Berikut yang Termasuk Contoh Software Adalah dan Jenisnya

Dalam kegiatan sehari-hari pasti tidak terlepas dari yang dinamakan software, apalagi di zaman yang serba digital ini. Berikut yang termasuk contoh software adalah aplikasi yang terpasang di komputer untuk menunjang kegiatan tersebut.

Saat ini banyak berbagai jenis software yang beredar dan menawarkan macam-macam fungsi serta kelebihan. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai software yang terpasang di dalam komputer untuk membantu memudahkan pekerjaan.

Pengertian Software

Software atau yang dalam Bahasa Indonesianya perangkat lunak, yaitu sebuah data yang memiliki format dan bentuk secara digital. Data ini berupa program komputer yang memuat informasi serta informasi yang ditulis oleh komputer.

Pembuat software disebut dengan programmer dan proses pembuatannya menggunakan bahasa pemrograman yang dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini biasanya terdiri dari kode-kode yang hanya dipahami oleh ahlinya.

Software tidak memiliki bentuk dan hanya bisa dimanfaatkan melalui komputer atau perangkat elektronik lain. Oleh karena itu, software juga disebut sebagai nyawa sebuah perangkat karena tanpa software, perangkat komputer tidak akan bisa digunakan.

Meski begitu, software dan komputer merupakan dua komponen tak terpisahkan yang saling membutuhkan satu sama lain.

Fungsi Software

Software sebagai nyawa sebuah perangkat komputer memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Sebagai fungsi dasar sebuah komputer agar bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Dalam hal ini adalah software Operating System (OS) serta software sistem pendukung lainnya.
  • Sebagai penghubung software lain dengan hardware sehingga dapat berfungsi dengan baik.
  • Sebagai penghubung antar software sehingga dapat beroperasi secara simultan.
  • Sebagai penerjemah sebuah perintah pada software lain sehingga baik software dan hardware dapat memprosesnya.

Berikut yang Termasuk Contoh Software Adalah

Software memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing berdasarkan tujuan dibuatnya software tersebut. Simak contoh-contoh software berikut ini untuk memahaminya:

Baca juga:  Tuliskan Pengalamanmu Tentang Musyawarah

1. Software Pengolah Kata

Software ini digunakan untuk mengetik sebuah teks yang nantinya akan dicetak atau disimpan dalam bentuk file. Contohnya adalah Microsoft Office Word, Star Office Writer, Corel WordPerfect, dan Atlantis Word Processor.

2. Software Pengolah Angka

Software ini digunakan untuk mengolah dokumen berupa angka dengan tabel dan rumus. Contohnya adalah Microsoft Excel, Lotus 123, Abacus, Open Office Calc, XESS dan GNOME Office-Gnumeric.

3. Software Media Presentasi

Software ini digunakan untuk mempresentasikan sebuah dokumen. Contohnya adalah Microsoft Office PowerPoint, Haiku Deck, Academic Presenter, Canva dan Prezi.

Jenis Software

Di jaman yang sudah serba digital ini, banyak developer yang mengembangkan software untuk berbagai macam kegiatan. Software tersebut bisa dimanfaatkan secara gratis maupun berbayar. Sementara untuk jenis-jenisnya dibagi menjadi:

1. Software Operating System

Operating System lebih dikenal sebagai OS merupakan sebuah software inti yang menjalankan fungsi perangkat sepenuhnya. Software ini juga bekerja untuk menghubungkan satu software dengan yang lainnya sehingga bisa beroperasi secara simultan.

Berikut yang termasuk contoh software adalah jenis Operating System:

a. Microsoft Windows

Salah satu OS yang banyak digunakan saat ini yaitu Microsoft Windows yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Software ini berbasis GUI atau Graphical User Interface yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan perangkat komputer.

Alasan yang menjadikannya sebagai favorit pengguna komputer diantaranya adalah penginstalan yang mudah, user friendly, mendukung banyak driver dan masih banyak lainnya. Namun sayangnya, harga lisensi resmi Windows cukup mahal dan keamanan yang dinilai masih kurang.

b. Macintosh Operating System

Software OS favorit kedua yaitu Macintosh Operating System atau yang lebih dikenal dengan singkatan MacOS. Software ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1984 dan digunakan secara khusus untuk komputer Macintosh saja.

