1 Kubik Berapa Meter? Berikut Hubungan Antar Satuannya

Mungkinkah untuk menghitung konversi 1 kubik berapa meter dalam ilmu pengukuran matematika? Meskipun sama-sama digunakan untuk mengukur, namun kedua satuan ini pada dasarnya memiliki perbedaan dalam hal fungsi maupun dimensi.

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu pernah melakukan kegiatan pengukuran matematis. Entah itu mengukur panjang papan tulis, mengukur panjang langkah kaki, menentukan jarak perjalanan, mengukur ketebalan buku, dan masih banyak lagi.

Dalam melakukan pengukuran tersebut, digunakan unit panjang berupa meter (m), sentimeter (cm), atau sejenisnya. Namun selain itu, ada pula unit lain yang dikenal sebagai meter kubik (m³) yang menyatakan volume.

Karena m³ merupakan besaran turunan dari m, terkadang ada yang bingung mengenai 1 kubik berapa meter proses konversinya seperti apa. Berikut ini adalah pembahasan mengenai hubungan antar kedua satuan tersebut.

Mengenal Satuan Meter dalam Pengukuran Panjang

Salah satu subjek yang diajarkan dalam ilmu matematika adalah pengukuran menggunakan besaran dan satuan/unit. Kebanyakan orang sudah mengetahui tentang besaran pokok beserta jenisnya, namun jarang yang memahami terkait besaran turunan.

Besaran pokok merupakan segala sesuatu yang dapat diukur menggunakan alat ukur yang dinyatakan dengan nilai serta unit. Salah satu contohnya yaitu panjang dengan meter (m) sebagai satuannya yang menyatakan nilai.

Sebagai besaran pokok, unit m telah ditetapkan terlebih dahulu berdasarkan kesepakatan para ahli sebagai dasar untuk menetapkan besaran lainnya. Dalam hal ini, m³ adalah besaran yang diturunkan dari unit m.

Sebelum membahas mengenai 1 kubik berapa meter, sebaiknya pahami dulu hubungan antar keduanya. Meter kubik (m³) diperoleh dari besaran pokok panjang (m) hingga menghasilkan volume (panjang kali lebar kali tinggi).

Pada dasarnya, besaran turunan merupakan besaran yang satuannya diperoleh atau diturunkan dari besaran pokok penyusunnya. Artinya, besaran pokok ini sangat bergantung pada seperti apa besaran pokok yang menjadi sumber turunannya.

Baca juga:  Jelaskan Perbedaan Bahan Keras Alami Dan Bahan Keras Buatan

 

1 Kubik Berapa Meter? Berikut Penjelasannya

Jika m³ merupakan turunan dari m, lalu bagaimana cara untuk mengubah meter kubik ke meter maupun sebaliknya? Dalam ilmu matematika serta fisika, proses pengubahan unit ini dikenal dengan sebutan konversi.

Secara umum, konversi merupakan kegiatan mengubah nilai dari suatu sistem satuan menjadi nilai satuan lainnya. Meski nilai satuannya berubah, namun nilai dari besarannya tidak akan berubah, tetap sama saja besarannya.

Contoh konversi misalnya pengubahan dari waktu jam ke menit, pengubahan dari massa kilogram ke gram, dan lain-lain. Jadi, bagaimana cara untuk menghitung nilai 1 kubik berapa meter melalui proses konversi?

Untuk mengubah atau mengkonversi unit, digunakan faktor konversi, yaitu angka yang menunjukkan kesetaraan nilai besaran antar kedua satuannya. Faktor atau angka kesetaraan ini bersifat tetap atau konstan sekaligus timbal balik.

Namun, perlu diperhatikan bahwa konversi hanya bisa dilakukan untuk unit pengukuran yang sama. Misalnya untuk sesama unit panjang (m, hm, km, dll.), unit massa (gram, kg, ton, dll.), dan sejenisnya.

Sementara itu, meter kubik (volume) dan meter (panjang) menunjukkan satuan pengukuran yang berbeda. Ini berarti, keduanya tidak bisa saling dikonversi atau diubah nilainya, baik dari m³ ke m maupun sebaliknya.

