Cara Menghitung 1 Kg Berapa Liter, Dilengkapi Contoh Soal

Sebagian dari Anda mungkin ada yang belum tau sebenarnya 1 kg berapa liter, dan bagaimana cara menghitungnya. Seperti kita ketahui, satuan liter biasanya sering kali digunakan untuk mengukur benda cair.

Namun taukah Anda, bahwa tidak hanya untuk mengukur benda cari saja. Satuan liter juga dapat digunakan untuk mengukur benda padat, salah satunya contohnya seperti beras.

Tetapi untuk mengukur 1 kg berapa liter, kita tidak bisa langsung mengkonversi kg menjadi satuan liter. Kita membutuhkan besaran lain untuk dapat mengukurnya, nanti kita akan membahasnya dalam artikel ini.

Mengenal Satuan Liter Berikut Ini

Semua orang pasti tidak asing dengan ukuran berat kilogram (kg) dan ukuran volume, liter. Meskipun begitu, mungkin sebagian dari Anda banyak yang belum mengetahui konversi nilai dari kg ke liter.

Sebelum kita membahas 1 kg berapa liter, terlebih dahulu kita perlu mengenal apa itu satuan liter. Liter sendiri berdasarkan system internasional ialah satuan resmi untuk suatu volume.

Istilah liter ini diperkenalkan pertama kali di Negara Prancis pada tahun 1785. Liter sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni litron yang mempunyai arti satuan massa.

Liter dapat dipakai untuk mengukur massa. Biasanya benda zat padat yang dicairkan dan juga zat cair menggunakan liter sebagai ukurannya. Sebelum membahas 1 kg berapa liter.

Anda perlu tahu bahwa nilai dari 1 liter sama dengan 1 decimeter kubik. Simbol resmi untuk satuan liter ialah I (L kecil), tetapi sering kali menggunakan symbol L besar.

Dalam system internasional, satuan dasar volume ialah meter kubik atau disingkat m3. Ada beberapa satuan volume lain yang berbasis m3, di antaranya centimetre kubik (cm3), millimetre kubik (ml3) dan sebagainya.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Satuan Kilogram

Baca juga:  Apa Isi Lagu Awan Putih?

Bila tadi kita sudah mengenal lebih jauh tentang satuan liter. Kini kita akan membahas lebih banyak terkait satuan kilogram atau kg. Sebelum nanti kita membahas cara konversi kg ke liter.

Serta membahas bagaimana cara menghitung nilai dari 1 kg berapa liter. Seperti kita ketahui, kilogram atau kg ialah satuan yang sangat umum dipakai untuk mengukur berat massa dari suatu benda.

Perlu Anda ketahui, kg atau kilogram ini mempunyai satuan dasar gram, 1 gram = 0,001 kg. Atau jika dibalik 1 kg = 1. 000 gram.

Berat massa sebuah benda secara keseluruhan diukur dan dihitung oleh satuan kg atau kilogram. Beberapa satuan massa lain yang berbasis gram ialah cetigram (cg), milligram (mg) dan sebagainya.

Cara Menghitung 1 Kg Berapa Liter

Seperti dibahas sebelumnya, satuan kg atau kilogram merupakan satuan untuk besaran massa (berat). Sementara satuan liter merupakan satuan untuk besaran volume. Besaran massa tidak bisa langsung dikonversi menjadi besaran volume.

Sehingga untuk menghitung 1 kg berapa liter, Anda tidak bisa langsung mengkonversinya begitu saja. Agar dapat mengkonversi besaran massa menjadi volume, dibutuhkan besaran lain yang disebut densitas atau massa jenis.

Massa jenis sebuah benda ialah massa benda tersebut persatuan volume. Adapun rumus massa jenis atau densitas ialah “massa jenis = massa / volume”. Bila benda mempunyai massa m dan volume V.

