Berbagai Cara Mengonversi 1 Yard Berapa Cm dan Contohnya

Ada pertanyaan, 1 yard berapa cm? Faktanya, pertanyaan yang kerap diajukan ini karena masyarakat belum banyak mengetahui hasil konversi satuan yard ke centimeter. Keduanya termasuk dalam satuan panjang.

 

Tapi memang dibandingkan yard, di Indonesia lebih akrab dengan satuan centimeter. Bentuk dasar satuan panjang ini adalah meter. Tangga satuan panjang paling atas diisi oleh km, dilanjutkan hm, dam, m, dm, cm dan mm.

 

Walaupun yard jarang digunakan, tidak ada salahnya untuk mengetahui rumus konversinya. Berjaga-jaga supaya kelak di kemudian hari membutuhkannya. Anda dapat mencermati penjelasan berikut untuk lebih mengetahuinya.

 

Pembahasan Sekilas Mengenai Satuan Yard dan Cm

 

Sebelum membahas 1 yard berapa cm, apakah Anda sudah mengetahui tentang kedua satuan ini? Yard atau singkatannya yd adalah satuan panjang yang dipakai di berbagai negara di dunia secara resmi.

 

Tapi, yd jarang diterapkan penggunaannya di negara Indonesia. Beberapa negara yang memakai satuan jenis ini untuk pengukuran panjang yaitu Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan dan lain-lain.

 

Dari beberapa negara yang sudah disebutkan, menunjukkan bahwa satuan yd memang termasuk populer, tapi bukan di negara Indonesia. Sedangkan centimeter merupakan salah satu satuan panjang.

 

Satuan dasarnya adalah meter, yang merupakan satuan ukuran panjang dalam SI. Konversi centi ke meter perlu dibagi 100 karena naik dua tangga. Dengan memahami tangga satuan panjang dengan baik, Anda bisa mengoperasikan konversi selain 1 yard berapa cm.

 

Rumus Konversi 1 Yard Berapa Cm Penting Dipahami

 

Bila ada sebuah persoalan berkaitan dengan satuan panjang dengan jenis berbeda-beda, Anda perlu mengonversinya. Untuk konversi bisa memilih salah satu satuan. Misalnya yd dan centimeter, Anda bisa memilih salah satu dari keduanya.

Baca juga:  Berikut Ini Yang Termasuk Kelemahan Sejarah Sebagai Seni Adalah

 

Biasanya menyesuaikan dengan jawaban yang diminta oleh pertanyaan terkait. Terpenting, Anda sudah mengetahui rumusnya, maka akan mudah untuk melakukan konversi apapun jenis satuan panjangnya.

 

Lalu, apa jawaban dari 1 yard berapa cm? Jawabannya adalah 91,44 centimeter. Sebagai acuan, hafalkan rumus 1 yd = 0,9144 meter. Dari rumus ini Anda bisa mengubahnya dalam bentuk satuan lain, yakni km hingga mm.

 

Bila di konversikan sebaliknya, 1 centimeter berarti sama dengan 0,0109361 yd. Ada satuan lain selain yard dan meter yang bisa dipakai, yaitu feet atau kaki dan inci. Penting dipahami bahwa 1 yd = 3 feet = 36 inci.

 

Berbagai Cara Mengonversi Yard ke Cm Mudah Dilakukan

 

Bagi Anda yang sedang bingung, bagaimana cara mengonversinya bila memiliki angka bukan 1? Ada berbagi cara mengonversi yd ke centi yang bisa Anda jadikan acuan dan sangat mudah dilakukan, meliputi:

 

  1. Mengonversi Yard ke Centimeter

 

Pertama, mengonversi 1 yard berapa cm dengan cara mengkalikan dengan angka 91,44. Anda hanya perlu mengkalikan jumlah yd dengan angka tersebut untuk memperoleh nilai dengan satuan centimeter, rumusnya cm = yd x 91,44.

 

Penghitungan dengan metode ini sudah dilakukan atau ditentukan sejak tahun 1958 silam di negara Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru serta Kanada. Contohnya, 5 yd x 91,44 = 457,2 cm.

 

  1. Mengonversi Centimeter ke Yard

 

Cara berikutnya adalah kebalikan dari yang pertama, konversi centimeter ke yd. Pada cara kali ini digunakan pembagian dengan rumus yd = cm : 91,44. Anda hanya tinggal membagi angka dengan satuan centimeter yang diketahui dengan angka 91,44.

 

Lalu, akan diperoleh nilai akhir dengan satuan yd. Salah satu contoh konversi pengembangan dari pertanyaan 1 yard berapa cm yaitu 50 centimeter berapa yd. Jawabannya, 50 : 91,44 = 0,5468 (hasil akhir ini sudah mengalami pembulatan).

