1 jam berapa menit

1 Jam Berapa Menit Jika Dihitung Lebih Detail

Cara menghitung 1 jam berapa menit itu lebih mudah, karena satuan waktu setelah jam adalah menit. Jika dikonversikan juga hasilnya tidak terlalu banyak. Berbeda bila mengubah dari jam ke detik, itu hasilnya akan banyak sekali.

Manusia hidup tidak lepas dengan keberadaan waktu. Mau melakukan kegiatan apa saja, pasti dimulai dari waktu, diakhiri juga dengan keberadaan waktu. Untuk mengetahui sekarang jam berapa, orang-orang melihatnya melalui jam.

Entah itu jam tangan, jam dinding, jam saku, hingga penunjuk waktu di ponsel, itu sama saja. Tapi ketika terkait dengan 1 jam berapa menit, itu sudah masuk hitung-hitungan, bukan penunjuk masa lagi. Berikut penjelasannya.

Mengenal Alat Pengukur Satuan Waktu

Anda perlu tahu dan paham bahwa penyebutan waktu dan hitungan satuan waktu, seperti 1 jam berapa menit, itu berbeda. Jika penyebutan waktu, contohnya pukul 10:00, pukul 12: 00, jam 13:00 dan sebagainya.

Tapi jika menghitung satuan waktu dihitung menggunakan dasar perhitungan matematika. Waktu sendiri didefinisikan sebagai awal dan akhir dari adanya peristiwa.

Satuan waktu sendiri juga dibahas pada mata pelajaran matematika antara kelas 2 dan 3 SD. Jadi, bagi Anda yang sudah melewati jenjang tersebut, pasti paham untuk menghitung waktu.

Menghitung waktu itu sifatnya adalah satuan baku. Artinya satuan tersebut telah diakui secara internasional. Serta pengukurannya juga akan selalu tepat.

Jika membahas mengenai alat ukur untuk mengetahui waktu adalah jam. Tentu setiap orang memilikinya di rumah dan dibawa juga ketika bepergian.

Masak saja mesti harus melihat jam, begitu juga dalam melakukan beberapa kegiatan sehari-hari. Apakah 1 jam berapa menit bisa dihitung dengan jam?

Tergantung situasi dan jenis jamnya. Jika berbentuk analog, ini akan cukup sulit untuk dilakukan. Jika digital, lebih mudah.

Tapi sama saja, Anda juga perlu perhitungan yang nyata menggunakan dasar perhitungan matematika dalam mengetahui waktu satu jam ke menit.

Memang, seseorang jika baru mempelajari satuan waktu, perlu memahami juga bagaimana cara jam analog bekerja. Maka, menghitung 1 jam berapa menit akan semakin mudah.

Paling umum, jam dinding atau jam tangan jenis analog memiliki 3 buah jarum dengan keterangannya sebagai berikut :

  1. Jarum pendek, yaitu jarum yang menunjukkan jam. Pergeseran dari angka satu ke angka lainnya juga membutuhkan waktu 1 jam.
  2. Jarum panjang, yaitu jarum yang menunjukkan menit. dalam jam analog, menit itu ditunjukkan pada titik-titik di antara angka jam.
  3. Jarum halus, biasanya berwarna merah. Jarum ini menunjukkan detik pada sebuah jam analog.

Perlu dipahami juga, untuk melakukan perubahan waktu, jarum panjang sudah harus di angka 12.

Mengetahui Sejarah Singkat Adanya Jam dan Menit

Jika dalam bahasa Inggris, waktu siang dan malam itu dibagi menjadi dua jenis, yaitu A. M dan P.M. A.M itu antara jam 00:00 sampai 11.59 siang.

Sementara penunjuk waktu P.M, yaitu dimulai dari jam 12 siang, hingga 23.59 atau jam 11.59 malam. Jadi, sudah jelas siang 12 jam dikali 2, menjadi 24 jam.

Tapi bagaimana dengan perhitungan 1 jam berapa menit? Sebelumnya, mari kita ketahui dulu sejarah singkat adanya jam dan menit.

Siapa yang mencetuskan 1 hari itu 24 jam? Ternyata berasal dari Mesir kuno. Di mana dulu 1 hari ada 10 jam bila dihitung dengan jam bayangan.

