Cara Menghitung Gram ke Ml Lebih Mudah dan Cepat

Menghitung satuan gram ke ml terkadang cukup membuat banyak orang merasa kesulitan. Hal ini wajar sebenarnya karena konversi kedua satuan ini berbeda sehingga harus menggunakan rumus sendiri.

Perlu diketahui gram adalah sistem metrik dari massa dengan simbol huruf g kecil. Sedangkan mililiter atau ml merupakan satuan untuk mengukur volume jadi sangat berbeda antara volume dengan massa.

Satuan volume tersebut bisa juga digunakan untuk menyebutkan satuan dalam bentuk gas. Namun masih jarang digunakan dan sering untuk mengukur dengan satuan liter terutama benda cair.

Lantas bagaimana caranya agar bisa menemukan jawaban perhitungan gram ke ml? Anda tidak perlu khawatir karena bisa membaca rangkuman singkat berikut ini.

Informasi Singkat Tentang Gram dan Mililiter

Terkadang hanya fokus ke bagaimana cara mengukur gram ke ml namun tidak mengetahui informasi dasar tentang kedua satuan ini. Maka penting bagi Anda untuk mempelajari lebih detail tentang gram maupun mililiter.

Gram adalah ukuran banyaknya sebuah benda kemudian dinyatakan dalam satuan berat serta dalam satuan volume. Jika satuan berat tersebut dalam jumlah kecil maka biasanya akan memakai gram sedangkan dalam jumlah besar memakai kg.

Contoh-contoh benda yang biasanya diukur dengan satuan g antara lain:

  1. Emas
  2. Garam
  3. Pupuk
  4. Tepung
  5. Beras, dan lainnya

Sedangkan mililiter adalah satuan untuk menyatakan volume benda yang jumlahnya sedikit. Kalau jumlah benda tersebut banyak maka satuan volume yang digunakan yaitu liter atau disingkat l.

Contoh benda yang jumlahnya diukur memakai satuan mililiter yaitu

  1. Sirup obat-obatan
  2. Air kemasan
  3. Oli
  4. Minyak goreng
  5. Dan lainnya

Dapat disimpulkan kesamaan dari kedua jenis satuan ini yaitu sama-sama digunakan untuk mengukur benda yang jumlahnya sedikit. Sedangkan perbedaannya juga sangat jelas antara berat dan volume.

Baca juga:  1 Kodi Berapa lembar, Berikut Cara Mudah dan Cepat

Untuk merubah gram menjadi mililiter tentu harus digunakan besaran sebagai penghubung keduanya. Besaran yang dimaksud yaitu massa jenis agar konversi gram ke ml bisa dilakukan.

Maka sebelum proses konversi dimulai harus diketahui terlebih dahulu berapa massa jenisnya. Massa jenis yaitu besaran untuk menyatakan massa persatuan volume antara g dan mililiter.

Satuan yang digunakan untuk massa persatuan volume yaitu kg / l, gr / ml dan masih banyak lainnya. Dengan satuan ini maka konversi bisa dilakukan dan dapat ditemukan jawaban bagaimana cara menghitung gram ke ml.

Benarkah 1 Gram Sama dengan 1 Mililiter?

Ternyata masih banyak yang menganggap kalau 1 g sama dengan 1 mililiter atau sebaliknya. Lantas benarkah pendapat tersebut dan apakah bisa dibuktikan dengan menggunakan rumus?

Seperti contoh:

1 kg = 1000 g

1 liter = 1000 ml

Lantas 1000 g air = 1000 mililiter air?

Perlu dipahami lagi jika antara gram dengan miligram merupakan satuan yang berbeda. Jika keduanya dianggap sama maka akan menyalahi aturan karena memang tidak bisa dihitung secara langsung.

Seperti contoh dalam tangga satuan yaitu kg, hg, dag, g, dg dan mg untuk berat benda. Sedangkan tangga satuan untuk volume yaitu kl, hl, dal, l, dl, cl, dan ml.

Jika ingin menghitung g menjadi mililiter maka tidak bisa langsung karena tidak berada dalam satu tangga yang sama. Maka dibutuhkan konversi perhitungan sendiri agar bisa ditemukan jawabannya.

Tidak sulit untuk bisa menghitung konversi asalkan sudah diketahui berapa massa jenis benda tersebut. Dengan begitu Anda bisa menemukan jawaban dari perhitungan konversi gram ke ml yang sudah dilakukan.

