1 Kaki Berapa Meter dengan Penjelasan dan Konversinya

Ketika sedang berkunjung ke negara Inggris dan USA, pasti Anda memikirkan 1 kaki berapa meter. Sebab di sana penggunaan standar pengukuran panjang, ketinggian, dan kedalaman bukan menggunakan meter melainkan kaki.

Penggunaan ini tentu bukan suatu hal yang mengejutkan. Sebab semua itu terjadi karena sejarah yang memengaruhinya. Tidak lain karena kebijakan dari sang Raja Pertama Henry I dari Kerajaan Britania Raya.

Sehingga, jangan kaget bila akan menemukan plank petunjuk atau sign pada berbagai penjuru kota yang menggunakan feet. Kemungkinan ditemukan pada saat akan sedang berenang di pantai, sungai, danau, atau bahkan kolam renang umum.

1 Kaki Berapa Meter dan Sejarah Munculnya

Bayangkan jika Anda menganggap feet pada kolam renang sama dengan sentimeter, tentu akan kaget bila tetap nekat terjun ke dalam. Sebab 50 kaki sama dengan 1500 sentimeter atau 15 meter.

Jadi, tidak ada salahnya mempelajari mengenai bagaimana penjelasan lengkapnya beserta konversi. Dengan harapan bisa mengetahui 1 kaki berapa meter secara lebih pasti. Sehingga bisa memberikan pengetahuan lebih kepada Anda pastinya.

Sehingga penting mengetahui satuan panjang, kedalaman, ketinggian, dan sebagainya. Demi keamanan diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari serta hal lainnya. Adapun penjelasannya dimulai dari sejarah, konversi, konversi satuan lainnya, kemudian contoh.

Anda harus mengetahui sejarahnya dahulu ketika ingin mempelajari segala sesuatu. Bahkan untuk mengetahui konversi 1 feet berapa meter perlu untuk mengetahuinya. Lalu apa dan bagaimana kronologi ini bisa terjadi?

Banyak ahli yang memercayai bahwa sebenarnya ini diawali oleh orang Mesir kuno. Bukan sebuah hal yang mengejutkan, karena di masa itu penduduk Mesir kuno sudah terbilang sangat maju.

Dengan menemukan banyak berbagai penemuan inovatif di zamannya, tidak mengherankan bila saat itu mereka menggunakan ukuran kubik. Pada saat itu diperoleh 1 kubik sebesar 20,8 inci, sesuai dengan besar manusia.

Baca juga:  Batang Pisang Atau Styrofoam Biasanya Digunakan Sebagai Apa?

Ini berbeda sekali dengan 1 kaki berapa meter pada saat masa sekarang ini. Tentu itu terjadi karena standarisasi feet dilakukan oleh Raja Henry I. Di mana ia menginginkan ukuran kakinya dijadikan standar.

Seiring dengan menyusutnya ukuran manusia sampai sekarang. Tentu ukuran awal yang terbilang cukup besar, menyusut sampai 8 inci. Itu juga terjadi pada saat pengukuran zaman kerajaan tahun 1800-an silam.

Konversi dari 1 Kaki Berapa Meter

Semenjak pengukuran secara tidak sengaja itu, mungkin karena membaca literatur jaman kuno atau apapun itu. Akhirnya Raja Henry I menjadi berkeinginan untuk membuat ukuran kakinya menjadi standar dalam pengukuran di zaman sekarang ini.

Tidak seperti anggapan banyak orang bahwa 1 feet itu ukuran langkah seseorang. Ternyata kebenaran mengatakan bahwa itu adalah ukuran kaki telanjang dari Raja Henry I. Saat itu, ketika pertanyaan 1 kaki berapa meter muncul, ukuran kakinya mencapai panjang 12 inci.

Akhirnya terciptalah ukuran tersebut untuk sekarang dan bertahan sangat lama. Sehingga, ketika sudah mengetahui sejarahnya akan lebih mudah mempelajarinya. Maka dari itu, akan kami ulas mengenai bagaimana konversi lebih lengkapnya di sini.

Sejak tadi terdapat pembahasan mengenai konversi, apakah Anda sudah tahu-menahu mengenai itu? Sekilas saja mengenainya bahwa ini merupakan pengertian dari pengubahan satu sistem ke sistem lainnya yang diizinkan oleh seseorang.

Jadi, jika konteksnya mengenai 1 kaki berapa meter, jelas akan dilakukan pengubahan dari satuan feet ke meter. Apakah Anda sudah tahu berapa konversi paling rendah darinya alias formula perhitungan tepatnya?

Jika belum tahu, kami akan membocorkan bilangan konversinya, dengan maksud agar mempermudah Anda dalam menghitung. Tentu pengubahan dapat dilakukan dari feet ke meter dan bukan sebaliknya, jadi sesuaikan saja jika dibutuhkan kebalikannya.

