1 ampere berapa volt

Cara Hitung 1 Ampere Berapa Volt Mudah Pakai Rumus

Mengetahui 1 ampere berapa volt sangat penting untuk diketahui terutama bagi Anda yang ingin memahami bidang kelistrikan. Tidak mengetahui satuan volt, ampere dan watt sama saja Anda tidak memahami teori dasar dari bidang listrik.

Untuk menghitung 1 ampere bisa berapa volt bisa dilakukan dengan beberapa cara salah satunya memakai rumus. Tidak hanya bermanfaat untuk orang yang ingin medalami bidang kelistrikan, mengetahui cara menghitung satuan listrik juga sangat berguna bagi manusia pada umumnya.

Karena saat ini hampir semua barang rumah tangga adalah alat elektronik yang menggunakan arus DC atau AC. Jadi sangat penting untuk memperhitungkan kebutuhan listrik rumah tangga dengan baik dengan mengetahui 1 ampere berapa volt.

Pengertian Lengkap Satuan Listrik Volt dan Ampere

Volt atau Voltage merupakan standar staun listrik untuk menunjukan sebuah nilai di dalam listrik tersebut. volt ini juga biasanya disebut sebagai tegangan yang bisa diukur. Alat pengukurnya voltmeter atau multitester.

Satuan listrik ini dibagi menjadi dua macam atau dua tipe yang berbeda diantaranya AC dan DC. AC merupakan tegangan bolak balik sedangkan DC adalah tegangan yang searah. Berbeda dengan Volt, Ampere merupakan satuan yang menunjukan arus listrik.

Satuan ini akan menunjukan arus listrik yang digunakan atau berapa besar sebuah barang atau benda dialiri listrik. Biasanya bisa dilihat atau diukur menggunakan alat yang dinamakan multitester dan juga tang ampere.

Satuan ampere tidak biasa ditemukan pada barang elektronik biasa, tetapi Anda pasti sering menjumpainya dalam spesifikasi pompa air. Biasanya satuan ampere yang digunakan untuk pompa air adalah 1 Ampere dengan tegangan 220 V AC.

Satuan Ampere sendiri akan sering digunakan untuk menentukan pengaman listrik yang biasa disebut juga MCB. Pada saat membeli MCB biasanya Anda akan langsung ditanyakan akan mengambil yang berapa ampere dari mulai 2A sampai dengan 4A.

1 Ampere berapa volt menjadi pertanyaan biasanya saat sedang menghitung berapa tegangan listrik yang diperlukan untuk 1 Ampere. Satuan ini juga biasanya bisa dihitung dalam 3 Phae dan 1 Phase.

Berikut Jenis-Jenis dari Satuan Voltage

Seperti yang diketahui satuan Voltage ini dibagi menjadi dua tipe AC dan juga DC. Sebelum mengetahui 1 Ampere berapa volt Anda harus tahu dulu tipe voltase yang digunakan antara AC dan CD.

  1. AC

Alternating current atau sering disebut sebagai AC adalah arus listrik yang bolak balik, jadi arus pada tipe AC dihasilkan oleh generator yang bisa menghasilkan listrik tetapi besarannya selalu berubah setiap waktu.

Arus bolak balik ini akan membentuk sebuah gelombang frekuensi yang akan membentuk sinus. Selain generator, sumber dari arus listrik bertipe AC ini adalah PLN, genset, dinamo sampai dengan turbin angin.

Biasanya dimanfaatkan oleh PLN untuk menjadi sumber daya dan dialirkan pada perangkat elektronik saat ini. biasanya barang elektronik yang menggunakan tipe AC adalah mesin cuci, kompor listrik, pendingin ruangan, pompa listrik hingga masih banyak lagi.

Tetapi ada beberapa barang elektronik juga yang harus mengetahui 1 ampere berapa volt agar tidak salah menggunakan satuan listriknya.

  1. DC

Direct Current atau sering disebut juga sebagai DC adalah arus listrik yang searah biasanya akan mengalir dari kutub – (negatif) menuju ke kutub + (positif). Aliran tersebut akan membuat lubang yang membawa muatan bersifat positif menuju kutub lainnya.

Arus DC ini digolongkan menjadi tiga, pertama sebagai sumber arus listrik primer seperti element volta, elemen daniel dan lainnya, kedua sumber arus listrik sekunder seperti aki, elemen alkaline dan lainnya, dan terakhir sebagai sumber arus listrik mekanis seperti dinamo, stop kontak dan lainnya.

Arus ini biasa ditemukan juga pada beberapa barang elektronik rumah tangga seperti komputer, Laptop, Lampu LED dan masih banyak lagi.

