1 centimeter berapa meter

Cara Menghitung 1 Centimeter Berapa Meter, Beserta Contohnya

Sebagian dari kita tentu sudah mengetahui santuan panjang 1 centimeter berapa meter. Karena semenjak kita masih duduk di bangku sekolah dasar, kita sudah diajarkan tentang itu.

Namun bagi Anda yang sudah lupa atau mungkin belum mengerti bagaimana cara menghitungnya, tidak perlu khawatir. Di dalam artikel ini kita akan membahasnya secara detail dan lengkap.

Tetapi sebelum itu, Anda perlu mengetahui pengertian satuan panjang centimeter dan meter secara detail. Barulah setelah itu kita akan membahas cara menghitung 1 centimeter berapa meter lengkap dengan contoh soalnya.

Pengertian dari Centimeter Wajib Diketahui

Kita semua tentu tidak asing dengan satuan panjang centimeter (cm) dan juga meter (m). Kini terlebih dahulu kita pahami tentang pengertian dari centimeter atau cm secara detail.

Sebelum nanti kita membahas tentang nilai dari 1 centimeter berapa meter beserta cara menghitungnya. Centimeter atau biasa disingkat cm merupakan satuan panjang yang terdapat di dalam sistem metrik.

Di mana sama dengan 1/100 meter. Satuan panjang cm sendiri menjadi awalan sistem Satuan Internasional dengan mempunyai faktor 1/100. Perlu diketahui, centimeter termasuk satuan dasar untuk ukuran panjang.

Pada sistem satuan (CGS), centimeter – gram – detik yang kini sudah tidak digunakan lagi. Jika dilihat dari turunannya, centimeter (cm) ini termasuk turunan dari meter (m).

Simak Pengertian dari Meter Berikut

Tadi kita telah membahas tentang pengertian di dari satuan panjang centimeter atau cm. Kini kita akan membahas pengertian dari m atau meter secara detail.

Sebelum nanti kita membahas tentang 1 centimeter berapa meter beserta dengan cara menghitung dan contohnya. Meter atau m merupakan satuan dasar pada ukuran panjang di dalam sistem Satuan Internasional.

Satuan meter ini merupakan sebuah satuan yang sering dipakai untuk dijadikan acuan. Sebenarnya, satuan meter tersebut didefinisikan sebagai sebuah jarak yang sudah ditempuh dalam perjalanan cahaya.

Pada vakum atau ruang hampa selama 1 / 299.792.458 detik. Satuan meter ini disingkat m, bisa ditulis metre dalam bahasa Inggris atau meter dalam ejaan Amerika.

Negara yang menggunakan satuan meter ini ada Negara Indonesia dan beberapa Negara Asia lainnya. Mengkonversi ukuran panjang dalam bentuk satuan lain ke dalam satuan meter, itu sangat penting.

Cara Menghitung 1 Centimeter Berapa Meter

Sebelumnya kita sudah membahas secara lengkap tentang pengertian dari satuan panjang centimeter (cm) dan juga meter (m). Kini kita telah sampai kepada pembahasan utama kita.

Yakni nilai dari 1 centimeter berapa meter beserta cara menghitungnya. Sebenarnya untuk menghitung cm ke meter sangatlah mudah, kita bisa menggunakan tangga konversi atau tangga satuan panjang.

Sama seperti dahulu, sewaktu diajarkan di sekolah dasar, dalam menghitungnya kita menggunakan tangga satuan panjang. Di dalam tangga satuan panjang, posisi centimeter lebih rendah 2 tingkat dari meter.

Semua itu berlaku pada setiap konversi apapun. Jadi sebelum menghitung nilai dari 1 centimeter berapa meter, Anda perlu tau bila unit yang akan dikonversikan ada di posisi lebih rendah.

Maka harus didistribusikan atau dibagikan, begitu pula sebaliknya. Apabila unit yang akan dikonversikan ada di posisi lebih tinggi, maka harus dikalikan. Setiap turun satu tingkat dikali 10.

Jadi jika turun 1 tingkat dikali 10, turun 2 tingkat dikali 100, begitu seterusnya. Sama halnya bila naik 1 tingkat dibagi 10, naik 2 tingkat dibagi 100, begitu seterusnya.

Sehingga nilai dari 1 centimeter berapa meter ialah 0,01. Sebab dari centimeter ke meter naik 2 tangga, jadi harus dibagi 100, karena setiap tingkat dibagi atau dikali 10.

