20 Ayat Al Qur'an Tentang Pendidikan

20 ayat al qur'an tentang pendidikan

Salam sejahtera bagi kita semua. Saya Si Rajin, seorang penulis profesional yang ingin membagikan artikel ini untuk membantu meningkatkan pemahaman kita tentang pendidikan dalam Islam. Dalam artikel ini, saya akan mengungkapkan 20 ayat Al Qur’an yang membahas pendidikan, dan bagaimana kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Surah Al-Baqarah Ayat 269

Artinya: “Allah memberikan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan barangsiapa diberikan hikmah, maka ia sesungguhnya telah diberikan kebajikan yang banyak. Dan tidaklah dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang berakal.”

Surah Al-Baqarah Ayat 282

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermuamalah (berhutang-piutang) dengan sesama untuk waktu yang yang ditentukan, maka catatlah. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar; dan janganlah penulis itu enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkan kepadanya, maka hendaklah dia menuliskannya dan hendaklah orang yang berhutang itu mengetahuinya, dan bertakwalah kepada Allah, Tuhannya, dan janganlah kamu mengurangi sesuatu pun dari hutang itu. Jika orang yang berhutang itu lemah (tidak mampu membayar), maka tunggulah sampai dia mampu. Dan perintahkanlah kebaikan dan larangilah dari yang mungkar; dan bertakwalah kepada Allah, yang kepada-Nya kamu akan dikembalikan.”

Baca juga:  Rangkuman Sepak Bola

Surah Al-Imran Ayat 190-191

Artinya: “Sesungguhnya di dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): Ya Tuhan kami, tiada Engkau menciptakan ini dengan sia-sia; Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

Surah Al-An’am Ayat 151

Artinya: “Katakanlah: “Marilah aku bacakan kepada kamu apa yang diharamkan oleh Tuhanmu kepada kamu, yaitu janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin, Kami akan memberi rezeki kepada mereka dan kepada kamu, dan janganlah kamu mendekati perbuatan keji, baik yang nampak maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan (alasan) yang benar. Demikianlah Dia menyuruh kamu supaya kamu memahaminya.”

Surah Al-Jumu’ah Ayat 2

Artinya: “Dialah yang mengutus kepada orang-orang yang buta huruf seorang Rasul dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, menyucikan mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah, padahal sebelumnya mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.”

Surah Al-Ma’idah Ayat 2

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar (ibadah) Allah, dan janganlah (kamu melanggar) bulan-bulan haram, dan janganlah kamu melanggar binatang-binatang kurban, dan janganlah kamu mengenakan jubah kesucian dalam keadaan junub. Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan (alasan) yang benar. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu, supaya kamu memahaminya.”

Surah Al-Mujadilah Ayat 11

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: “Berilah jalan bagi yang di belakang kamu dalam (urusan) agama”, maka berilah jalanlah kepadanya oleh Allah. Allah benar-benar Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Baca juga:  Birama Lagu Menanam Jagung Adalah

Surah Al-Qalam Ayat 4

Artinya: “Dan sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Surah Al-Baqarah Ayat 177

Artinya: “Tidaklah menghadapkan muka kamu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, tetapi benar-benar kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab dan nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, kepada anak-anak yatim, kepada orang-orang miskin, kepada musafir (yang memerlukan) dan kepada orang-orang yang meminta-minta; serta memerdekakan hamba sahaya, dan menegakkan shalat, dan menunaikan zakat, dan orang-orang yang memenuhi janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan (jihad). Mereka itulah orang-orang yang benar (beriman) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.”

Surah Al-Baqarah Ayat