1 Kwintal Brp Kilo, Jangan Bingung Ini Cara Hitungnya

Ternyata masih banyak orang bingung menghitung secara akurat sebenarnya 1 kwintal brp kilo. Sebenarnya itu adalah sebuah perhitungan matematis dasar namun bisa sering salah jika tidak paham konsep utamanya.

Satuan kwintal (kw) dan kilogram (kg) tentu saja sudah sering kita dengar atau bahkan pakai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika sedang berbelanja atau menghitung masa entitas tertentu.

Sebagai sebuah metode penilaian kuantitas masa tentu saja pasti kita akan menggunakannya. Oleh karena itu Anda harus bisa melakukan konversi secara akurat agar hasil akhir tidak salah.

Karena masih sering ternyata orang salah dalam melakukan konversi satuan massa seperti cm, dam, sampai ton. Jadi angka seharusnya didapat tidak sesuai dengan kaidah atau aturan perhitungannya.

Oleh karena itu pada kesempatan ini mari kita belajar bersama bagaimana cara menghitungnya. Sehingga ketika Anda nanti membutuhkan, tidak salah dalam mengubah dari satuan A ke B.

Apa Itu Satuan Kwintal dan Kilogram ?

Sebelum masuk lebih dalam kita pahami dulu fundamental dasar pada kalkulasi satuan. Di Indonesia sendiri kita menghitung berat mobil misalnya menggunakan satuan metrik, apa itu.

Metrik adalah sebuah satuan yang sudah disepakati secara umum oleh para peneliti di dunia. Sehingga dapat mewakili satuan entitas tertentu ketika dilakukan pengukuran baik itu panjang, berat, atau kepadatan.

Misalnya dalam permasalahan dasar seperti 1 kwintal brp kilo kita mengukur dalam sebuah satuan metrik. Ada juga tangga matik dalam perhitungan masa entitas tertentu yaitu mg, sampai paling besar ton.

Kemudian kita harus memahami juga apa sebenarnya satuan kwintal dan mengapa dipakai dalam metrik. Kwintal sendiri adalah bentuk pengukuran massa sebuah entitas yang dalam perspektif manusia diinderakan secara besar.

Kg atau kilogram sendiri juga menjadi sebuah bentuk pengukuran massa sebuah entitas namun dalam perspektif manusia diinderakan lebih kecil. Sehingga ketika kita berbicara masalah kilogram itu belum seberapa.

Baca juga:  Surat Al A'la Ayat 14-19

Namun ketika entitas sudah mencapai ukuran kwintal maka seorang manusia akan menganggapnya besar. 1 kwintal brp kilo sendiri dapat dihitung menggunakan konversi berdasarkan tangga matrik.

Jadi memang ada aturan tersendiri sehingga nantinya kita bisa memperoleh hasil pengukuran secara akurat. Bagaimana jika tidak menggunakan tangga matrik tentu tidak boleh karena tidak sesuai kaidah SI.

Pada konsep matematis kedua bentuk ukuran tersebut masih berada dalam satu naungan. Sehingga dalam kasus tertentu kita tidak harus selalu mengkonversikannya untuk mengetahui ukuran sebenarnya.

Namun ketika metrik bertemu dengan imperial maka salah satu harus kita konversi. Sehingga perhitungan 1 kwintal brp kilo sebenarnya boleh juga dinyatakan dengan 1 kw lebih 1 kg.

Alasan Kalkulasi Matematis Menggunakan Metrik

Sebelumnya kami memang sempat menyinggung metode pengukuran skala metrik di Indonesia. Tentu Anda penasaran mengapa harus menggunakan skala ini dan sangat ketat aturannya.

Alasan umumnya sebenarnya cukup sederhana yaitu ketika kita menggunakan metrik maka konversi pada bentuk lain lebih mudah. Jika Anda melihat skala imperial misalnya konversi sangat sulit dilakukan.

Apabila ada persoalan seperti 1 kwintal brp kilo kita bahkan dapat melakukan konversi dua arah. Misalnya kita ubah dulu kw menjadi kg, atau bahkan sebaliknya yaitu dari kg menjadi kg.

Ketika kita bandingkan dengan skala imperial tentu langkah tersebut akan sangat membuang waktu. Bahkan para ilmuwan cenderung menyarankan penggunaan metrik demi mempersingkat kalkulasi.

Di Indonesia sendiri 1 kwintal brp kilo adalah pertanyaan biasa yang sebenarnya relatif mudah dijawab. Namun ketika kita bertanya pada orang dari negara pengguna skala imperial tentu mereka tidak terbiasa.

Ingat bahwa dalam melakukan konversi menggunakan tangga metrik berlaku dua arah. Satu arah naik dimana nominalnya akan bertambah besar, dan arah turun dimana terjadi pengurangan nominal.

