Cara Menghitung 1 Byte berapa Bit Termudah

Menghitung 1 byte berapa bit sebenarnya merupakan sesuatu yang sangat mudah. Tetapi masalahnya, tidak banyak orang yang mengetahui cara konversi byte ke bit. Cara konversi ini sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Namun sebelum paham mengenai cara konversi, ada baiknya memahami dulu tentang pengertian dari byte dan bit. Perlu diingat, kedua hal ini bukan sesuatu yang sama. Memang keduanya sama-sama digunakan sebagai satuan penyimpanan data.

Namun keduanya berada di tingkat yang berbeda. Ini jelas tidak sama dengan pemahaman masyarakat sekarang. Itu karena, kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap kalau byte ini sama dengan bit. Perlu diketahui, pemahaman tersebut adalah kesalahan.

Mengenal Apa Itu Byte dan Bit ?

Jika menganggap kalau keduanya sama, Anda bisa saja tertipu ketika membeli kuota internet atau memasang wifi dengan kecepatan tertentu. Oleh karena itu, penting untuk memahami dulu 1 byte berapa bit.

Dengan memahami hal tersebut, kemungkinan terjadinya proses penipuan akan menurun. Sebagai contoh, Anda pasti pernah menggunakan wifi dengan kecepatan hingga 3 Mbps per second. Namun saat memakainya, kecepatan dari wifi tersebut terasa tidak sampai 1 Mbps.

Beberapa dari Anda pasti menganggap kalau kecepatannya menurun karena digunakan oleh banyak orang. Pemahaman tersebut memang benar. Namun perlu dilihat dulu, apakah yang dimaksud disini adalah kecepatan dalam bentuk byte atau bit.

Salah satu kesalahan umum masyarakat di zaman ini adalah tidak memahami 1 byte berapa bit. Hal tersebut jelas merupakan kesalahan yang sangat besar. Dengan tidak mengetahui perbedaan byte dan bit, perhitungan dari penggunaan data tidak akan bisa dilakukan.

Namun sebelum itu, ada baiknya memahami dulu tentang byte dan bit. Lagipula, memahami keduanya bukan satu hal yang sangat rumit hingga sulit dipahami.

  1. Bit
Baca juga:  Sebutkan Jenis-Jenis Kayu Dan Sebarannya

Hal pertama yang akan dibahas dalam ulasan tentang 1 byte berapa bit adalah pengertian dari bit. Bit adalah singkatan dari binary digit. Binary digit atau bit ini adalah satuan terkecil yang ada dalam satuan penyimpanan komputer.

Oleh karena itu, tidak ada angka yang lebih kecil dari 1 bit. Usia dari bit ini sendiri sudah cukup tua. Itu karena, prinsip bit pertama kali dipekernalkan pada tahun 1947. Ketika itu, sosok yang memperkenalkannya adalah John W. Tukey.

Tentu perkembangan dari istilah bit ini tidak selesai sampai di sini. Setahun setelahnya, Claude E. Shannon juga menggunakan istilah bit ketika membuat karya ilmiahnya. Kejadian tersebut terjadi tepatnya pada tahun 1948.

Darisana, istilah bit ini menjadi semakin populer. Inti dari bit ini mirip dengan sebuah saklar yang hanya bisa menyala atau mati. Oleh karena itu, bit hanya berisi angka 0 atau 1. 0 bisa diartikan sebagai kondisi dimana sistem mati.

Tentu untuk angka 1, ini digunakan sebagai tanda kalau sistem menyala. Sebenarnya dari pengertian kalau bit adalah satuan terkecil, sudah ada bayangan mengenai pertanyaan 1 byte berapa bit. Dapat disimpulkan kalau bit pasti lebih kecil dari byte.

Untuk menyebut istilah bit sendiri, huruf b sering digunakan sebagai singkatan. Namun ada juga yang menggunakan Sh sebagai sebutan bit. Walaupun memang, penggunaan kata Sh tersebut sekarang tidak terlalu populer.

  1. Byte

Ulasan lengkap mengenai byte juga perlu ditambahkan ketika membahas 1 byte berapa bit. Byte adalah gabungan dari beberapa byte. Kemunculannya dilakukan untuk mempermudah proses perhitungan. Itu karena, satuan bit dirasa terlalu kecil ketika digunakan.

Namun karena kata yang digunakan sama-sama berawalan huruf b, sering ada kesulitan dalam proses penulisan. Itu karena, keduanya sering menggunakan huruf b sebagai simbol. Namun pada akhirnya, terdapat perbedaan antara simbol untuk byte dan bit.

