Cara Menghitung 1 Meter Kubik Berapa Meter, Wajib Tahu!

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung 1 meter kubik berapa meter persegi. Pasalnya, beberapa orang tersebut belum mengetahui rumus untuk menghitung konversi volume massa dari meter kubik (m3) ke meter.

Alhasil, Anda harus mengetahui rumus yang tepat untuk menghitung perubahan volume massa dari meter kubik menjadi meter. Dengan menggunakan rumus tersebut, maka penghitungan perubahan volume massa tersebut menghasilkan angka yang akurat.

Selain mengetahui rumusannya, maka Anda bisa dengan mudah menghitung perubahan volume massa dari 1 meter kubik menjadi meter persegi. Lalu, Anda juga dapat mempelajari dari beragam contoh soal perubahan volume massa dari meter kubik menjadi meter persegi.

Sehingga, Anda bisa menggunakan contoh soal tersebut sebagai latihan untuk menghitung perubahan konversi volume massa dari meter kubik menjadi meter persegi. Oleh karena itu, kami akan membahas dengan lengkap perubahan volume massa dari meter kubik ke meter beserta contoh soal 1 meter kubik berapa meter.

Perbedaan Ukuran Meter Persegi dengan Meter Kubik

Sebelum membahas tentang 1 meter kubik berapa meter persegi, maka ketahui perbedaannya terlebih dahulu. Memang, kedua satuan pengukuran ini memiliki nama yang hampir mirip. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Sebagian orang beranggapan bahwa meter kubik dengan meter persegi ini sama saja. Akan tetapi, ada beragam perbedaan dari satuan ukuran meter kubik dengan meter persegi. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Simbol Satuan Ukuran

Perbedaan yang pertama ada pada simbol satuan ukuran massa. Untuk ukuran meter persegi ini memiliki simbol huruf “m” dengan angka 3 dikuadratkan (m3). Sedangkan, untuk meter persegi memiliki simbol huruf “m” dengan angka 2 dikuadratkan (m2).

  1. Satuan Pengukuran
Baca juga:  Dongeng Sunda Sasatoan

Perbedaan yang kedua adalah satuan pengukurannya. Untuk meter kubik ini ditujukan guna mengukur luas volume suatu massa benda. Sedangkan, untuk meter persegi ini ditujukan guna menghitung berat total suatu massa benda.

 

Jadi, Anda harus paham betul bagaimana cara menghitung 1 meter kubik berapa meter persegi. Sebab, kedua satuan ukuran massa ini memiliki fungsi yang berbeda.

  1. Rumus Penghitungan Volume dan Berat Massa Benda

Perbedaan yang ketiga yakni rumus penghitungan volume serta berat massa benda. Untuk mencari ukuran volume, maka rumus yang digunakan adalah V = P x L x T (panjang dikalikan lebar dan dikali dengan tinggi massa benda).

Sedangkan, untuk mencari berat massa benda, maka rumus yang digunakan yakni V = P x L (panjang dikali dengan lebar massa benda). Jadi, Anda harus mengetahui rumus untuk mencari volume maupun berat massa benda.

Panduan Cara Menghitung 1 Meter Kubik Berapa Meter Persegi

Perlu Anda ketahui bahwa untuk menghitung luas volume massa benda, maka Anda dapat menghitung dengan rumus volume. Artinya, satuan ukuran yang digunakan yakni meter kubik (m3). Anda bisa mengubah konversi dari meter kubik menjadi meter persegi (m2).

Akan tetapi, untuk mengubah satuan pengukuran ini membutuhkan rumus yang harus Anda pahami. Akibatnya, masih banyak orang yang kerap melakukan kesalahan penghitungan saat mengukur 1 meter kubik berapa meter persegi.

Dengan menggunakan rumus tertentu, maka Anda bisa menghitung dengan cermat perubahan satuan ukur dari meter kubik ke meter persegi. Rumus penghitungan meter kubik ke meter persegi ini sangat mudah.

Untuk perubahan satuan pengukuran meter kubik ke meter persegi ini dikalikan dengan 100. Arinya, 1 meter kubik (m3) ini setara dengan 100 meter persegi (m2). Sedangkan, perubahan satuan ukuran dari meter persegi (m2) ke meter kubik (m3) ini juga dibagi dengan 100.

