1 Mili Berapa Liter, Ini Cara Menghitung dan Jawabannya

Pernahkah Anda berpikir atau bertanya-tanya 1 mili berapa liter? Mungkin pertanyaan tersebut pernah muncul di isi benak karena ukuran atau satuan liter (l) dan mili (ml) bisa muncul di kehidupan kita sehari-hari.

Misalnya, perhitungan satuan ini muncul dalam tugas soal matematika di sekolah. Contoh lainnya adalah jika ingin menghitung ukuran dosis obat yang diperlukan seseorang. Atau mungkin Anda membutuhkannya dalam dapur.

Ada banyak sekali alasan mengapa kita perlu mengetahui tentang ukuran dan juga tahu cara menghitungnya. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang satuan, termasuk liter dan mililiter.

Kami juga akan menjelaskan cara menghitung 1 mili berapa liter maupun sebaliknya. Sebagai permulaan, mari kita bahas apa yang kita perlu tahu terlebih dahulu mengenai dua satuan ini.

Pengenalan Beragam Satuan Volume dalam Liter

Sebelum masuk ke dalam perhitungan, ada baiknya bagi Anda untuk mempelajari terlebih dahulu pemahaman mendasar mengenai satuan volume. Karena artikel ini akan membahas 1 mili berapa liter, kami akan membahas satuan volume dalam liter.

Volume atau bisa dikatakan juga sebagai isi mempunyai pengertian sebagai sebuah turunan dari besaran pokok panjang. Satuan tersebut dapat dinyatakan sebagai satuan kubik dan volume.

Kubik digunakan untuk menghitung banyaknya benda dalam suatu ruang. Satuan tersebut dapat dituliskan dengan lambang pangkat tiga. Contohnya m³ untuk meter kubik.

Tidak hanya kubik, volume juga dapat dinyatakan dalam satuan liter. Liter dapat digunakan untuk menghitung atau menentukan volume pada ruang tiga dimensi. Liter dapat dituliskan dengan simbol l kecil (l) atau bisa juga dengan huruf l besar (L).

Satuan L ini bukan merupakan sebuah Standar Internasional atau SI. Standar Internasional menggunakan satuan kubik untuk mengukur volume.

Baca juga:  Apakah Perbedaan Dari Notasi Angka Dan Notasi Balok

Meskipun begitu baik kubik ataupun liter, keduanya memiliki perhitungan konversi yang berbeda. Kubik dapat dikonversi menjadi liter, begitu juga sebaliknya.

Agar kita mengetahui dan mendapatkan jawaban 1 mili berapa liter, selanjutnya kami akan membahas cara konversi satuan volume dalam L. Simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Pengkonversian Satuan Volume Liter

Satuan L dapat digunakan untuk menghitung besaran dari sebuah benda dengan sifat menempati ruang berbentuk kubus dengan panjang rusuk 10 cm. Dengan begitu, 1 L memiliki nilai yang sama dengan 1000 cm³.

Pada penjelasan cara konversi ini, Anda dapat mengetahui cara menghitung 1 mili berapa liter. Untuk memudahkan perhitungan konversi, berikut adalah urutan satuan yang perlu Anda perhatikan.

Setiap turun dari satu urutan, Anda harus mengalikan angkanya dengan angka 10. Sedangkan jika naik, angkanya harus dibagi dengan angka 10.

  1. Kiloliter (kl)
  2. Hektoliter (hl)
  3. Dekaliter (dal)
  4. Liter (l)
  5. Desiliter (dl)
  6. Centiliter (cl)
  7. Mililiter (ml)

Jadi jika Anda memiliki angka sebesar 10 kl (kiloliter) dan ingin mengubahnya menjadi hl (hektoliter), berarti 10 kl akan berubah menjadi 100 hl. Hal tersebut terjadi karena hektoliter berada satu urutan di bawah kiloliter.

Sedangkan jika Anda ingin mengubah 1000 l (liter) menjadi dal (dekaliter), 1000 l akan menjadi 100 dal. Itu disebabkan oleh dal berada di atas L dengan berbeda satu urutan.

Sampai sejauh ini sebenarnya Anda sudah bisa menghitung 1 mili berapa liter. Atau apakah jawaban dari pertanyaan itu sudah didapatkan?

Contoh Soal Perhitungan Konversi dalam Liter

Agar Anda bisa semakin paham dengan pembahasan yang telah dijelaskan di atas, kami akan memberikan beberapa contoh perhitungan. Dengan begitu, Anda juga bisa menjawab pertanyaan 1 mili berapa liter.

