Bingung 1 Yard Berapa M? Temukan Jawabannya Berikut Ini!

Jika Anda belum mengetahui 1 yard berapa m sebenarnya sangat wajar karena satuan ini tidak dipakai di Indonesia. Termasuk di beberapa negara juga memiliki perbedaan perhitungan dalam satuan jarak tersebut.

Jadi jangan heran jika 1 yard di Amerika berbeda dengan Inggris dan termasuk di Indonesia. Pada umumnya perhitungan jarak di Indonesia memakai meter sedang di luar negeri memakai yard dan miles.

Maka untuk mengetahui konversi jarak 1 yard berapa m harus dihitung terlebih dahulu. Tidak sulit perhitungannya dengan memakai rumus sederhana sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Berikut akan dijelaskan tentang perbedaan kedua satuan tersebut, rumus, contoh soal dan lengkap dengan cara menghitungnya.

Sekilas Tentang Satuan Yard dan Meter

Membahas tentang 1 yard berapa m memang sangat menarik sebagai ilmu dasar dalam perhitungan jarak. Namun sebelum membahas lebih jauh maka sangat penting memahami apa itu yard dan apa itu meter.

Setidaknya Anda harus mengetahui pengertian dua satuan ini agar lebih mudah belajar tentang rumusnya. Yard sendiri adalah satuan pokok yang biasa digunakan untuk mengukur panjang dan jarak.

Yard disingkat dengan yard menjadi Satuan Internasional atau SI sehingga digunakan juga oleh negara lain. Menurut dasar internasional, yard sama dengan 36 inchi atau 3 kaki dengan memakai satuan yard persegi.

Untuk ukuran yard internasional terutama pada negara Amerika Serikat menetapkan 1 yd setara 0,9144 meter. Sedangkan untuk negara Britania Raya juga memakai acuan yang sama yaitu 0,9144 meter.

Di Britania Raya penetapan ukuran tersebut jelas disebutkan dalam Weights and Measures Act 1963. Merupakan Undang-Undang Pengukuran dan Berat yang ditetapkan pada tahun 1963 pasal 1(1).

Setelah mengetahui tentang yard maka sebaiknya Anda memahami juga informasi dasar tentang meter. Meter merupakan satuan panjang yang sudah diatur resmi dalam Satuan Internasional.

Baca juga:  Gerakan Dasar Pada Permainan Bola Estafet Adalah...

Satuan meter didefinisikan dengan nilai numerik berdasarkan laju cahaya dalam ruangan hampa. Meter sendiri dikenal dengan simbol m dan sudah biasa digunakan sehingga sangat familiar.

Dalam perhitungan satuan ini secara umum menggunakan tangga untuk memudahkan mengingat nilai satuannya. Tangga satuan tersebut jika turun maka dikalikan 10 dan kalau naik maka dibagi 10.

Lantas 1 yard berapa m dan apakah bisa dikonversikan sehingga mengetahui jawabannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini dan perhatikan contoh soal agar bisa membantu memahami cara perhitungannya.

Konversi Yard (yd) ke Meter (m)

Konversi adalah perubahan sistem perhitungan ke sistem lainnya karena tidak dalam satu jenis satuan. Seperti yd dan m dimana keduanya sangat berbeda sehingga dibutuhkan rumus tersendiri untuk mengerjakannya.

Sebagai contoh jika dikonversikan maka bisa diketahui hasilnya seperti berikut:

1 yd = 0,9144 m

Dari konversi tersebut maka bisa dengan mudah menemukan perhitungan 1 yard berapa m. Dapat disimpulkan hasil yang didapatkan yaitu 0,9144 m atau justru sebaliknya 1 m berapa yd.

Jenis konversi kedua yaitu dari yd ke inch dan feet dimana masing-masing memiliki rumus tersendiri. Secara umum satuan satu ini digunakan untuk menghitung panjang kain seperti contoh 1 yd = 0,9144 m.

Perlu diketahui kalau yd memiliki hubungan dengan satuan panjang menggunakan sistem imperial. Misalnya memakai satuan kaki dan inchi, berikut contoh soal lengkap dengan penjelasannya.

1 yd setara dengan 3 ft atau kaki dan menjadi 0,9144 meter. Jika dalam satuan inchi maka 2 yd sama dengan 36 inchi dan sama juga dengan 0,9144 meter.