1 cm = 1: 100 = 0,01 meter

Baca juga:  1 Jam 15 Menit Berapa Detik Ketahui

Rumus tersebut juga berlaku bagi bilangan desimal. Misalnya seperti 1,5 cm akan dikonversikan ke dalam meter. Maka tinggal dibagi saja dengan 100, hasilnya 0,015 meter.

Contoh Soal dan Pembahasan yang Bisa Dijadikan Referensi

Tadi kita sudah membahas mulai dari pengertian satuan panjang centimeter (cm) dan juga meter (m) secara detail. Serta bagaimana cara menghitung atau mengkonversinya ke dalam meter.

Kini kita akan membahas beberapa contoh soal dan juga pembahasannya. Agar Anda bisa lebih memahami lagi bagaimana cara menghitung 1 centimeter berapa meter serta cara mengkonversikan cm ke meter.

  1. Tinggi sebuah papan tulis ialah 200 cm. Bila diubah menjadi meter, berapa tinggi papan tulis tersebut dalam ukuran meter?

Pembahasan:

Rumus: cm : 100 = … m

200 : 100 = 2 meter

Sehingga, tinggi papan tulis tersebut dalam ukuran meter ialah 2 m.

  1. Sebuah tongkat panjangnya 250 cm. Bila diubah menjadi meter, berapa panjang tongkat tersebut?

Pembahasan:

250 : 100 = 2,5 m

Jadi, tinggi panjang tongkat tersebut di dalam ukuran meter ialah 2,5 m

Dengan mengetahui beberapa contoh ini, Anda akan lebih memahami bagaimana cara konversi dari centimeter ke meter. Termasuk juga bagaimana cara menghitung 1 centimeter berapa meter.

  1. Sebuah penggaris tingginya 2/4 cm. Jika diubah ke dalam meter, berapa tinggi penggaris tersebut?

Pembahasan:

2/4 : 100 = 200 m

Sehingga, tinggi penggaris tersebut dalam ukuran meter ialah 200 m.

  1. Panjang sebuah buku ialah 20,5 cm. Bila diubah menjadi meter, berapa panjang buku tersebut?

Pembahasan:

20,5 : 100 = 0,205 m

Jadi, panjang buku tersebut dalam ukuran meter ialah 0,205 m.

  1. Diketahui jarak antara pohon mangga dan juga pohon jambuialah 500 cm. Berapa meter jarak pohon mangga dan juga pohon jambu?

Pembahasan:

500 : 100 = 5 m

Jadi, jarak antara pohon mangga dan juga pohon jambu ialah 5 m.

  1. Diketahui panjang penggaris Rina 30 cm, sedangkan panjang penggaris Leni 50 cm. Berapa panjang penggaris keduanya dalam meter?

Pembahasan:

Penggaris Rina: 30 : 100 = 0,3 m

Penggaris Leni: 50 : 100 = 0,5 m

Jadi, panjang penggaris Rina dan juga Leni dalam meter ialah ialah 0,3 m dan juga 0,5 m.

  1. Di sebuah ruangan ada sebuah tangki yang tingginya ialah 250 cm. Serta sebuah kotak yang tingginya 4/5 cm dan juga wadah tingginya 150 cm. Berapa tinggi masing-masing benda tersebut dalam ukuran meter?

Pembahasan :

Tinggi tangki : 250 cm = 2,5 m

Tinggi kotak : 4/5 cm = 0,008 m

Tinggi wadah : 150 cm = 1,5 m

Jadi, tinggi tangki, kotak dan juga sebuah wadah di dalam ukuran meter ialah 2,5 m, 0,008 m dan juga 1,5 meter.

  1. Melati mengukur tinggi sebuah bunga 30 cm. Beberapa bulan kemudian tingginya bertambah 60 cm. Berapa pertambahan tinggi bunga tersebut dalam meter?

Pembahasan:

Tinggi bunga hari pertama: 30 cm

Tinggi bunga hari berikutnya: 60 cm

Pertambahan tingginya: 60 cm – 30 cm = 30 cm = 0,3 meter

Sehingga pertambahan tinggi bunga tersebut ialah 0,3 meter.

Kita telah membahas banyak hal, mulai dari pengertian, cara menghitung hingga beberapa contoh soal dan juga pembahasannya. Jadi, kini Anda tidak perlu bingung lagi dengan pertanyaan 1 centimeter berapa meter.