Kemudian, mereka menambahkan satu jam pada setiap ujungnya. Cara menambahkannya adalah satu untuk senja dan satunya lagi untuk penghujung hari.

Lalu ada sebuah bar yang berbentuk T dibuat oleh orang Mesir yang dikalibrasikan dalam membagi waktu siang dan malam menjadi 12 bagian.

Baca juga:  1 Ton Berapa Liter Hitungan Satuan yang Simpel

Singkat cerita, memang selain jam, mesir kuno juga telah membagi 36 kelompok rasi bintang yang disebut dengan Decans. Decans itu akan terlihat secara berurutan di cakrawala saat bumi berotasi.

Ditemukan juga bahwa decan itu sendiri terbit sebelum matahari terbit. Itu menandakan periode waktu 10 hari.

Lalu, mereka mengalikan 36 x 10 = 360 hari dalam setahun. Pada saat itu juga, jam tidak memiliki panjang karena musim berubah, bayangan kadang tidak ada.

Kemudian, Hiparchus mengusulkan dalam 1 hari itu 24 jam, sementara menit yaitu 1/60 jam atau 60 detik. Pada masa itu, tentu menghitung 1 jam berapa menit akan sangat mudah.

Perhitungan Konversi 1 Jam Berapa Menit

Fakta menyebutkan bahwa menit bukanlah satuan yang bersifat SI. Tapi pihak internasional menerima satuan menit, sehingga bisa dikonversikan.

Berbeda dengan detik, Jika detik memang masuk ke dalam SI. Meski begitu, 1 jam berapa menit bisa Anda hitung dengan langkah mudah.

Menghargai penemu 1 hari 24 jam dan per jam itu dibagi lagi menjadi konversi menit, sekadar menghitung 1 jam ke menit itu caranya sangat mudah.

Sesuai standar satuan internasional, 1 jam adalah 60 menit. Apabila ditumuskan untuk bisa dihitung lebih mudah, caranya adalah, 1 jam x 60 = 60 menit.

Jadi, bagaimana bila yang dihitung bukanlah 1 jam, tapi jumlah waktu lain yang dikonversikan ke menit. Mudah saja, caranya adalah seperti berikut :

  1. 1 jam x 60 = 60 menit
  2. 2 jam x 60 = 120 menit ( karena 2 dikalikan dengan 60)
  3. 3 jam x 60 = 180 menit
  4. 4 jam x 60 = 240 menit
  5. 5 jam x 60 = 300 menit

Jika hanya menghitung 1 jam berapa menit sangat mudah memang, lalu bagaimana dengan 1 hari berapa menit?

1 hari adalah 24 jam, dikalikan 60. Apabila dihitung maka, 24 x 60 = 1440 menit. Sudah jelas, jika dalam satu hari itu terdapat 1440 menit.

Contoh Soal Hitung Satuan Jam ke Menit

Menghitung 1 jam berapa menit akan lebih mengasyikkan jika ditambah dengan soal-soal cerita. Pastinya Anda sering merasa kesulitan jika soal matematika dibuat cerita.

Kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh soal agar bisa menghitung satuan jam ke menit. Untuk rumusnya sendiri adalah …jam x 60 = … menit.

Soalnya kami beri dua jenis yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Tidak lupa pula penjelasan cara menjawabnya :

  1. Seorang siswa mengerjakan 10 soal matematika dalam waktu 1,5 jam. Jika dikonversikan, berapa menit siswa tersebut mengerjakannya?

Jawab : 1 jam adalah 60 menit. 0,5 bisa disebut dengan ½ jam

Berarti ½ x 60 = 30 menit.

60 + 30 = 90 menit. Jadi, siswa tersebut mengerjakan 10 soal matematika selama 90 menit.

  1. Nana melakukan perjalanan dari Purwokerto ke Yogyakarta selama 5 jam. Berapa lama Nana melakukan perjalanan dalam hitungan menit?

Jawab : 5 jam x 60 = 300 menit.

Perhitungan waktu seperti itu memanglah sangat mudah. Sebab, satuan dan nilainya sendiri sudah bersifat satuan baku. Untuk hitungan 1 jam berapa menit, telah diketahui jelas karena satuannya sudah baku, yaitu 60 menit.