1 Tumbak Berapa Meter, Begini Cara Konversi Nilainya

Tahukah Anda 1 tumbak berapa meter jika nilainya dikonversi dalam satuan metrik? Sebelum itu, Anda harus mengetahui dulu apa itu tumbak dan perbedaannya dengan sistem metrik dalam Satuan Internasional (SI).

Secara sederhana, tumbak merupakan salah satu satuan tradisional yang umum digunakan oleh masyarakat. Selain tumbak, contoh satuan pengukuran tanah lainnya yang sering digunakan antara lain ubin, bahu, bata, dan iring.

Namun, terkadang terdapat kesulitan untuk mengubah dari unit ukur tradisional menjadi unit ukur sesuai standar sistem SI. Selain karena pengukurannya bersifat tidak baku, besar nilai konversinya juga umumnya bersifat subjektif.

Namun, Anda tetap dapat mengubah 1 tumbak berapa meter persegi dengan membandingkan nilai satu sama lainnya. Agar lebih paham, sebaiknya kenali dulu bagaimana sejarah penggunaan tumbak dan definisinya dalam pengukuran.

Mengenal Tumbak dan Meter Persegi Sebagai Satuan Pengukuran Tanah

Secara umum, tumbak merupakan unit pengukuran luas secara tidak baku yang lazim digunakan masyarakat tradisional Sunda, Jawa Barat. Bahkan jika ditilik sejarahnya, istilah ini sudah digunakan sejak zaman kerajaan dahulu.

Istilah ini bisa ditemui dalam Prasasti Tugu yang merupakan peninggalan Raja Purnawarman dari Kerajaan Tarumanagera. Dalam prasasti tersebut, disebutkan bahwa Raja Purnawarman memerintahkan rakyatnya membuat saluran galian sepanjang 6.122 tumbak.

Dan hingga sekarang, istilah ini masih umum digunakan masyarakat untuk berkomunikasi dalam hal jual beli tanah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu mengetahui 1 tumbak berapa meter persegi jika dikonversi.

Untuk melakukan pengukuran modern, dibutuhkan besaran dan satuan. Besaran merupakan sesuatu yang dapat diukur, misalnya panjang, dan memiliki nilai tertentu serta satuan sebagai pembandingnya, contoh satuannya yaitu meter persegi (m²).

Meter persegi atau m² merupakan unit ukur besaran luas yang telah ditetapkan menurut standar sistem SI. Oleh karena itu, unit inilah yang diakui secara internasional untuk menyatakan besaran luas area.

Baca juga:  Puisi Tentang Kehilangan

Meski nilainya berbeda, namun Anda tetap dapat mengubah nilainya dari tumbak menjadi m² dengan cara mengetahui hubungan nilainya. Kemudian, Anda dapat menghitung nilainya menggunakan faktor pengali untuk mengkonversi nilai unitnya.

1 Tumbak Berapa Meter Persegi (m²)? Berikut Penjelasannya

Untuk mengubah nilai dari suatu hasil pengukuran dalam satu unit tidak baku ke unit baku, Anda perlu melakukan konversi 1 tumbak berapa meter. Konversi adalah kegiatan mengubah nilai dari suatu satuan ke satuan lainnya.

Namun, konversi hanya bisa dilakukan pada pengukuran dari besaran yang serupa. Contohnya yaitu untuk sesama unit waktu (jam, menit, detik), sesama unit volume (liter, cl, ml), dan masih banyak lagi.

Jadi, bagaimana cara untuk mengetahui konversi dari 1 tumbak berapa meter persegi? Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengetahui faktor konversi atau faktor pengali sebagai angka yang menunjukkan kesetaraan nilai kedua unitnya.

Karena tumbak merupakan unit pengukuran tidak baku, Anda perlu mengetahui dulu perkiraan besarannya. Agar tidak bingung, Anda bisa melihat rincian 1 tumbak sama dengan berapa meter persegi jika diubah satuannya.

Cara Konversi Tumbak ke Meter Persegi (m²) dan Sebaliknya

Untuk memahami lebih lanjut terkait konversi tumbak menjadi meter persegi, sebaiknya pahami dulu hubungan antara kedua unit yang berbeda tersebut. Berikut hubungan antara tumbak dan meter persegi dalam sistem pengukuran:

  1. Jenis besaran dan satuan yang diukur
  • Keduanya sama-sama merupakan besaran turunan yang menyatakan luas
  • Satuan yang diukur pun sama, yaitu luas dari suatu area berdimensi dua
  1. Simbol unit
  • Meter persegi disimbolkan dengan m² (m kuadrat)
  • Tumbak tidak memiliki simbol.
  1. Alat ukur dan cara mengukur
  • Keduanya sama-sama dapat diukur menggunakan meteran, penggaris atau mistar, pita ukur, jangka sorong, mikrometer sekrup, dan sejenisnya, lalu dihitung menggunakan rumus luas (Panjang x Lebar).
Baca juga:  Susunan Acara Pelatihan