  1. 1 feet sama dengan 0,3048
  2. 2 feet sama dengan 0,6096
  3. 3 feet sama dengan 0,9144 atau yard
  4. Seterusnya hanya tinggal dikalikan dengan bilangan 0,3048
Baca juga:  Fungsi Komik Sebagai Sarana Edukasi Adalah

Dalam Matematika, itu adalah formula untuk menghitung lebih cepat. Banyak juga yang menyebut dengan fungsi atau rumus. Jadi, ketika Anda mendapatkan pertanyaan mengenai itu, tinggal kalikan saja dengan bilangan 0,3048.

 

Konversi Satuan Feet ke Panjang Lainnya

Untuk menghitung lebih mudahnya saat ingin mengetahui kebalikan dari meter, hanya perlu membaliknya. Jadi, ketika sudah tahu 1 kaki berapa meter, itu akan membuat 1 meter sama halnya dengan 3 feet jumlahnya.

Dengan begini, saat mengetahui kedalaman kolam 6 feet, kurang lebih kedalamannya pada satuan meter adalah 1,8 meter. Jadi, Anda harus berhati-hati apabila tidak jago berenang di kedalaman air kolam tersebut.

Mengenai apa satuan pengubah lainnya dari tentu juga penting untuk diketahui, sebab ini akan mengantarkan pada ilmu yang lebih tinggi daripada 1 kaki berapa meter saja. Lalu, apa saja konversinya?

  1. 1 kaki bisa mencapai 0,3048 meter pada pembahasan sebelumnya, itu berarti membuat dalam ukuran sentimeter mencapai 30,48 cm.
  2. 1 feet bisa mencapai 0,3333 yard, itu berarti menandakan bahwa meter dan yard hampir sama.
  3. 1 feet sama dengan 0,0001893 mil,sedangkan untuk mil laut mencapai 0,0001645.

Ukuran-ukuran tersebut menunjukkan seberapa panjang, dalam, dan tinggi suatu hal. Tidak hanya benda saja tetapi juga hal-hal lainnya. Sehingga ketika ingin lebih mengetahui akan segala hal, wajib memahami konsepnya secara mendalam.

Anda bisa menerapkan ukuran tersebut dalam berbagai hal, supaya lebih paham mengenainya. Kami juga melakukan sebuah pendekatan dengan contoh soal. Harapannya agar mempermudah untuk Anda memahaminya dalam menjalani soal kehidupan.

Contoh Soal untuk Mempermudah Perhitungan

Ada beberapa contoh soal yang tentu dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dari tema kehidupan bawah, menengah, dan atas tentunya akan terangkum olehnya. Jadi, pahami baik-baik bagaimana cara pengukuran mengenai hal itu.

  1. Andi ingin renang di kolam berenang Old Trafford Manchester, tapi ia tidak tahu berapa kedalaman pasti karena disana gunakan feet untuk plank petunjuknya dan berisi 50 feet.
Baca juga:  Nama hewan yg berawalan aksara F dlm bahasa indonesia?

Berapa kedalaman dalam meter yang ada pada kolam tersebut? Jawabannya tentu hanya tinggal dikalikan dengan 0,3048 saja. 50 x 0,3048 sama dengan 15 meter kurang lebihnya.

  1. Seorang navigator sedang berhadapan denganketinggian 2000 kaki dan ditanyai oleh pilot. Seorang pilot sedang menguji kecerdasan dari navigator, kira-kira berapa meter mereka berada, lalu berapa jawabannya?

Sesuai dengan konsep 1 kaki berapa meter sebelumnya, tinggal kalikan 2000 dengan 0,3048 lalu ketemu jawabannya. 2000 x 0,3048 sama dengan 609,6 meter di atas permukaan tanah.

Intinya dengan memahami adanya perbedaan satuan akan membuat Anda mengetahui apa sign dari suatu plank. Bukan hanya itu, tentu juga akan menambah khasanah ilmu bagi setiap orang yang mau mempelajari itu.

Meski memang di negara kita penggunaannya masih sangat terbatas. Biasanya hanya digunakan dalam mengukur ketinggian pesawat, kedalaman laut, dan sebagainya. Tapi itu merupakan ilmu umum yang ternyata akan penting penggunaannya.

Tidak ada salahnya, bukan, mempelajari suatu ilmu? Meski saat ini masih belum berguna, tapi suatu saat pasti akan berguna meskipun tidak ada sangkut pautnya dengan job desk pekerjaan sehari-hari Anda.

Jadi, jika memang setuju akan pernyataan tersebut, tidak boleh berhenti sampai di sini. Pelajari satuan panjang, waktu, suhu, dan lain-lain. 1 kaki berapa meter hanya pembuka untuk khasanah ilmu lainnya.