Maka masa jenisnya (ρ) = m / v

Satuan massa jenis ialah (satuan massa) / (satuan volume) misalnya gram/cc, kilogram/liter dan sebagainya. Berdasarkan rumus massa jenis, maka untuk konversi berta ke volume, ialah :

Volume = massa / massa jenis atau V = m / ρ

Perlu diketahui, air didefinisikan mempunyai densitas atau massa jenis 1 kg/liter. Berdasarkan rumus di atas, maka volume 1 kg berapa liter bisa dihitung dengan cara sebagai berikut :

Baca juga:  Kelipatan Bilangan 6 Yang Kurang Dari 30 Adalah

V = m / ρ

= 1 kg / 1 kg/Liter = 1 L

Itu berarti 1 kg air = 1 liter. Sementara aluminium mempunyai densitas atau massa jenis 2,712 kg/liter. Maka volume dari 1 kg aluminium bisa dihitung dengan cara di bawah :

V = m / ρ

= 1 kg / 2,712 kg/L = 0,369 L

Sehingga 1 kg aluminium = 0,369 Liter.

Berikut Contoh Soal dan Penyelesaian

Tadi kita sudah membahas banyak hal, mulai dari pengertian kilogram (kg) dan juga liter. Hingga bagaimana cara menghitung nilai konversi dari kg ke volume menggunakan massa jenis.

Setelah tadi kita sudah memahami bagaimana cara menghitung 1 kg berapa liter. Berikut ini ada beberapa contoh cara menghitung besaran volume berdasarkan massa jenis dan massa bendanya.

  1. Berapa liter 2 kg minyak yang diketahui mempunyai massa jenis 0,853 kg/liter?

Penyelesaian:

Massa jenis minyak, ρ = 0,853 kg/L

Massa minyak, m = 2 kg

V = m / ρ = 2 / 0,853 = 2,344 L

Sehingga, volume 2 kg minyak tersebut ialah 2,344 liter.

  1. Berapa liter 1 kg beras yang diketahui mempunyai massa jenis 0,960 kg/liter?

Penyelesaian:

Massa jenis beras, ρ = 0,960 kg/L

Massa beras, m = 1 kg

V = m / ρ = 1 / 0,960 = 1,041 L

Jadi, volume dari 1 kg beras tersebut ialah 1,041 liter.

Dengan mengetahui beberapa contoh soal ini, Anda bisa lebih paham nilai dari 1 kg berapa liter. Serta bagaimana cara mengkonversi satuan kg ke liter menggunakan massa jenis.

  1. Berapa liter volume 6 kg Portland yang diketahui mempunyai massa jenis 1,450 kg/liter?

Penyelesaian:

Massa jenis Portland, ρ = 1,450 kg/L

Massa Portland, m = 6 kg

V = m / ρ = 6/1,450 = 4,13 L

Sehingga, volume 6 kg Portland tersebut ialah 4,13 liter.

  1. Diketahui sebuah baja mempunyai massa jenis 6,88 kg/liter. Berapa liter volume 1 kg baja tersebut?

Penyelesaian:

Massa jenis baja, ρ = 6,88 kg/L

Massa baja, m = 1 kg

V = m / ρ = 1/6,88 = 0,145 L

Jadi, volume 1 kg baja tersebut ialah 0,145 liter

  1. Diketahui suatu jenis tepung mempunyai massa jenis 0,750 kg/liter. Berapa liter volume 1 kg tepung tersebut?
Baca juga:  Hamasah Artinya

Penyelesaian:

Massa jenis tepung, ρ = 0,750 kg/L

Massa tepung, m = 1 kg

V = m / ρ = 1/0,750 = 1,333 L

Sehingga volume 1 kg tepung tersebut ialah 1,333 liter

  1. Diketahui suatu jenis arang mempunyai massa jenis 0,256 kg/liter. Berapa liter volume 3,5 kg arang tersebut?

Penyelesaian:

Massa jenis arang, ρ = 0,256 kg/L

Massa arang, m = 3,5 kg

V = m / ρ = 3,5/0,256 = 13,671 L

Sehingga volume 3,5 kg arang tersebut ialah 13,671 Liter

  1. Diketahui, gula pasir mempunyai massa jenis 0,860 kg/liter. Berapa liter volume 2 kg gula pasir tersebut?

Penyelesaian:

Massa gula pasir, ρ = 0,860 kg/L

Massa gula pasir, m = 2 kg

V = m / ρ = 2/0,860 = 2,325 L

Sehingga volume 2 kg gula pasir tersebut ialah 2,325 Liter

Tadi kita sudah mengenal lebih jauh tentang kilogram (kg) dan juga liter lengkap dengan cara menghitung beserta contohnya. Jadi kini, Anda sudah tidak perlu bingung lagi 1 kg berapa liter.