Investasi Emas atau Dollar untuk Pemula
investasi emas atau dolar

Investasi Emas atau Dollar untuk Pemula

Investasi emas atau dollar banyak dibicarakan saat ini. Mengingat resikonya terbilang cukup rendah, namun keuntungan yang didapat bisa stabil. Hal tersebut sangat memberi untuk anda, apabila sebagai seorang pemula yang masih bingung akan memulai investasi dari mana.

Di tengah kehidupan ekonomi yang tidak pasti, penyebaran virus covid-19 membuat banyak orang sadar bahwa investasi merupakan faktor terpenting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Pada tahun 2022 saat ini, terjadi banyak inflasi dari berbagai Negara besar.

Hal tersebut membuat banyak Negara mengikuti resesi dan menaikkan harga bahan pokok. Tujuannya agar ekonomi menjadi lebih stabil. Investasi emas atau dollar mempunyai keuntungan dan kerugiannya sendiri. Masing-masing mempunyai resiko dan keuntungannya.

Perlu diketahui bersama, bahwa emas adalah salah satu aset safe haven yang seringkali dapat menyesuaikan kondisi perekonomian dunia yang sedang terjadi. Salah satu keuntungan emas yang bisa Anda dapatkan adalah tidak terlalu terpengaruh dengan inflasi dan nilainya semakin naik dari hari ke hari.

Hal ini bisa Anda jadikan pertimbangan. Perlu dicatat juga, bahwa dollar juga merupakan safe haven dimana nilai nya yang terus menguat dari tahun ke tahun, meskipun sering berubah terkait data inflasi. Memilih investasi emas atau dollar menjadi pilihan anda.

Pilihlah sesuai dengan kebutuhan, dan yang terpenting pilih hal yang sudah benar-benar dipahami. Semua orang yang menanamkan dananya baik di emas atau dollar pasti mengharapkan keuntungan bukan kerugian. Maka dari itu hal tersebut harus diperhatikan.

Keuntungan Investasi Emas atau Dollar

Melalui sebuah riset yang telah dilakukan oleh CNBC Indonesia terkait keuntungan mana yang lebih besar antara keduanya, jawabannya yaitu adalah emas. Hal tersebut telah dibuktikan dengan nilai uang 1 juta pada 20019 dapat ditukar dengan emas seberat 3,23 gram.

Sedangkan pada tahun 2019 harga 3,23 gram sudah mencapai angka 2,99 juta. Hal ini menandakan kenaikan sebesar hampir 110% dalam jangka waktu 10 tahun. Berbeda dengan dollar yang pada 2019 mempunyai nilai $97,56.

Pada 2019, harganya menjadi Rp 1.379.024 jika ditukarkan menjadi mata uang rupiah. Hal tersebut menunjukkan terjadi kenaikan suku bunga sebesar 37,9% dalam jangka waktu 10 tahun. Dari sini, dapat dilihat dengan jelas bahwa investasi emas atau dollar sesuai dengan kebutuhan.

Hal yang perlu menjadi perhatian bersama adalah ketika ingin memilih investasi emas atau dollar, Anda juga harus memikirkan jangka waktu yang telah ditetapkan. Emas memang memiliki keuntungan yang lebih, namun investasi jenis ini lebih cocok untuk jangka panjang.

Berbeda dengan dollar, yang biasanya dimainkan dalam jangka waktu pendek. Jadi, semua tergantung dengan anda, apakah ingin menjadi trader atau ingin menabung untuk jangka waktu panjang yang dapat memberikan keuntungan secara pasti.

Terdapat beberapa tantangan investasi emas atau dollar yang harus Anda pahami. Jika memilih emas, Anda harus pintar menjaga dalam bentuk wujud fisiknya. Berbeda dengan dollar yang mudah terkena inflasi, jadi Anda harus pintar dalam mengatur waktu jual belinya.

Beberapa Tips untuk Investasi Emas

Untuk para pemula yang baru terjun ke dunia investasi, dan masih bingung memikirkan ingin investasi emas atau dollar, Anda wajib mengetahui cara yang sesuai dengan kemampuan. Pastikan memahaminya caranya agar tahu cara mainnya.

Baca juga:  Strategi Trading Forex Pemula Terbukti Ampuh

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan tujuannya, banyak tujuan yang dijadikan target seperti pernikahan, pendidikan atau untuk persiapan hari tua. Kebanyakan orang memilih emas karena dapat memberi keuntungan yang besar dalam jangka waktu tertentu.

Kemudian, Anda bisa membeli emas di tempat yang dapat dipercaya. Umumnya untuk investasi sendiri biasanya lebih menggunakan jenis batangan daripada yang biasa dipakai seperti gelang, cincin, ataupun kalung.

Jika sudah membeli sesuai dengan budget yang dimiliki. Anda juga harus memperhatikan penyimpanan emas yang aman, sehingga aman dari maling atau apapun yang dapat mengancam kehilangan.

Bisa membeli box khusus yang memiliki kunci tersendiri. Jika merasa kurang aman, maka bisa memilih menyimpannya di safe deposit box yang biasanya ditawarkan oleh berbagai bank tempat Anda melakukan berbagai transaksi.

Jika sudah mengetahui tujuan serta cara mengelolanya, Anda bisa melanjutkan untuk fokus ke tujuan tersebut atau masa depan yang telah direncanakan. Jangan gampang terbuai dengan sesuatu yang biasanya membuat Anda memutuskan untuk menjual aset.

Tips Investasi Dollar yang Perlu Diketahui

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di dollar, Anda harus memahami terlebih dahulu istilah kurs jual beli. Secara umum, kurs dikenal sebagai nilai atau harga mata uang dari suatu Negara. Berbeda dengan kurs jual yang merupakan harga jual mata uang.

Perhatikan, tempat jual beli yang sesuai. Contohnya seperti resmi dan terdaftar di ojk. Hal tersebut harus benar-benar diperhatikan untuk keamanan bersama. Jangan lupa untuk membandingkan nilai jual secara rutin.

Jika ingin bermain dollar, yang nilainya cenderung kurang pasti karena tingkat inflasi di negaranya sendiri sangat berpengaruh. Hal yang harus Anda perhatikan adalah gunakan uang dingin, agar ketika memerlukannya dan harga mata uang asing sedang turun, Anda tidak khawatir.

Jual diwaktu yang tepat. Anda harus rajin melihat harga kurang lebih dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Jika harga sudah sesuai lakukan penjualan agar mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Memahami berbagai tips yang sudah kami berikan akan sangat membantu Anda dalam menentukan yang mana yang cocok dengan kepribadian anda. Pilihlah investasi emas atau dollar berdasarkan resiko dan keuntungannya, jangan sampai keliru dalam memilihnya.