Perbedaan Meter Lari (m) dan Meter Kubik (m³)

Jika ingin memahami lebih lanjut terkait konversi nilai 1 kubik berapa meter, sebaiknya pahami dulu bagaimana perbedaan antara keduanya. Selain dari segi jenis satuan yang diukur, berikut rincian perbedaan lainnya:

  1. Jenis Besaran
  • m merupakan besaran pokok
  • m³ merupakan besaran turunannya
  1. Simbol satuan/unit dan sebutan
  • m, disebut meter lari
  • m³, disebut meter pangkat tiga atau meter kubik
  1. Satuan yang diukur:
  • m mengukur satuan panjang
  • m³ mengukur satuan volume
  1. Fungsi:
  • m berfungsi untuk menyatakan ukuran panjang 1 sisi saja
  • m³ berfungsi untuk menyatakan ukuran volume dari bangunan dengan sisi panjang, lebar, dan tinggi
  1. Dimensi:
  • m merupakan ukuran satu dimensi
  • m³ merupakan ukuran tiga dimensi
  1. Alat ukur atau cara mengukur:
  • m diukur menggunakan meteran, penggaris atau mistar, pita ukur, jangka sorong, mikrometer sekrup, dan sejenisnya.
  • m³ diukur menggunakan gelas ukur, labu takar, erlenmeyer, pipet volume, pipet ukur, dan sejenisnya. Cara lainnya adalah dengan cara menghitungnya menggunakan rumus volume (P x L x T)
Baca juga:  1 Gram Berapa Mg, Belajar Satuan Beserta Contohnya

Untuk mengkonversi satuan 1 kubik berapa meter, perlu diketahui pula satuan pengukuran lainnya. Setiap unit yang berlaku telah ditetapkan sesuai dengan Satuan Internasional (SI), dengan rincian konversi satuannya sebagai berikut:

  1. Satuan ukuran panjang (m)
  • 1 mm (milimeter) = 10-3= 0,001 m
  • 1 cm (centimeter) = 10-2= 0,01 m
  • 1 dm (desimeter) = 10-1= 0,1 m
  • 1 m (meter) = 1 m
  • 1 dam (dekameter) = 101= 10 m
  • 1 hm (hektometer) = 102= 100 m
  • 1 km (kilometer) = 103= 1.000 m
  • Serta ukuran panjang lainnya seperti inci, feet, yard, mil, hektar, dan lain-lain.
  1. Satuan ukuran volume (m³)
  • 1 mm³ (milimeter kubik) = 10-9= 0,000000001 m³
  • 1 cm³ (centimeter kubik) = 10-6= 0,000001 m³
  • 1 dm³ (desimeter kubik) = 10-3= 0,001 m³
  • 1 m³ (meter kubik) = 1 m³
  • 1 dam³ (dekameter kubik) = 103= 1.000 m³
  • 1 hm³ (hektometer kubik) = 106= 1.000.000 m³
  • 1 km³ (kilometer kubik) = 109= 1.000.000.000 m³
  • Serta ukuran volume lainnya seperti cc, liter, galon, barel, dan lain-lain.

Jika ada yang bertanya 1 kubik berapa meter, rincian konversi satuan di atas dapat menjadi referensi. Dari sini terlihat jelas bahwa kedua unit pengukuran tersebut berbeda, ada yang linear (m) serta kubik (m³).

Artinya, kedua satuan tersebut tidak bisa dibandingkan sebab nilai maupun dimensinya tidak setara. Panjang menunjukkan jarak antar 2 titik, sedangkan volume menunjukkan kapasitas/besar ruangan yang bisa ditempati dalam suatu objek.

Jadi, Bisakah Mengkonversi Satuan 1 Kubik Berapa Meter?

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang spesifik antara m dan m³. Kalau begitu, bisakah kita melakukan perhitungan atau konversi satuan 1 kubik berapa meter maupun sebaliknya?

Jawabannya tidak bisa, sebab keduanya merupakan unit pengukuran berbeda, tidak memiliki besaran yang setara. Pengukuran m hanya membutuhkan satu dimensi panjang, sedangkan pengukuran m³ membutuhkan dimensi panjang, lebar, dan tinggi.

Baca juga:  Surat Al-Fatihah Ayat Kedua Dinamakan Dengan Bacaan

Jika ingin mengubah dari unit panjang menjadi volume (kubik), Anda perlu menambahkan dimensi tambahan, entah itu panjang, lebar, atau tingginya. Sebaliknya, Anda hanya bisa mengukur satu dimensi dari unit volume.

Artinya, sebuah benda 1 dimensi tidak bisa diukur volumenya karena hanya memiliki satu sisi. Sedangkan benda 3 dimensi yang bervolume memiliki total 3 sisi berbeda yang masing-masing bisa diukur panjangnya.

Hal ini karena konsep volume berhubungan dengan kapasitas yang mengacu pada ruang yang bisa ditempati. Jadi, Anda tidak bisa mengukur 1 kubik berapa meter karena memang besaran keduanya tidak setara.