Apa Fungsi Rambut Seperti Duri pada Landak? Ini Jawabannya

Landak merupakan salah satu hewan yang memiliki keunikan. Tidak seperti hewan lain yang sekujur tubuhnya ditutupi bulu atau rambut, tubuh landak terlihat ditutupi oleh banyak duri. Lalu, apa fungsi rambut seperti duri pada landak?

Iya, duri yang tumbuh di sekujur tubuh landak sebenarnya adalah rambut. Sama seperti bentuknya yang tidak biasa, fungsi dari rambut itu juga tidak sama seperti rambut hewan lainnya. Landak menggunakannya untuk bertahan hidup.

Bagaimana duri landak bisa membuatnya bertahan hidup? Seperti apa sebenarnya kehidupan hewan unik yang satu ini? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, simak informasi lengkap seputar landak, berikut ini.

Taksonomi Landak

Secara harfiah, taksonomi memiliki arti sebagai cabang ilmu biologi yang mengatur tentang pengelompokkan makhluk hidup. Ilmu biologi ini mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan kesamaan yang dimiliki masing-masing hewan.

Berdasarkan taksonomi, landak dikelompokkan sebagai hewan pengerat. Maka dari itu, hewan ini masuk dalam ordo Rodentia. Hewan yang tergolong dalam kelompok ini memiliki gigi seri dengan ukuran besar. Gigi-gigi tersebut yang membantunya mengerat barang-barang di sekitarnya.

Hystricomorpha merupakan genus dari landak, hewan ini juga memiliki sub-genus Hystricognathi. Sedangkan, spesies hewan pengerat ini tersebar luas di berbagai negara. Tercatat ada 17 jenis landak yang diketahui bisa ditemukan diseluruh wilayah di dunia.

Landak termasuk hewan yang mudah beradaptasi jadi tidak heran jika hewan ini bisa ditemukan di berbagai wilayah. Namun, berbeda cerita jika di Selandia Baru. Sebab, hewan ini termasuk jenis hewan pendatang di negara tersebut.

Ciri-Ciri Landak

Untuk menjawab pertanyaan apa fungsi rambut seperti duri pada landak? Ada baiknya, terlebih dahulu mengenal ciri-ciri dari landak itu sendiri. Setidaknya, ada beberapa ciri-ciri khas landak yang membedakannya dengan jenis hewan pengerat lainnya.

Baca juga:  1 Cm Berapa Km? Seperti Ini Cara Menghitungnya

Adapun ciri-ciri yang dimiliki landak, di antaranya sebagai berikut:

  • Memiliki gigi seri berukuran besar yang digunakannya untuk mengerat dan makan.
  • Berwajah kerucut dengan tubuh bulat.
  • Memiliki moncong yang panjang, sebab bagian tubuh inilah yang diandalkannya untuk mencari makan.
  • Tubuhnya dipenuhi dengan duri, kecuali pada bagian wajah dan perut.
  • Memiliki kuku panjang atau cakar yang digunakannya untuk menggali tanah.
  • Tubuhnya akan menggulung jika sedang berada dalam keadaan terancam.
  • Duri di seluruh tubuhnya akan mekar, jika landak terkejut atau berada dalam keadaan berbahaya.
  • Memiliki banyak jenis dengan ciri khas masing-masing.

Apa Fungsi Rambut Seperti Duri Pada Landak? Berikut Penjelasannya

Seperti yang sudah disebutkan dalam ciri-cirinya, landak memiliki duri di sekujur tubuhnya. Lalu, sebenarnya apa fungsi duri pada tubuh landak tersebut? Berdasarkan banyak penelitian, duri pada landak merupakan bentuk modifikasi dari rambut.

Pada duri landak tersebut diketahui terdapat zat keratin. Dimana, zat keratin ini umumnya ditemukan dalam kuku maupun rambut. Fakta inilah yang menjadi salah satu alasan, mengapa duri pada tubuh landak disebut sebagai rambut.

Adapun fungsi rambut berduri tersebut yakni untuk melindungi landak dari para pemangsanya. Duri tersebut bukan menjadi senjata, melainkan menjadi bentuk pertahanan diri. Rambut duri landak tidak mudah lepas dari tubuhnya.

Ketika landak terkejut atau merasa terancam, duri-duri tersebut akan berdiri. Maka, hewan yang berusaha mendekati landak akan tertusuk duri tajam itu. Dengan cara inilah, landak akan berusaha bertahan dari serangan predator.

