

 

Pastikan Legal dan Kredibel

 

Pastikan manajer investasi terbaik terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dan memiliki izin usaha yang sah sebelum mengambil keputusan.

 

Keduanya menjadi bukti asli legitimasi dan legalitas manajer investasi. Hampir dapat dipastikan bahwa layanan perusahaan efek tidak jujur ​​atau ilegal jika tidak memiliki status terdaftar atau izin usaha dari OJK.

 

Cek Biaya Investasi

 

Jangan hanya mengetahui penghasilan Anda jika ingin berinvestasi dengan menyerahkannya di tangan para profesional. Namun, perhatikan juga fee nya.

 

Pengeluaran ini sering kali mencakup harga pembelian unit, biaya penjualan, biaya transfer, biaya transaksi, dan transfer bank. Sebelum berinvestasi, cari tahu berapa biayanya.

 

Perusahaan harus transparan dalam hal biaya investasi. Investor dapat memahaminya karena tidak ada yang disembunyikan. Biayanya lebih tinggi jika Anda memilih manajer investasi terbaik dengan merek terkenal, rekam jejak yang bagus, dan kredensial kinerja yang kuat.

 

Sesuaikan Dengan Profil Risiko

 

Menurut toleransi risikonya, investor dapat dibagi menjadi tiga kelompok: konservatif (sangat aman), moderat (risiko sedang), dan agresif (berani mengambil risiko tinggi). Diantara semua, Anda yang mana?

 

Jika Anda adalah investor yang berhati-hati dan lebih suka bermain aman, pilih manajer investasi terbaik yang pengelolaan dananya melibatkan sedikit risiko signifikan. Namun, dalam banyak kasus, risiko dan imbalannya sama.

 

Ketika risikonya rendah, potensi imbalannya sama rendahnya. Namun, selama manajer investasi pintar karena pengalaman atau jam terbangnya, tidak perlu khawatir.

 

Yang terpenting, pilih manajer investasi yang sesuai dengan toleransi risiko Anda agar tidak menyesali semua keputusan di kemudian hari.

 

Perhatikan Kinerjanya

 

Memperhatikan kinerja manajer investasi terbaik adalah faktor terakhir yang harus dipertimbangkan. Namun, Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya memahami kinerja MI sampai setelah Anda membeli produk dan secara konsisten berinvestasi selama beberapa waktu.

 

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek kinerja portofolio Anda apakah memuaskan atau tidak. Jangan takut untuk menggunakan layanan lain jika itu hanya memberikan hasil di bawah standar atau jauh dari harapan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai manajer investasi, peran, tanggung jawab, dan metode pemilihannya. Nah, agar upaya tersebut menghasilkan keuntungan yang diharapkan, cari tahu terlebih dahulu kinerja manajer investasi terbaik sebelum memilih untuk berpartisipasi di dalamnya.