Baca juga:  Peralatan Yang Tidak Digunakan Dalam Perlombaan Tolak Peluru Yaitu

 

  1. Memakai Alat Konversi Daring

 

Bila sebelumnya menggunakan cara manual, lebih mudahnya Anda bisa menyelesaikan dengan alat konversi daring. Metode terakhir ini mencakup dua cara yaitu menggunakan kalkulator daring dan bagan konversi.

 

  • Kalkulator Daring

 

Sekarang ini konversi berbagai macam satuan bisa dilakukan dengan mudah melalui kalkulator daring, termasuk yd ke centimeter. Anda hanya perlu mengakses mesin pencarian internet dan menginputkan kata kunci yang diinginkan.

 

Salah satu contohnya, tuliskan pada kolom pencarian 1 yard berapa cm, maka akan secara otomatis muncul hasilnya. Hanya perlu menginputkan angka sesuai yang diinginkan, akan tampil nilainya.

 

  • Bagan Konversi

 

Bila tidak ingin memakai kalkulator daring atau menghitungnya secara manual, Anda bisa memanfaatkan bagan konversi kedua satuan ini diinternet. Tapi akan lebih mudah menemukan bagan yd ke m.

 

Untuk mengatasi hal ini, tidak ada salahnya bila Anda membuat bagan sendiri dengan kelipatan tertentu atau urut. Bagan ini nantinya akan berguna dalam pengerjaan soal-soal yang lain. Supaya lebih mudah saat dibaca, buat dalam format kolom.

 

Inilah Beberapa Contoh Soal Konversi Yard dan Cm

 

Bila hanya sekadar rumus dan teori, kebanyakan sulit untuk menerapkan konsep 1 yard berapa cm. Berikut ada beberapa contoh soal konversi yd, centimeter dan satuan relevan lainnya dalam berbagai bentuk kasus.

 

  1. Contoh Soal 1

 

Bu Siska mempunyai kayu dengan panjang 5 yard. Berapa panjang kayu yang dimiliki bu Siska bila dinyatakan dalam centimeter?

 

Diketahui:

 

Panjang kayu = 5 yd

Catatan rumus 1 yd = 91,44 centimeter

 

Ditanya:

 

Berapa panjang kayu bu Siska bila dinyatakan dalam centimeter?

 

Jawab:

 

5 yd x 91,44 = 457,2 centimeter.

Baca juga:  1 Abad Berapa Detik, Berikut Penjelasan Secara Lengkapnya

 

Jadi, panjang kayu bu Siska bila dinyatakan dalam centimeter adalah 457,2 cm.

 

  1. Contoh Soal 2

 

Berikutnya adalah contoh pengembangan soal 1 yard berapa cm dengan versi lebih kompleks. Pak Adi memiliki kain dengan panjang 250 cm. Kemudian membeli lagi kain yang sama dengan panjang 300 cm. Berapa total kain tersebut dalam yard?

 

Diketahui:

 

Panjang kain pertama = 250 centimeter

Panjang kain kedua = 300 centimeter

Catatan rumus 1 centimeter = 1 yd/91,44

 

Ditanya:

 

Berapa total kain yang dimiliki pak Adi dalam yard?

 

Jawab:

 

Total kain = panjang kain pertama + panjang kain kedua = 250 cm + 300 cm = 550 cm/91,44 = 6,014873 yd (sudah mengalami pembulatan angka).

 

Jadi, total kain yang dimiliki pak Adi dalam yard yaitu 6,014873 yd.

 

  1. Contoh Soal 3

 

Contoh terakhir, pengembangan pertanyaan 1 yard berapa cm kombinasi dengan satuan lainnya. Mika memiliki tiga bambu sepanjang 1,5 meter, 2 yd dan 200 cm. Berapakah total keseluruhan panjang bambu Mika dalam satuan centimeter?

 

Diketahui:

 

Panjang bambu pertama = 1,5 meter

Panjang bambu kedua = 2 yd

Panjang bambu ketiga = 200 centimeter

Catatan rumus sebagai acuan 1 yd = 91,44 centimeter

 

Ditanya:

 

Berapa total keseluruhan panjang bambu Mika dalam satuan centimeter?

 

Jawab:

 

Total panjang bambu = panjang bambu pertama + kedua + ketiga = 1,5 meter + 2 yard + 200 cm = 150 + 182,88 + 200 = 532,88 centimeter.

 

Jadi, total keseluruhan panjang bambu Mika dalam satuan centimeter adalah 532,88 cm.

 

Jangan sampai terbalik saat melakukan konversi yd ke centimeter, begitupun sebaliknya. Sebab keduanya memiliki rumus penghitungan berbeda. Hanya dengan konsep 1 yard berapa cm, bisa dibuat dalam bentuk pertanyaan yang lebih kompleks.