Rumus Mengkonversi Gram ke Ml

Perhitungan dari gram ke satuan mililiter tidak bisa langsung dilakukan karena keduanya berbeda jenisnya. Seperti contoh jika dari g ke kg maka bisa langsung dibagi 1000 sedangkan dari kg ke g maka dikali 1000.

Baca juga:  Cara Memainkan Musik Ansambel Ada Dua Macam Yaitu

Begitupun dengan liter ke mililiter bisa dilakukan secara langsung karena dalam satu jenis untuk volume. Maka tidak heran jika dihadapkan soal seperti ini banyak yang masih kebingungan bagaimana cara mengerjakannya.

Mengkonversi dari satuan gram ke ml tentu dibutuhkan rumus massa jenis benda agar bisa didapatkan jawabannya. Rumus tersebut sudah disediakan dan memang biasa digunakan untuk melakukan pengukuran.

Rumusnya:

Massa Jenis = massa / volume

p = m / v

  1. p adalah massa jenis
  2. m adalah massa
  3. v adalah volume

Perlu diketahui volume memiliki beberapa jenis satuan liter, cc, ml dan sejenisnya. Sedangkan massa juga ada beberapa jenis satuannya antara lain gram, kg, ton, kw dan banyak lainnya.

Gram digunakan untuk satuan massa sedangkan mililiter digunakan untuk satuan dalam pengukuran volume. Maka untuk bisa disetarakan harus dikonversi dari liter ke mililiter, mikroliter dan sejenisnya.

Dapat disimpulkan konversi gram ke ml bukan konversi sejenis dimana tidak bisa ditukar secara langsung. Jadi dibutuhkan adanya massa jenis seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Contohnya jika ingin mengkonversi 1 g minyak menjadi satuan mililiter, 1 g tepung juga berapa ml, 1 g gula berapa mililiter. Maka untuk bisa mengerjakan Anda harus mengetahui berapa massa jenis gula, tepung dan minyak tersebut.

Agar lebih memahami penjelasan ini sebaiknya Anda simak contoh soal yang akan dijelaskan di bawah ini.

Contoh Soal Perhitungan Gram Menjadi Mililiter

Terkadang memahami sebuah teori jauh lebih mudah dengan belajar dari contoh-contoh soal secara langsung. Berikut beberapa contoh soal konversi gram ke ml lengkap dengan cara mengerjakannya.

  1. Contoh 1

Diketahui mass jenis minyak goreng 0,92 g/ml dengan berat 460 g.

Cara mengerjakan:

V = m / p

V = 460 g / 0,92 ml

V = 500 g/ml

Jadi dapat disimpulkan volume dari 460 g minyak goreng yaitu 500 mililiter.

  1. Contoh 2
Baca juga:  Carita Baratayuda Kaasup Tina Salasahiji Bagian Carita Wayang

Diketahui massa jenis minyak zaitun yaitu 0,90 g/ml dan dalam botol kemasan berisi 180 g minyak zaitun.

Cara mengerjakan:

V = m / p

V = 180 g / 0,90 ml

V = 200 g/ml

Jadi dapat disimpulkan volume dari 180 g minyak zaitun yaitu 200 mililiter.

  1. Contoh 3

Sebuah botol berisi 600 g alkohol dengan diketahui massa jenisnya 0,8 g/ml.

Cara mengerjakan:

V = m / p

V = 600 g / 0,8 ml

V = 750 g/ml

Jadi dapat disimpulkan volume dari 600 g alkohol di dalam botol yaitu 750 mililiter.

  1. Contoh 4

Diketahui massa jenis dari ekstrak aloe vera atau dikenal dengan lidah buaya yaitu 1,2 g/ml. Jika dalam kemasan terdapat 180 g aloe vera maka berapa volumenya?

Cara mengerjakan:

V = m / p

V = 180 g / 1,2 ml

V = 150 g/ml

Jadi dapat disimpulkan volume dari 180 g aloe vera dalam kemasan yaitu 150 mililiter.

Gram dan mililiter bukan satuan sejenis sehingga untuk bisa mengkonversi dibutuhkan rumus sendiri. Untuk bisa konversi gram ke ml dibutuhkan massa jenis dimana masing-masing benda memiliki massa jenis berbeda.