Jenis ketiga yaitu konversi satuan panjang yard ke berbagai jenis satuan antara lain:

  1. 1 yd = 0,0009144 km
  2. 1 yd = 0,009144 hm
  3. 1 yd = 0,09144 dam
  4. 1 yd = 0,9144 m
  5. 1 yd = 9,144 dm
  6. 1 yd = 91,44 cm
  7. 1 yd = 914,4 ml
Baca juga:  Muhun Artinya: Penjelasan Dan Contoh Penggunaannya

Dari informasi tersebut setidaknya bisa menjawab pertanyaan 1 yard berapa m dengan mudah dan cepat. Termasuk jika disajikan dalam bentuk ukuran lain maka hanya perlu cek tabelnya saja.

Rumus untuk Menghitung Yard ke Meter

Meskipun sudah dijelaskan di atas tentang 1 yard berapa m dan bisa langsung ketemu. Namun perlu Anda ketahui terdapat rumus yang bisa dipelajari untuk memastikan perhitungan secara tepat.

Rumusnya sangat sederhana dan sudah pasti Anda bisa menghitungnya sendiri. Dengan rumus tersebut perhitungan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Meskipun Anda tidak ahli dalam matematika atau berhitung namun jangan khawatir karena rumusnya sangat sederhana. Dari penjelasan di atas diketahui jika 1 meter adalah 0,9144 yd.

Maka rumusnya:

m = yd x 0,9144

Dengan menggunakan rumus tersebut membuat Anda jauh lebih mudah menemukan jawaban 1 yard berapa m. Termasuk jika data yang harus dihitung cukup besar nilainya karena semua bisa dilakukan secara mudah.

Rumus ini sudah paten dan tidak bisa dirubah seenaknya karena sudah standar internasional. Anda hanya perlu mengembangkan pengetahuan diri agar bisa mengerjakan soal ini dengan cepat dan tepat.

Jika perhitungannya terlalu banyak maka Anda bisa menggunakan trik rahasia berikut ini:

  1. Gunakan kalkulator untuk menghitung konversi satuan.
  2. Masuk ke ms. Excel kemudian buat perhitungan otomatis.
  3. Kemudian buatlah rumus dengan perhitungan perkalian sendiri.

Dengan membuat rumus sendiri maka akan memudahkan Anda melakukan pengecekan ketika dibutuhkan. Setidaknya perhitungan tentang 1 yard berapa m bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan tepat.

Cara ini lebih efektif dibandingkan menghitung dengan cara manual karena pasti memakan waktu dan tenaga.

Contoh – Contoh Soal Perhitungan 1 Yard Berapa Meter

Agar lebih memperdalam tentang 1 yard berapa m maka Anda harus mengetahui lebih detail dengan contohnya.

Baca juga:  1 Kodi Berapa Helai, Ternyata Ini Jawabannya

Contoh Soal 1:

Panjang sebuah galah yaitu 3,5 yd kemudian hitung panjang galah dalam satuan meter.

Diketahui:

1 yd = 0,9144 m

Maka 3,5 yd = 3,5 x 0,9144 m = 3,2004 m

Dari perhitungan tersebut dapat diambil hasil akhirnya yaitu 3,2004 meter.

Contoh soal 2:

Contoh kedua ini sangat diperlukan agar Anda bisa lebih paham tentang 1 yard berapa m. Dengan adanya contoh ini setidaknya memudahkan kamu dalam berbagai jenis konversi satuan.

Sebuah tiang tingginya 8 yd kemudian ingin dirubah ke cm agar mengetahui hasilnya. Diketahui 1 yd adalah 91,44 cm maka

8 yd = 8 x 81.44 cm hasilnya 731,52 cm, jadi tinggi dari tiang tersebut adalah 731, 52 cm.

Dari penjelasan di atas maka sudah diketahui bagaimana cara menghitung satuan yd dengan benar. Selain dikonversi dalam satuan m ternyata yd bisa dikonversi ke berbagai jenis satuan.

Dengan adanya rumus setidaknya dapat dijadikan acuan bagaimana cara perhitungan secara tepat. Namun jika Anda sudah hafal dengan nilai-nilai konversinya maka akan lebih mudah dan cepat.

Meskipun satuan satu ini tidak digunakan di Indonesia namun tidak ada salahnya untuk terus belajar. Karena siapa tahu Anda bisa pergi keluar negeri maka sudah bisa menjawab pertanyaan 1 yard berapa m.