Baca juga:  Translate Aksara Sunda

Apabila kita tidak menggunakan sistem tangga metrik tersebut maka 1 kwintal brp kilo tentu tidak dapat dijawab. Itu adalah pentingnya menggunakan tangga metrik dalam kalkulasi matematis.

Semakin kompleks persoalannya maka urgensi dari penggunaan konsep tangga tersebut tentu memudahkan. Sehingga pada saat Anda menghitung nanti tidak perlu banyak membuang waktu.

Selain itu skala tersebut juga relatif mudah diingat karena setiap kenaikan hanya kita kalikan dengan 10. Berbeda dengan menggunakan imperial dimana setiap perubahan ukuran ada aturan berbeda.

1 Kwintal Brp Kilo, Ini Rumusnya

Apabila Anda memang penasaran terhadap kalkulasi sederhana seperti ini, kami akan berikan kunci. Ada rumus khusus digunakan untuk mempermudah konversi dari satuan kilogram menjadi kwintal.

Caranya sederhana tinggal kita kalikan saja dengan seratus apabila ingin mengetahui besaran dalam kg. Apabila kita ingin mengetahui besaran dari kg menuju kw maka tinggal bagi saja dengan 100.

Itu adalah rumus yang mengikuti kaidah tangga metrik mengapa harus dikali atau dibagi seratus. Jawabannya adalah karena jarak antara kilogram dan kwintal sendiri ada dua anak tangga.

Dalam perhitungan metrik 1 kwintal brp kilo Anda harus tahu berapa selisih anak tangga dari setiap satuan. Apabila tidak mengetahui berapa selisih anak tangga tentu kita akan sulit melakukan konversi.

Menurut perhitungan menggunakan acuan tangga metrik kg berada di posisi ke 7 jika diurutkan paling kecil. Sedangkan kw sendiri adalah seratus kali dari besaran kilogram dalam acuan tangga metrik.

Sehingga wajar apabila kita menghitung 1 kwintal brp kilo harus dikalikan dulu dengan seratus. Karena selisih peringkat menurut tangga metrik dua bentuk pengukuran tersebut adalah dua.

Ini adalah konsep dasar dalam penalaran seperti apa kalkulasi besaran paling sederhana. Bentuk lainnya ada namun tidak terlalu sering kita temui namun sebenarnya penting juga untuk dipelajari.

Baca juga:  Siapa Pelaku Distribusi Produk Impor Dari Luar Negeri

Agar lebih paham lagi kami sudah mempersiapkan materi berisi contoh soal lainnya. Sehingga Anda dapat menerapkan metode tangga metrik tersebut agar menjadi lebih paham lagi.

Contoh Soal Tentang Kwintal dan Kg

Pada segmen ini kita akan bahas terkait contoh soal pengukuran baik itu dari kg atau kw. Sehingga Anda dapat menjadikannya contoh agar saat menemukan soal 1 kwintal brp kilo bisa menjawab dengan baik.

  1. Pak Nardi mendapatkan masing-masing hasil panen sebesar 200 kw pada hari selasa dan rabu. Sayangnya pada hari kamis timbangannya rusak sehingga harus menggunakan ukuran lebih kecil.

Diketahui bahwa pada hari kamis hasil panennya sebanyak 30.000 kilogram. Berapa sebenarnya hasil panen pak Nardi mulai hari selasa sampai kamis dalam satuan kwintal.

Jawab :

Hasil panen selasa + rabu = 200 + 200

Hasil panen kamis = 30.000 kg

Jika diubah dalam kw menjadi 30.000 / 100 = 300

Maka hasil panen total pak Nardi mulai hari selasa sampai kamis adalah 500 kw.

  1. Pak Sumin berhasil memanen jagung sebanyak 2 kw pada hari senin. Minggu berikutnya dia panen lagi sebanyak 3 kw namun setengahnya diberikan pada pembantunya pak Rohim.

Pada panen minggu ketiga dia memperoleh hasil sebanyak 2.5 kw bersih. Hitung dalam kilogram berapa banyak hasil panen pak Sumin selama tiga kali pengambilan jagungnya.

Jawab :

Panen pertama = 2

Panen kedua = 3/2 = 1.5 (karena separuhnya diberikan pada pak Rohim)

Panen ketiga = 2.5

Total keseluruhan hasil panen dalam kw = 2 + 1.5 + 2.5 = 6 kw

Jika kita konversi menjadi kg maka perhitungannya adalah

6 x 100 = 600

Sehingga hasil panen pak Sumin dalam kilogram totalnya adalah 600 kg.

Dengan menggunakan dua contoh tersebut tentu sekarang Anda akan menjadi semakin paham. Masalah pengukuran 1 kwintal brp kilo tidak akan jadi masalah jika sudah mempelajari contoh tadi.