1 jam ada berapa menit

1 Jam Ada Berapa Menit? Ini dia Macam-macam dan Contohnya

1 jam ada berapa menit menjadi bahasan yang sering dipertanyakan khususnya dalam mata pelajaran matematika. Hal ini menjadi dasar yang harus diketahui oleh Anda sebagai siswa atau siswi di sekolah.

Karena pertanyaan tersebut akan menjadi sebuah soal yang harus diselesaikan dengan proses hitungan. Tentunya Anda setiap hari melihat jam, baik bangun tidur, berangkat sekolah, kerja dan aktivitas lainnya.

Hal ini menjadi sesuatu yang penting apalagi jika Anda berangkat sekolah atau kerja maka harus tepat waktu. Sebelum mengerti 1 jam ada berapa menit, maka kamu ketahui dahulu beberapa informasi.

Waktu memanglah penting dalam mengatur kehidupan, sehingga menjadi patokan waktu fajar ataupun kepentingan lain. Banyak Negara sangat menghargai waktu ini, sehingga berapa minute atau detik sangatlah berharga.

Banyak orang yang memanfaatkan waktu dan membuatnya sedemikian rupa untuk mempermudah manusia. Baik menjadi jam dinding hingga digital. Hal ini sesuai dengan perkembangan zaman serta teknologi.

Pengertian Jam Beserta Macam-macamnya Berikut

Jam merupakan unit waktu, lama dalam sebuah jam adalah 1/24 hari. 1 jamnya dapat terbagi menjadi waktu yang kecil lagi yaitu menit, detik. Semuanya bisa dihitung seperti 60 menit hingga seterusnya.

1 jam ada berapa menit yaitu terdiri dari 60 minute dan dalam 1 menitnya ada 60 detik. Selain jam,istilah lain yaitu pukul. Pukul menjadi sebuah penunjuk dalam satuan waktu.

Jamnya itu sendiri memiki makna atau arti “masa ataupun jangka waktu”. Apabila pukul mempunyai arti “saat ataupun waktu”. Sedangkan dalam bahasa Indonesia jika ingin mengungkan saat ataupun waktu memakai “pukul”.

Contohnya lina berangkat kerja pukul 06.00. Apabila mengungkapan sebuah jangka waktu maupun masa maka gunakan kata jam. Misalnya saya di kantor selama tujuh. Sehingga tidak cocok memakai kata pukul.

Misalnya jika menggunakan kata pukul maka berbunyi “saya di kantor selama delapan pukul”. Oleh karena itu, penggunaan kata juga disesuaikan dengan keadaan. Ada beberapa contoh nama jam yang dipakai.

Yaitu jam tangan, dinding, arloji, saktu, matahari, weker, atom, digital, analog, pasir. Kemudian jamnya ini juga bisa dipakai konsep dalam menujukaan keadaan waktu yang biasa terjadi.

Contoh: jam karet, malam. Kemudian terdapat beberapa jenis jamnya yang terkenal yaitu jam bumi, gadang, bangan, zaman. Beberapa jenis ini bisa untuk menentukan 1 jam ada berapa menit.

Setelah tahu 1 jamnya ada berapa minute maka berikutnya Anda dapat menggunakan rumus dalam berbagai contoh soal hitungan. Bahkan bisa dijadikan detik dalam satu jamnya.

1 Jam Ada Berapa Menit dan Detik? Ini Rumusnya

1 jam ada berapa menit atau detik bisa diketahui menggunakan sebuah rumus. Bahkan apabila lebih dai sejam maka dapat dengan mudah Anda hitung. Sudah diketahui jika sejam ada 60 minute.

Sedangkan 1 menitnya ada 60 detik, hasil ini bisa dihapalkan dan menjadi dasar untuk hitungan soal. Apabila sudah mengetahui maka rumusnya cukup mudah apabila ingin menghitung menit maka:

… jam = … menit

Contoh soalnya: Rina pergi bekerja selama 6 jam, berarti ia sudah ditempat kerja berapa menit?

Maka hitungannya cukup simpel. Apabila Anda sudah hafal 1 jam ada berapa menit maka tulis saja secara langsung. Penyelesaian soalnya adalah 6 jam= 60 menit x 6 = 360 minute/menit.

Sedangkan apabila ingin mencarinya dalam bentuk detik maka memakai rumus hampir sama. Karena Anda sudah mencari jumlah minute dalam 6 jamnya. Maka sekarang mencari berap detik dalam 6 jamnya tersebut.