Baca juga:  Ketukan Yang Sama Dan Berulang Disebut

Jika sebelumnya sudah dijelaskan kalau bit menggunakan huruf b kecil, byte menggunakan huruf B kapital. Dalam penggunaannya sendiri, satuan byte ini terkadang masih dirasa terlalu kecil. Oleh karena itu, dibuatlah satuan turunan yang lebih besar.

Contoh satuan turunannya seperti KB atau kilobyte, MB atau megabyte, GB atau gigabyte, hingga TB atau terabyte. Walaupun jarang digunakan, ada juga istilah bernama YB atau Yottabyte. Ini adalah ukuran tertinggi dari byte yang empat tingkat lebih tinggi dari TB.

Mengenal sejarah cukup penting ketika mengulas 1 byte berapa bit. Itu karena, usia dari byte ini juga cukup tua. Byte pertama kali muncul pada tahun 1956 oleh ilmuwan bernama Dr. Werner Buccholz. Di Indonesia sendiri, byte sering disebut dengan istilah bita.

Walaupun memang, di masyarakat kata bita tersebut tidak terlalu populer. Oleh karena itu, istilah byte lebih umum digunakan dalam proses pengiklanan dan sejenisnya.

Cara Menghitung 1 Byte Berapa Bit

Menghitung 1 byte berapa bit sebenarnya cukup mudah. Itu karena, prinsip dari byte sendiri adalah kumpulan dari beberapa bit. Atau lebih tepatnya, 1 byte sama dengan 8 bit. Prinsip 1 : 8 ini bisa terus digunakan untuk pertanyaan serupa.

Misal Anda ingin mengetahui 10 byte berapa bit. Untuk menjawabnya, cukup kalikan angka 10 tersebut dengan 8. Di sini akan ditemukan jawaban kalau 10 byte sama dengan 80 bit. Sebenarnya ini juga sangat membantu ketika Anda melihat kecepatan internet.

Misal terdapat provider yang menawarkan kecepatan internet 8 Mbps. Karena istilah byte lebih populer dari bit, beberapa orang menganggap kalau kecepatan internet provider tersebut adalah 8 megabyte per second.

Padahal huruf yang digunakan di sana adalah b kecil. Oleh karena itu, yang dimaksud di sini adalah 8 mega bit per second. Untuk mengetahui kecepatan dalam byte, Anda perlu mengonversinya dengan membagi angka tersebut dengan angka 8.

Baca juga:  Contoh Garis Gabungan

Oleh karena itu, didapat kesimpulan kalau kecepatan datanya adalah 1 megabyte per second. Ini jelas menjadikan kecepatan internet provider tersebut jauh lebih kecil.

Bit dan Byte Memiliki Beberapa Perbedaan Mencolok

Dari ulasan mengenai 1 byte berapa bit ini, nampak sudah ada beberapa perbedaan yang mencolok. Perbedaan ini sebenarnya bisa terus Anda jadikan patokan. Oleh karena itu, berikut sedikit kesimpulan dari beberapa perbedaan tersebut.

  1. Simbol

Kesimpulan pertama dari perbedaan antara byte dan bit terletak pada simbol. Jika byte disimbolkan dengan B kapital, bit disimbolkan dengan b kecil. Oleh karena itu, jangan sampai tertukar antara keduanya.

  1. Nilai

Kesimpulan kedua yang bisa diambil pada ulasan mengenai 1 byte berapa bit ini terletak pada nilai. Byte adalah 8 bit yang bergabung menjadi 1. Oleh karena itu, 1 byte sama dengan 8 bit.

  1. Penyimpanan Data

Hal selanjutnya yang bisa dipahami berhubungan dengan penyimpanan data. Normalnya, penyimpanan data menggunakan byte sebagai satuan. Ini wajar mengingat angka yang digunakan harus besar.

  1. Kecepatan Internet dan Transfer Data

Berbeda dengan penyimpanan data, kecepatan internet dan transfer data menggunakan bit sebagai satuan pengukur. Ini terlihat jelas pada penggunaan huruf b yang biasanya tidak kapital.

Pemahaman mengenai bit dan byte ini pasti sangat membantu. Dengan memahaminya, kemungkinan Anda tertipu dalam kehidupan sehari-hari akan mengecil.

Walaupun memang, penipuan semacam ini sekarang sudah semakin umum. Oleh karena itu, penting untuk memahami 1 byte berapa bit dan perbedaan dari keduanya.