Sedangkan untuk mengkonversi nilai 1 tumbak berapa meter persegi, Anda perlu mengetahui seperti apa perbandingan nilai satuannya. Dikutip dari berbagai sumber, rincian lengkap dari nilai konversi satuannya adalah sebagai berikut:

  1. Dari tumbak (disingkat tbk) ke meter persegi (m²)
  • 1 tbk = 14,0625 meter persegi (m²)
  • 2 tumbak = 28,125 meter persegi (m²)
  • 3 tumbak = 42,1875 meter persegi (m²)
  • 4 tumbak = 56,25 meter persegi (m²)
  • 5 tumbak = 70,3125 meter persegi (m²)
  1. Dari satuan lain ke m²
  • 1 mm² (milimeter persegi) = 10-6= 0,000001 m²
  • 1 cm² (centimeter persegi) = 10-4= 0,0001 m²
  • 1 dm² (desimeter persegi) = 10-2= 0,01 m²
  • 1 m² (meter persegi) = 1 m²
  • 1 dam² (dekameter persegi) = 102= 100 m²
  • 1 hm² (hektometer persegi) = 104= 10.000 m²
  • 1 km² (kilometer persegi) = 106= 1.000.000 m²

Untuk mengkonversi nilai 1 tumbak berapa meter persegi, rincian nilai di atas dapat menjadi referensi cara mengubahnya. Dari rincian di atas, dapat diketahui bahwa 1 tumbak setara dengan 14,0625 m².

Dengan menggunakan nilai tersebut sebagai patokan, Anda juga dapat mengubahnya menjadi satuan lain. Misalnya dari tumbak ke mm², cm², dm², m², dam², hm², km², atau satuan lain seperti hektar (ha).

Jika ingin mengubah satuan SI naik satu tingkat ke atas, misalnya mm² ke cm², maka nilainya dibagi 100. Sebaliknya, jika turun satu tingkat ke bawah, nilai satuannya harus dikali 100.

Selain tumbak, masih ada beberapa satuan tidak baku lainnya yang digunakan secara tradisional oleh masyarakat Indonesia. Masing-masing unit tersebut memiliki konversi nilai yang berbeda-beda pula, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Rante, digunakan di daerah Sumatera oleh penduduk Melayu, dimana 1 rante setara dengan 400 m².
  2. Rakit, digunakan di daerah Jawa-Pantura, dimana 1 rakit setara dengan 1.000 m².
  3. Borong, digunakan di daerah Kalimantan Selatan, dimana 1 borong setara dengan 1/6 hektar atau sama dengan 1.666,66 m².
  4. Anggar, yaitu satuan luas tanah di daerah Kalimantan Barat, dimana 1 anggar setara dengan 303 m².
  5. Ubin, banyak digunakan secara nasional oleh masyarakat Indonesia, dimana 1 ubin setara dengan 14 m².
  6. Ru, yaitu satuan luas sebidang tanah di daerah Jawa Tengah, dimana 1 ru sama dengan 14,0625 m².
  7. Tumbuk, salah satu perhitungan luas tanah tradisional, dimana 1 tumbuk sama dengan 1 are (10 x 10 m).
  8. Kesuk, biasa digunakan di daerah Jawa-Matamaraman, umumnya disamakan dengan ukuran 1.000 m².
Baca juga:  Cara Cepat Mengetahui 1 Dm Berapa Liter

Contoh Cara Mengkonversi 1 Tumbak Berapa Meter Persegi

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara mengubah dari tumbak ke meter persegi adalah dikalikan 14,0625 m². Dengan demikian, Anda dapat mengkonversi 1 tumbak berapa meter persegi jika diubah.

Setelah memahami cara untuk mengubahnya, saatnya mempelajari berbagai contoh perhitungan agar Anda semakin lancar. Berikut beberapa contoh soal terkait perhitungan konversi satuan dan contoh jawabannya untuk dijadikan sebagai bahan latihan:

  1. Luas kamar Dina adalah 3 x 4 m, yaitu 12 meter persegi. Berapa tumbakkah luas kamar Dina?

Jawaban: 12 m² x 14,0625 = 168,75

  1. Luas tanah Haji Muhidin adalah 1.406,25 tumbak, berapa meterkah luasnya?

Jawaban: 1.406,25 / 14,0625 = 100 m²

Agar semakin lancar, jangan lupa untuk selalu rajin berlatih menghitung dengan berbagai contoh soal. Selain menghitung 1 tumbak berapa meter persegi, cobalah unit ukur tradisional lainnya seperti ubin atau rante.