Di Antara Cermin Berikut Yang Digunakan Untuk Membuat Periskop Adalah

di antara cermin berikut yang digunakan untuk membuat periskop adalah

Halo, nama saya Si Rajin. Saya seorang penulis profesional yang ingin memberikan informasi bermanfaat dan terpercaya kepada pembaca. Dalam artikel ini, saya akan membahas cermin mana yang digunakan untuk membuat periskop.

Konten Utama

Periskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat objek yang sulit dijangkau atau terlindungi. Ini terdiri dari dua cermin yang ditempatkan secara diagonal di dalam tabung. Cermin-cermin ini memantulkan cahaya sehingga objek di luar tabung terlihat di dalamnya.

Cermin yang digunakan untuk membuat periskop adalah cermin datar. Ada dua jenis cermin datar yang digunakan untuk membuat periskop:

Cermin Datar Biasa

Cermin datar biasa adalah cermin yang memiliki lapisan perak di bagian belakangnya. Ini adalah jenis cermin yang paling umum digunakan untuk membuat periskop. Cermin datar biasa memiliki reflektivitas yang tinggi, yang berarti mereka memantulkan lebih banyak cahaya daripada cermin lain.

Cermin Datar Pelapis Aluminium

Cermin datar pelapis aluminium adalah cermin yang memiliki lapisan aluminium di bagian belakangnya. Ini adalah jenis cermin yang kurang umum digunakan untuk membuat periskop. Cermin datar pelapis aluminium memiliki reflektivitas yang lebih rendah daripada cermin datar biasa, tetapi mereka lebih tahan lama.

Untuk membuat periskop, kedua jenis cermin tersebut dapat digunakan. Namun, cermin datar biasa adalah pilihan yang lebih umum karena mereka lebih murah dan lebih mudah ditemukan.

FAQ

  • Q: Apa perbedaan antara cermin datar biasa dan cermin datar pelapis aluminium?
  • A: Cermin datar biasa memiliki lapisan perak di bagian belakangnya, sementara cermin datar pelapis aluminium memiliki lapisan aluminium di bagian belakangnya.
  • Q: Apa yang dimaksud dengan reflektivitas?
  • A: Reflektivitas adalah kemampuan cermin untuk memantulkan cahaya. Semakin tinggi reflektivitasnya, semakin banyak cahaya yang dipantulkan oleh cermin.
  • Q: Apa yang membuat cermin datar biasa lebih umum digunakan untuk membuat periskop?
  • A: Cermin datar biasa lebih umum digunakan karena mereka lebih murah dan lebih mudah ditemukan.
  • Q: Apa yang harus saya cari saat membeli cermin untuk membuat periskop?
  • A: Pastikan cermin memiliki permukaan yang rata dan tidak ada goresan pada permukaannya. Ini akan memastikan cermin memantulkan cahaya dengan baik.
  • Q: Bagaimana cara membersihkan cermin periskop?
  • A: Gunakan kain lembut dan sedikit air untuk membersihkan cermin periskop. Hindari penggunaan bahan kimia atau cairan pembersih yang bisa merusak permukaan cermin.
  • Q: Apakah saya bisa membuat periskop sendiri?
  • A: Ya, Anda bisa membuat periskop sendiri dengan menggunakan dua cermin datar dan tabung yang tahan cahaya. Ada banyak tutorial online yang dapat membantu Anda membuat periskop.
  • Q: Bagaimana cara menggunakan periskop?
  • A: Letakkan periskop di depan objek yang ingin Anda lihat. Lihatlah melalui salah satu ujung periskop dan Anda akan melihat gambar objek di ujung lainnya.
  • Q: Apa saja kegunaan periskop selain untuk pengamatan militer?
  • A: Periskop juga digunakan dalam industri, seperti di kapal selam dan pesawat terbang, untuk membantu pengamat melihat sekitar mereka.
Baca juga:  Berapa Cara Untuk Menghadapi Persaingan Usaha Antara Lain Kecuali

Keuntungan

Membuat periskop menggunakan cermin datar adalah cara yang murah dan mudah untuk membuat periskop sendiri. Cermin datar biasa juga mudah ditemukan di toko-toko peralatan optik. Selain itu, periskop dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti dalam industri atau untuk hobi.

Tips

Untuk membuat periskop yang efektif, pastikan untuk menggunakan cermin yang berkualitas baik. Pastikan cermin memiliki permukaan yang rata dan tidak ada goresan pada permukaannya. Ketika menggunakan periskop, pastikan untuk memposisikannya dengan benar sehingga Anda dapat melihat objek dengan jelas.

Ringkasan

Cermin datar biasa dan cermin datar pelapis aluminium adalah jenis cermin yang digunakan untuk membuat periskop. Cermin datar biasa adalah pilihan yang lebih umum karena mereka lebih murah dan lebih mudah ditemukan. Periskop dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan dapat dibuat dengan mudah menggunakan cermin datar.