jelaskan pengertian kronologi kronik dan sinkronik

Jelaskan Pengertian Kronologi Kronik dan Sinkronik & Contoh

Sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, sejarah jadi salah satu media untuk mengetahui berbagai kronologi, kronik, dan sinkronik dari suatu peristiwa. Tapi sudah yakin bisa jawab pertanyaan untuk jelaskan pengertian kronologi kronik dan sinkronik?

Masih banyak yang kebingungan dengan ketiga istilah dalam pelajaran sejarah tersebut. Namun, nyatanya ketiganya punya perbedaan yang cukup signifikan dan mudah diingat. Termasuk setiap istilahnya memiliki syarat penyebutan dan contohnya masing-masing.

Jelaskan Pengertian Kronologi Kronik dan Sinkronik

Escrow didefinisikan sebagai salah satu bentuk dokumen dengan sifat sah dengan muatan berupa perjanjian legal antar dua belah pihak atau bahkan lebih terkait suatu aset. Biasanya aset yang dimuat dalam perjanjian berupa uang.

1. Kronologi

Istilah atau kata kronologi mungkin sudah umum didengar oleh orang banyak. Tidak hanya di ilmu sejarah, kata kronologi banyak digunakan dalam proses pengungkapan peristiwa tertentu khususnya oleh instansi penegak hukum.

Namun dalam ilmu sejarah sendiri istilah ini memiliki maknanya sendiri. Kronologi dalam lingkup sejarah berarti sistem penentuan rangkaian atau urutan waktu terkait kejadian di masa lampau. Sebagian peneliti juga mengartikan istilah ini sebagai salah satu sistem penanggalan sejarah.

Sejauh ini sistem kronologi digunakan oleh para sejarawan khususnya untuk mengurutkan rangkaian suatu peristiwa sejarah. Dengan adanya kronologi sejarawan juga bisa dengan mudah mengelompokkan serpihan peristiwa sejarah jadi satu kesatuan.

2. Kronik

Termasuk dalam lingkup jelaskan pengertian kronologi kronik dan sinkronik, istilah kronik bisa diartikan sebagai salah satu bentuk catatan peristiwa sejarah yang terurut. Catatan sejarah ini dibentuk secara singkat dan berurutan agar nantinya mudah dipelajari atau diidentifikasi lebih lanjut.

Kronik bisa dibuat oleh siapa pun untuk mengumpulkan catatan suatu peristiwa, kejadian, atau apapun yang bisa dikategorikan sebagai sejarah. Bentuk kronik bahkan sudah ditemukan para sejarawan sejak zaman dulu.

Karena dulu bentuknya tulisan manual maka tidak jarang para sejarawan harus mengidentifikasi arti kata dan makna simbol yang dituliskan dalam kronik. Bahkan, bisa jadi tulisannya menggunakan bahasa yang tidak digunakan saat ini seperti halnya bahasa Sansekerta.

3. Sinkronik

Tidak kalah banyak diketahui layaknya kronologi, sinkronik juga sudah banyak di dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan kini istilah sinkronik yang digunakan di luar kajian sejarah bisa dikaitkan dengan ilmu pembelajaran berbasis teknologi.

Istilah sinkronik atau bisa juga disebut dengan sinkronis jadi sebenarnya bisa dilihat di KBBI. Dalam kamus tersebut, istilah sinkronik berarti semua hal yang berkaitan dengan kejadian atau peristiwa dalam rentang waktu (masa) yang terbatas.

Merujuk pada situs resmi Kemendikbud, istilah sinkronik diambil dari akar kata bahasa Yunani yaitu syn yang berarti dengan dan chronoss yang bisa diartikan waktu. Sinkronik lebih mudah diidentifikasi karena hanya berkaitan dengan kurun waktu tertentu.

Perbedaan Kronologi, Kronik, dan Sinkronik

Istilah yang digunakan para sejarawan bisa jadi berbeda-beda bergantung pada konteks dan keperluan kajian. Untuk lebih memahami perbedaan ketiga istilah tersebut, lihatlah perbedaan singkatannya berikut ini:

Kronologi Kronik Sinkronik
Urutan waktu suatu kejadian sejarah atau suatu peristiwa Catatan sebuah sejarah atau peristiwa sesuai urutan waktu Peristiwa atau sejarah yang terjadi di kurun waktu tertentu
Fokus pada urutan waktu sejarah atau peristiwa Fokus pada catatan sejarah atau peristiwa Kajian diambil hanya pada bagian waktu tertentu
Sajian lengkap bisa sangat panjang penjabarannya dengan media yang beragam Sajian hanya berupa catatan dan runtut Sajian detail dan lengkap dalam kurun waktu tertentu saja dengan media yang beragam

Bila mendapat soal berupa jelaskan pengertian dari kronologi kronik dan sinkronik, maka perbedaan singkat dalam tabel di atas bisa digunakan untuk memperlengkap jawabannya. Perhatikan, jangan sampai salah menuliskan perbedaan ketiga istilah ilmu sejarah tersebut.