Selain itu, terdapat beberapa fakta menarik seputar rambut duri landak ini, di antaranya:

  • Terdapat sekitar 6000 duri yang melekat di seluruh tubuh landak.
  • Rambut duri landak tidak langsung mengeras. Jadi, ketika lahir rambut duri tersebut masih lunak, kemudian perlahan mengeras seiring pertumbuhan tubuh landak.
  • Meskipun tidak mudah terlepas, tetapi rambut duri landak akan rutin terlepas ketika sudah 1 tahun. Kemudian, rambut duri yang lepas akan segera diganti dengan duri baru.
Baca juga:  Sebutkan Macam-Macam Cara Menangkap Bola Dalam Permainan Rounders

Fakta Menarik Lainnya Tentang Landak

Landak memiliki rambut berupa duri yang digunakannya untuk bertahan dari serangan predator. Sepertinya, kalimat tersebut cukup jelas menjawab pertanyaan apa fungsi rambut seperti duri pada landak?

Selain keunikan tersebut, ternyata landak memiliki berbagai fakta menarik lainnya. Adapun beberapa fakta unik hewan pengerat ini di antaranya sebagai berikut:

1. Tergolong Sebagai Hewan Malam

Landak lebih suka mencari makan ketika malam hari sehingga hewan ini tergolong sebagai hewan nokturnal. Hewan ini memiliki mata yang bisa melihat dalam kegelapan, walaupun tidak memiliki penglihatan yang terlalu baik.

2. Termasuk Jenis Omnivora

Selain makan serangga, landak juga diketahui senang memakan sayur dan buah. Tidak heran, jika hewan ini juga digolongkan sebagai hama bagi para petani. Sebab, landak juga bisa hidup di wilayah perkebunan dan memakan sayur atau buah di kebun tersebut.

3. Suka Menyendiri

Landak adalah hewan soliter. Namun, dalam situasi tertentu juga ditemukan kelompok landak, tetapi tidak dalam kelompok besar. Array merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kelompok kecil hewan ini. Bahkan, anak landak yang sudah berusia 1 hingga 2 bulan sudah ditinggal oleh induknya.

4. Hibernasi

Beberapa jenis landak juga bisa melakukan hibernasi. Perilaku ini biasanya dilakukan oleh landak yang hidup di daerah dengan empat musim. Ketika musim dingin datang, landak akan mencari tempat untuk menghabiskan musim dingin dengan tidur. Hewan ini akan bangun hanya untuk makan.

5. Memiliki Daya Tubuh Kuat

Satu hal unik lainnya yang dimiliki landak adalah sistem imunnya yang luar biasa. Berdasarkan beberapa penelitian, landak menjadi salah satu hewan yang memiliki sistem imun resisten terhadap racun bisa ular.

Baca juga:  1 Abad Berapa Hari, Ternyata Sangat Mudah Menghitungnya

Artinya, landak tetap bisa bertahan hidup walaupun sudah digigit ular berbisa. Namun, ketahanan ini tidak mencapai 100%. Landak tetap bisa kalah jika tergigit oleh ular yang memiliki bisa yang lebih beracun.

6. Penyebarannya Luas

Hewan yang satu ini cukup mudah ditemukan di berbagai wilayah. Landak tersebar luas di seluruh benua. Bahkan, landak juga mampu beradaptasi dengan baik. Hewan ini bisa hidup dengan mudah di berbagai habitat, termasuk gurun pasir.

Tentu saja, setiap jenis landak memiliki ciri khas tersendiri, menyesuaikan tempat tinggalnya. Misalnya, landak yang ditemukan di Inggris akan melakukan hibernasi. Namun, hal ini tidak berlaku bagi landak yang hidup di gurun pasir.

7. Memiliki Indra Penciuman yang Tajam

Selain aktif di malam hari, landak termasuk hewan yang memiliki penciuman luar biasa. Hewan ini mengandalkan indra penciumannya untuk mencari makanan. Meskipun landak memiliki mata yang bisa melihat dalam gelap, tetapi landak menggunakan penciuman dan pendengarannya untuk makan.

Penglihatan hewan ini kabur, tetapi indra penciuman dan pendengarannya berkembang dengan sangat baik. Maka dari itu, bentuk wajah hewan ini seperti kerucut dengan moncong yang panjang. Selain itu, landak juga menggunakan cakarnya untuk menggali tanah.

 

Pertanyaan apa fungsi rambut seperti duri pada landak dapat dengan mudah terjawab jika sudah memahami tentang hidup hewan ini. Selain rambut durinya, landak ternyata memiliki beragam keunikan lain. Maka dari itu, banyak yang tertarik dengan hewan ini, khususnya jenis landak mini.