Baca juga:  Kira-Kira 1 Cm Berapa Liter? Berikut Perhitungannya

Beberapa contoh perhitungan ini mungkin dapat Anda jumpai di kehidupan kita sehari-hari. Sambil membaca, Anda bisa ikut mencoba menghitung dan menebak jawaban yang tepat sebelum kami memberitahukan jawabannya.

Anda mungkin akan membutuhkan kertas dan alat tulis untuk menjawab beberapa pertanyaan. Simak pertanyaannya di bawah ini.

  1. Sebuah botol air mineral mempunyai label bahwa isinya adalah 250 ml (mililiter). Berapa volume air mineral yang ada di botol tersebut jika menggunakan satuan L?
  2. Jika satu botol sirup obat memiliki isi sebanyak 250 ml (mililiter), berapa botol sirup obat dengan isi yang sama dibutuhkan untuk memenuhi wadah berukuran satu L?
  3. Isi dari satu kaleng cat adalah 2,5 L. Jadi ada berapa ml (mililiter) volume cat di dalam kaleng tersebut?
  4. Suatu truk tangki mampu mengangkut 3 kl (kiloliter) bensin. Ada berapa L bensin yang mampu diangkut oleh truk tangki itu?
  5. Dalam satu kotak dus berisi air mineral yang berkemasan gelas, total volume airnya adalah 12 L. Total gelas yang ada dalam dus ada 48 gelas. Jadi berapakah jumlah ml (mililiter) air yang ada dalam tiap gelas?

Jawaban Contoh Pertanyaan Konversi Volume Liter

Bagaimana, apakah Anda berhasil menemukan jawabannya? Berikut adalah jawaban-jawaban dari beberapa pertanyaan di atas.

  1. 1 L mempunyai nilai yang sama dengan 1000 ml. Jadi jika dibalik, 1 ml mempunyai nilai dalam L yaitu 0,001 l.

Pertanyaan pada soal nomor satu tersebut adalah ada berapa L dari 250 ml air mineral tersebut. Jadi Anda bisa menghitungnya dengan 250 ml dibagi 1000. Sehingga jawabannya adalah 0,25 l.

  1. Isi sirup obat dalam botol berisi 250 ml. Wadah berukuran satu L itu mampu menampung 1000 ml sirup obat. Mengapa? Karena 1 l dikali 1000 untuk mengkonversinya ke dalam satuan ml.
Baca juga:  Dibawah Ini Adalah Gerakan Memukul Bola Dalam Permainan Kasti Kecuali

Sekarang Anda perlu membagi 1000 ml dengan 250 ml, yaitu isi sirup obat. Perhitungan tersebut menghasilkan angka 4, itulah jumlah botol yang dibutuhkan untuk memenuhi wadah berukuran 1 L.

  1. 2,5 l dari jumlah isi satu kaleng cat perlu dikonversikan ke ml. 2,5 perlu dikali 1000, karena urutan ukurannya turun 3 tingkat.

2,5 x 1000 = 2500 ml. Itulah jawaban dari pertanyaan nomor tiga ini. Apakah sampai sejauh ini, Anda bisa menemukan jawaban dari 1 mili berapa liter?

  1. Kl ke L turun 3 tingkat. Sehingga 3 kl perlu dikali 1000 untuk mengkonversinya ke L. Jawabannya adalah 3000 L.
  2. Perhitungan pada pertanyaan terakhir agak sedikit panjang dibandingkan soal-soal sebelumnya. Pertama, Anda perlu mengkonversi 12 l menjadi ml. 12 l x 1000 = 12000.

Setelah itu, 12000 ml dibagi jumlah gelas yang ada, yaitu 48. 12000 : 48 = 250 ml. 250 ml adalah isi air mineral per gelas yang ada dalam kardus tersebut.

Jadi, 1 Mili Berapa Liter?

Apakah contoh-contoh pertanyaan di atas membantu Anda dalam mempelajari dan memahami tentang satuan volume L? Jika belum, Anda bisa menyimak penjelasan jawaban yang diberikan untuk bisa dipelajari kembali.

Sekarang, pertanyaannya adalah 1 mili berapa liter? Mili atau ml ada berada di tingkat paling bawah. Untuk sampai ke dalam L, perlu naik 3 tingkat sehingga perlu dibagi 1000.

1 ml : 1000 = 0,001 l

Itulah jawaban dari pertanyaan tersebut. Angkanya memang menjadi kecil, tapi itu bukan masalah. Dan sekarang Anda sudah bisa mengetahui dan menghitung jawaban dari 1 mili berapa liter.