…jam =… menit x 60 detik= …detik

Diketahui bahwa 6 jam adalah 360 minute maka berikutnya mencari detiknya memakai rumus diatas.

Baca juga:  1 Hari Berapa Detik Hingga Sejarah Waktu Detik

6 jam= 360 menit x 60 detik = 21.600 detik

Contoh soal ke 2 yaitu ada seekor kura-kura berjalan 50 meter dengan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jamnya. Berapa lama waktu tempuh kura-kura dalam hitungan menit dan detik?

Jawab:

1 jam ada berapa menit yaitu 60 maka dalam 3 jam yaitu 3 x 60 =180 minute. Lalu dijadikan detik maka penyelesaiannya adalah seperti berikut ini.

3 jamnya = 180 x 60 detik = 10.800 detik. Maka jawaban yang benar adalah 9.000 detik.

Contoh Soal Pemahaman Mengenai Hitungan Waktu

Apabila masih belum paham maka ada beberapa contoh lagi yang dapat kamu pahami. Karena memang apabila tidak teliti dalam menghitung bisa salah. Apalagi jenis soalnya kadang membuat Anda bingung.

Pada sebuah mobil box yang melaju dari arah timur menuju terminal tirnonadi menempuh jarak yaitu 1,5 jam. Maka waktu dibutuhkan oleh mobil box tersebut dalam jumlah menit dan detik?

Penyelesainnya yaitu diketahui 1 jam ada berapa menit yaitu 60. Maka berikutnya mencari dalam hitungan menit yait: 1,5 jamnya = 1,5 x 60 minute = 90 minute/menit.

Maka mencari detiknya adalah 1,5 = 90 x 60 detik = 5400. Hasil jawabanya untuk waktu tempuh mobil box adalah 90 menit atau 5400 detik.

Contoh soal berikutnya yaitu shinta membeli makanan ke warung dengan jarak 4 km ditempuh dari 08.00 WIB hingga menunggu dan sampai rumah pukul 08.45. Maka berapa waktu (detik) yang dibutuhkan dari berangkat sampai pulang?

Penyelesaiannya adalah diketahui bahwa 1 jamnya adalah 60 minute maka pukul 08.00 hingga 08.45 berati 45 menit. Sehingga jawabannya adalah 45 menit x 60 detik =2700.

Alasan dalam 1 Jam Ada 60 Menit

Dalam sistem 60 minute seteah bangsa dari sumeria mengembangkan angka 80 pada 2000 SM/ sebelum masehi. Dilanjutkan sistem 60 menit ini diciptakan astronom yunani dan juga Hipparchus.

Kemudian sistem tersebut akhirnya dikembangkan orang babilonia yang dahulu menakhlukan Sumeria. Kemudian Babilonia juga membuat perhitungan astronomi dengan sistem sexagesimal. Maksudnya angka 60 menjadi dasarnya hingga saat ini dipakai.

Walaupun begitu, memang belum ada kepastian angka 60 dipilih, tetapi memang angka tersebut dirasa sesuai dalam perhitungan. Karena 60 menjadi angka paling ecil bisa dibagi lima angka puluhan.

Walaupun memang memakai sistem 1 jam ada berapa menit yaitu 60 menit ini sudah berkembang, tetapi masih ada penunjuk waktu berbeda-beda pada jumlah waktunya. Terdapat jam mekanik pertama pada abad 14 akhir dibuat oleh eropa.

Astronom dari yunani bernama Erastosthenes, memakai sistem sexagesimal dalam membagi sebuah lingkaran 60 derajat. Ia juga memakai sistem ini dalam membuat garis lintang. Garis lintang adalah garis melintasi tempat-tempat terkenal.

Satu abad setelahnya, Hipparchus membuat garis lintang sejajar pada garis bumi. Sehingga terciptalah bujur 360 derajat. Temuannya ini lalu dikembangkan oleh Claudius Ptolemaeus dengan membaginya menjadi bagian kecil.

1 jam berapa menit yaitu 60 memiliki sejarah. Karena dibagi-bagi maka menjadi setengah, seperempat, sepertiga sampai 12 bagian. Sedangkan satuan menit baru dimunculkan abad 16, saat tercipta arloji canggih.

Hal ini memiliki sejarah untuk menambah pengetahuan Anda mengenai waktu. Adanya sejarah tersebut sehingga bisa menjawab rasa bingung Anda, bahwa dalam 1 jam ada berapa menit adalah 60.