Baca juga:  Membahas Konversi 1 Hektar Berapa Km Persegi dan Contohnya

 

Contoh Kronologi, Kronik, dan Sinkronik

Untuk jelaskan pengertian kronologi kronik dan sinkronik bisa tambahkan contoh istilahnya. Sebenarnya dalam dunia ilmu sejarah terdapat banyak sekali hal yang bisa digunakan sebagai contoh dari kronologi, kronik, dan sinkronik. Namun, versi singkatnya bisa coba lihat contoh berikut.

1. Contoh Kronologi

Kronologi sebagai seperti yang sudah disampaikan sebelumnya memiliki rentetan peristiwa berurut dan bisa jadi cukup panjang. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk menjabarkan kronologi, namun yang paling umum yakni dengan menuliskan rentetan peristiwa sejarah.

Tidak sedikit juga tulisan kronologi yang dibuat singkat khusus untuk mendapatkan pemahaman dasar atau awal saja. Setelah paham, nantinya kronologinya akan dikembangkan dan diperlengkap sesuai catatan sejarah yang ada. Contoh kronologi singkat di antaranya:

Kemerdekaan Indonesia tidak didapatkan begitu saja. Ada berbagai bentuk perjuangan guna mendapatkan hak segala bangsa ini. Secara singkat, proses bangsa mendapatkan kemerdekaan dapat ditilik lewat kronologi sejarah singkat berikut:

  • Indonesia mulai melihat peluang kemerdekaan sendiri dengan terjadinya peristiwa jatuhnya bom di Hirosima dan Nagasaki pada 6 Agustus 1945.
  • Karena melihat peluang kemerdekaan yang bisa diupayakan sendiri, Indonesia akhirnya membubarkan BPUPKI sebagai organisasi kemerdekaan yang diinisiasi Jepang.
  • Sebagai ganti BPUPKI lalu PPKI dibuat untuk menunjang kesiapan kemerdekaan independen.
  • Terjadi peristiwa penculikan golongan tua oleh golongan muda dan dikenal sebagai peristiwa Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945
  • Proklamasi kemerdekaan dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945 dan menyatakan Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang merdeka.

2. Contoh Kronik

Kronik bisa jadi dibuat oleh siapa saja karena sejatinya sejarah bisa dicetak oleh siapa saja. Namun perlu diperhatikan bentuknya hanya berupa catatan bukan dalam media lain. Tentu saja kronik historikal dapat ditemukan dalam bentuk tulisan dengan bahasa khusus.

Secara historikal contoh kronik bisa dilihat pada catatan perjalanan atau pengembara yang dulu banyak diutus oleh kerajaan tertentu. Sebut saja seorang penjelajah Cina bernama Fa Hien yang melakukan ekspedisi ke wilayah Tarumanegara dengan hasil meninggalkan kronik perjalanan Asia.

Contoh kronik lainnya bisa ditemukan pada catatan perjalanan seorang penjelajah Cina lain bernama I Tsing dengan jalur ekspedisi Cina menuju India melalui daerah kerajaan Sriwijaya. Kedua catatan historikal ini jadi salah satu bukti kronik sejarah masa lampau.

3. Contoh Sinkronik

Terakhir, sinkronik sendiri bisa dilihat contohnya langsung dari berbagai jejak sejarah Indonesia. Ada banyak media yang bisa disimpulkan sebagai hasil sinkronik baik berupa catatan sejarah, video amatir jaman dulu, hingga tapak sejarah lainnya.

Namun karena hanya berfokus pada kurun waktu tertentu kebanyakan hasil sinkronik digunakan untuk menelaah satu hal dengan fokus lebih dalam. Contohnya saat ini menelaah proses proklamasi kemerdekaan Indonesia, maka video, rekaman radio, hingga catatan proklamasinya bisa digunakan.

Tapi untuk menelaah suatu sejarah dengan cakupan sinkronik bisa jadi akan sedikit terhambat. Biasanya catatan atau bukti sejarah tertentu hanya bisa diakses secara khusus karena kebanyakan merupakan arsip negara atau arsip rahasia.

 

Bila mendapat soal untuk jelaskan pengertian kronologi kronik dan sinkronik maka bisa dijawab dengan sumber pemaparan di atas. Perkaya jawaban soal tersebut dengan menyampaikan contoh setiap istilah agar nilai yang didapatkan lebih sempurna.