Baca juga:  1 Juta Nolnya Berapa, Inilah Cara Menulis Bilangannya

OS ini juga mengusung sistem GUI dimana setelah melalui perkembangan kini memiliki tampilan yang eye-candy. Sistem keamanan yang dimiliki software ini cukup kuat karena susah ditembus virus, tetapi kurang cocok digunakan untuk aplikasi server atau sekedar bermain game.

c. UNIX

OS UNIX dikembang mulai dari tahun 1965 oleh American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE) dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang berasal dari usulan proyek Multiplexed Information and Computing Service (Multics) oleh Peter Neumann.

Sementara untuk penciptanya yaitu Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Software ini sejak awal didesain menjadi OS yang portable, bisa untuk multitasking serta multi-user sehingga bisa digunakan banyak pengguna sekaligus.

Kelebihan OS ini, yaitu memiliki sistem keamanan yang cukup tinggi yang ditandai dengan perlunya izin untuk bisa mengakses file, direktori, user maupun grup yang ada di dalamnya.

d. Linux

Terakhir, berikut yang termasuk contoh software adalah Linux. OS ini cukup populer dan merupakan pesaing yang cukup kuat dari Microsoft maupun Macintosh. Kelebihan Linux yang tidak dimiliki OS lain yaitu sifatnya yang open source atau bebas biaya serta tampilan user friendly.

Selain itu, Linux dapat dijalankan oleh banyak Command Line Interface (CLI) menggunakan teks serta mengusung sistem GUI yang merupakan bawaan versi desktop. Menariknya lagi, Linux memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga tidak akan mudah terinfeksi virus.

Sayangnya, banyak pengguna yang merasa asing dengan Linux karena belum terbiasa, terlebih lagi proses penginstalannya yang cukup sulit tidak seperti Microsoft Windows.

4. Software Berdasarkan Distribusinya

Selain perbedaan software sebagai Operating System, software juga dibedakan berdasarkan distribusinya, yaitu:

a. Firmware

Firmware merupakan jenis perangkat lunak yang terintegrasi dengan perangkat keras. Jenis software ini hanya bisa dibaca sehingga pengguna tidak bisa mengubah, memodifikasi, atau mengembangkannya apabila terjadi suatu permasalahan.

Baca juga:  Surat An Nas Sampai At Takatsur

e. Freeware

Freeware merupakan sebuah software yang bisa digunakan oleh semua pemakai komputer tanpa harus membayarnya terlebih dahulu atau gratis. Namun, biasanya freeware memiliki fitur yang terbatas sehingga pengguna merasa kurang puas.

f. Shareware

Shareware merupakan software yang memiliki fungsi tertentu dan bisa digunakan secara gratis oleh semua pengguna komputer. Namun sayangnya, shareware memiliki fitur serta waktu penggunaan secara gratis yang terbatas.

g. Opensource

Opensource merupakan sebuah software yang kode sumbernya terbuka sehingga penggunanya dapat mengubah, memodifikasi, mengembangkan hingga menyebarluaskannya. Software jenis ini juga bisa diperoleh secara gratis dan memiliki lisensi berupa General Public License (GPL)

h. Adware

Berikut yang termasuk contoh software adalah Adware. Software ini bisa digunakan secara gratis oleh semua pengguna komputer. Akan tetapi, di dalamnya terdapat iklan yang ditayangkan sebagai bentuk kompensasi kepada pengembangnya.

i. Spyware

Seperti namanya, Spyware digunakan untuk memata-matai aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya. Software ini termasuk ke dalam software yang berbahaya karena biasa digunakan untuk tindak kejahatan siber seperti pencurian data atau perusakan sistem komputer.

j. Malware

Terakhir adalah software yang juga biasa dimanfaatkan untuk tindak kejahatan, yaitu Malware. Software ini sejak awal memang didesain untuk merusak sistem komputer pengguna yang tidak sengaja mengaksesnya. Contoh dari Malware adalah virus yang beredar dengan bebas di internet.

 

Software yang dioperasikan di dalam komputer terdapat banyak macam berdasarkan kegunaannya serta bisa diperoleh secara gratis maupun berbayar. Hal ini bisa dilihat dari penjelasan berikut yang termasuk contoh software adalah.

Meski begitu, harus selalu berhati-hati saat mengunduh software gratis, jangan sampai malah mengunduh spyware atau malware.