Baca juga:  1 Tumbak Berapa Meter, Begini Cara Konversi Nilainya

Arus listrik sangat berhubungan erat dengan tegangan listrik jadi sangat penting menggunakan beberapa cara dari mulai alat ukur sampai dihitung secara manual menggunakan rumus.

1 Ampere Berapa Volt Menggunakan Rumus

Saat membicarakan Voltase, Anda akan mengingat Alessandro Volat seorang fisikawan yang mengembangkan baterai pada tahun 1800. Volta sebagai ilmuwan membuat baterai dan atas penemuannya yang berguna satuan potensial listrik dinamakan Volt sebagai bentuk penghargaan.

1 Ampere Berapa Volt bisa dihitung dengan menggunakan rumus yang sangat mudah. Agar bisa mencari Volt Anda harus mengetahui Ampere atau Arus listrik dan Hambatan (Ohm). Setelah mengetahui besarannya Anda bisa masukkan ke dalam rumus berikut ini.

V = I x R, dengan penjelasan V merupakan lambang untuk tegangan atau Volt, I merupakan lambang yang biasa digunakan untuk Arus atau Ampere sedangkan R merupakan lambang untuk Hambatan.

Biasanya 1 Ampere ini sama dengan 220V dan 220 Watt, nila voltase yang biasanya ada pada tegangan AC adalah 110V AC, 220V AC, 380V AC sampai dengan 500.000V AC atau 500kV AC. Sedangkan nilai yang biasanya pada DC adalah 1,5V DC, 5V DC, sampai dengan 24V DC.

Beberapa istilah yang mungkin Anda temui dan harus mengerti antara lain KV merupakan singkatan dari Kilo Volt. Biasanya digunakan untuk tegangan listrik yang mencapai 1000 Volt atau lebih.

KVA adalah istilah yang dibuat untuk Kilo Volt Ampere, biasanya satuan ini akan dihasilkan melalui rumus perhitungan daya. Tapi dengan catatan daya yang dihasilkan bukan daya yang sebenarnya.

Ampere merupakan satuan listrik selanjutnya biasanya disimbolkan dalam rumus menggunakan I karena dalam bahasa inggris disebut juga Intesity. Jadi 1 Ampere berapa volt dengan rumus tersebut sudah bisa dijawab.

Cara Cari 1 Ampere Berapa Volt Menggunakan Alat Ukur

Selain menggunakan rumus diatas, untuk bisa menemukan ukuran volt Anda juga bisa menggunakan alat ukur. Alat ukur khusus untuk menghitung Volt adalah Volt meter, peralatan elektronik biasanya menggunakan alat ini untuk bisa melakukan pengawasan nilai tegangan.

Prinsip kerja dari alat ini menggunakan jarum penunjuk yang digerakan karena adanya gaya magnet yang timbul. Pergerakan tersebut akan tercipta karena adanya interaksi antara medan magnet dan arus listrik tersebut.

Simpangan yang dihasilkan menggerakan jarum akan sebanding dengan kuat arus listrik yang mengalir. Peningkatan yang terjadi pada simpangan akan membuat pergerakan jarum menunjuk ke nilai pengukuran yang lebih besar.

Alat untuk menghitung 1 ampere berapa volt ini juga berfungsi buat mengukur tegangan listrik dalam satuan tertentu. Alat ini juga memiliki batas ukur sendiri, dengan voltmeter bisa memperlihatkan ukuran dari mulai miliVolt, Volt, mikroVolt dan terakhir KiloVolt.

Selain Voltmeter analog yang ditunjukan nilainya menggunakan jarum, ada jenis lain yang bisa Anda gunakan yaitu Voltmeter digital. Prinsip kerja dari voltmeter digital ini adalah mengubah tegangan masukan analog menjadi digital.

Pemakaian analog ke digital ini dilakukan hanya untuk tegangan listrik yang bernilai kecil saja, jika tegangan tinggi akan diukur menggunakan voltmeter digital ini biasanya akan didahului dulu menggunakan potensiometer.

Selain mengukur 1 ampere ini berapa volt, voltmeter juga memiliki kegunaan antara lain mengukur potensial elektrostatik, mengukur induksi magnetik hingga melakukan praktikum dan penelitian kimi di laboratorium.

Jadi, tidak hanya ahli bidang listrik saja yang harus mengetahui satuan listrik Volt, Watt, ampere dan ohm. Bagi kaum awam juga sangat penting mengetahui 1 ampere berapa volt agar bisa menghindari kurang daya atau kelebihan daya di rumah tangga.