Baca juga:  Peristiwa Perubahan Energi Di Sekolah

Seperti contoh, Anda sedang mengisi tandon air dengan kapasitas maksimal 10 meter kubik (m3). Maka, apabila dikonversikan menjadi satuan meter persegi adalah 1000 meter persegi (m2).

Sedangkan, untuk mengetahui ukuran volume suatu massa benda tentu menggunakan rumus V = P x L x T. Dan untuk mengetahui ukuran berat suatu massa ini menggunakan rumus V = P x L. Jadi, Anda bisa mengetahui ukuran volume dan berat massa benda dengan rumus tersebut.

Tips Menghitung 1 Meter Kubik Berapa Meter Persegi

Sebelum melakukan penghitungan satuan ukuran massa benda, maka Anda harus mengetahui tips sebelum menghitung ukuran suatu massa benda. Ada beragam tips yang bisa Anda terapkan dalam menghitung konversi suatu ukuran massa benda agar mendapat hasil yang akurat.

Jika tidak menerapkan tips tersebut, maka hasil penghitungan satuan ukuran volume maupun berat massa benda dirasa kurang akurat. Bahkan, risiko salah hitung ini bisa saja fatal. Oleh sebab itu, ketahui tips menghitung 1 meter kubik berapa meter persegi.

Tips yang pertama, ketahui fungsi rumus penghitungan mencari massa volume dan berat benda. Sebab, rumus tersebut hanya berlaku untuk massa benda berbentuk persegi maupun persegi panjang saja.

Jika suatu massa benda tersebut tidak berbentuk persegi atau persegi panjang, maka rumus yang digunakan untuk menghitung volume serta berat benda akan berbeda. Tips yang kedua, ketahui pula tangga perhitungan konversi suatu pengukuran massa benda.

Jadi, Anda harus paham betul tingkat tangga perhitungan suatu massa benda mulai dari milimeter sebagai ukuran terendah hingga kilometer sebagai ukuran tertinggi. Setiap kenaikan dan penurunan tangga konversi suatu massa benda ini dikali serta dibagi dengan angka 100.

Contoh Soal Menghitung 1 Meter Kubik Berapa Meter Persegi

Baca juga:  Jelaskan Perbedaan Kontak Sekunder Langsung Dan Tidak Langsung

Setelah mengetahui rumusan untuk menghitung perubahan satuan massa benda dari meter kubik ke meter persegi, maka Anda bisa mempelajari beragam contoh soal yang telah kami sediakan.

Tujuannya tentu sebagai media pembelajaran sebelum melakukan penghitungan volume dan berat massa benda. Jadi, Anda bisa menghasilkan penghitungan yang akurat untuk menghitung 1 meter kubik berapa meter persegi.

Tercatat, ada beragam contoh soal yang bisa Anda adaptasi untuk media pembelajaran. Sehingga, Anda bisa melakukan penghitungan secara akurat. Seperti contoh, sebuah bak pasir memiliki panjang berukuran 1 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1 meter.

Maka, Anda harus menghitung berapa volume luas dari bak pasir. Anda harus menggunakan rumus V = P x L x T. Jadi, V = 1 x 2 x 1. Jadi, total volume tersebut adalah 2 m3. Jika dikonversikan menjadi meter persegi akan dikali dengan 100 menjadi 200 m2.

Dan contoh lain, terdapat sebuah bangunan dengan panjang sekitar 5 meter, lebar, 3 meter, serta tinggi 2 meter. Maka, gunakan rumus V = P x L x T untuk menghitung luas volume bangunan tersebut. Jadi, 5 x 3 x 2 = 30 m3. Jika dikonversikan ke meter persegi maka ukurannya akan dikalikan 100 menjadi 3000 m2.

Banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara satuan ukuran meter kubik (m3) dengan meter persegi (m2). Sehingga, masih banyak orang yang mengalami kesulitan untuk mengkonversi ukuran meter kubik ke meter persegi.

Maka dari itu, ketahui rumus serta contoh soal untuk menghitung 1 meter kubik berapa meter persegi secara akurat.