1 Inci Berapa Cm dan Penjelasan Lengkap Tentang Inci dan Cm

1 inci berapa cm? Pertanyaan ini sering ditanyakan karena satuan inci sering digunakan untuk ukuran suatu elemen elektronik. Saat kita belanja berbagai barang elektronik spesifikasi yang tertera untuk ukuran biasanya dalam satuan inci, bukan sentimeter.

Meskipun satuan inci dan sentimeter sering ditemukan pada penggaris, terkadang masih sulit untuk membedakan 1 inci dan sentimeter. Namun kedua satuan ukuran panjang tersebut berbeda satu sama lain dan keduanya mempunyai peran masing-masing untuk mengukur panjang.

Cara Mengukur 1 Inci Berapa Cm

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengukur 1 inci berapa cm karena Anda mungkin akan sering menemukan pengukuran ini dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya cara mengubah atau satuan ukuran inci menjadi cm cukup mudah.

Sudah ada banyak alat otomatis yang bisa digunakan untuk mengkonversikan satuan inci kepada cm begitu juga sebaliknya, misal menggunakan kalkulator. Namun sebelum melakukan konversi tersebut ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai inci dan cm tersebut.

1. Mengenal Satuan Inci

Satuan inci sering digunakan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, serta berbagai negara di Amerika dan di Eropa. Namun sekarang satuan inci sudah banyak digunakan dan dikenal luas karena banyak digunakan pada produk komersial.

Satuan inci ini biasanya ditulis dengan lambang in atau lambang “(tanda petik ganda) sebagai lambang atau simbol khusus untuk menyingkat penulisan inci. Contoh penulisan dari inci pada 1 inci berapa cm misalnya untuk 12 inci bisa ditulis menjadi 12”.

2. Mengenal Satuan Sentimeter

Sebenarnya satuan sentimeter sama dengan inci, yang merupakan satuan ukuran untuk mendeskripsikan panjang sebuah benda. Di Indonesia sentimeter sering digunakan sebagai satuan standar dari ukuran panjang.

Sentimeter digunakan untuk mengukur benda yang lebih besar dari milimeter dan lebih kecil dari meter. Seperti mengukur tinggi badan yang saat ini sudah digunakan oleh berbagai negara kecuali Amerika Serikat, penulisan sentimeter biasa menggunakan singkatan cm.

Baca juga:  Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Robbil Alamin Artinya

3. 1 Inci Berapa Cm

Jadi berapakah 1 inci jika dikonversi menjadi cm? Satu inci sama dengan 2,54 sentimeter dan ini adalah jawaban yang mutlak dan mempunyai sifat absolut. Karena rasio antara inci dan sentimeter adalah 2,54 sentimeter dalam sistem metrik, artinya jarak dalam sentimeter sama dengan jarak dalam inci dikalikan 2,54 sentimeter.

Jika masih bingung Anda bisa mengikuti konversi 1 inci berapa cm seperti berikut 1 inci = 2,54 cm atau 1” = 2,54 cm. Sedangkan 1 cm sama dengan 0.3930787 inci. Dari konversi tersebut bisa dilihat dan dipastikan bahwa inci lebih besar dari sentimeter.

4. Rumus untuk Mengonversi Inci Ke Satuan Lain

Untuk mengubah inci menjadi cm bagi beberapa orang yang belum memahami dan mengetahui satuan inci tersebut mungkin akan merasa kesulitan untuk mengubah inci menjadi cm. Sebagai alternatif untuk mengubah inci menjadi sentimeter, Anda bisa menggunakan rumus tertentu.

Pertama, Anda perlu mengingat konversi awal yang disebutkan di atas yaitu 1 inci = 2,54 cm sebagai ukuran mutlak. Maka dari itu untuk mendapatkan konversi yang benar diperlukan rumus dasar, yaitu b = a x 2,54, dimana a adalah satuan panjang untuk inci dan b untuk ukuran cm.

Sebagai contoh penggunaan rumus tersebut, Anda bisa melihat contoh soal cerita berikut ini. Anda membeli sebuah ponsel dengan ukuran layar 6 inci, karena Anda tidak terbiasa dengan ukuran inci, Anda pasti ingin mengubahnya menjadi ukuran sentimeter.

Dengan menghitungnya menggunakan rumus menjadi b = 6 x 2,54, sehingga Anda akan menemukan bahwa b = 15,24 cm. Jika ingin melakukan konversi 1 inci berapa cm sebaliknya dari cm menjadi inci, Anda juga bisa membagi ukuran inci dengan 2,54 cm.

Misalnya seperti 100 cm maka Anda bisa membaginya dengan 2,54 cm akan menghasilkan ukuran yaitu 39,3701 inci. Sekarang Anda bisa dengan mudah mengubah ukuran inci ke sentimeter begitu juga sebaliknya menggunakan rumus tersebut.

Baca juga:  Contoh Gambar Pemandangan Alam Yang Mudah Ditiru

4. Konversi Inci ke Satuan Lain

Untuk mempermudah Anda dalam mengubah inci menjadi satuan lainnya, berikut ini ada beberapa hasil konversi dari inci menjadi mm, cm, dm sampai kaki. Dengan begitu Anda bisa memahami 1 inci berapa cm dan perubahan inci menjadi ukuran panjang metrik lainnya.

  • 1 inci = 25,4 mm
  • 1 inci = 2,54 cm
  • 1 inci = 0,25 desimeter
  • 1 inci = 25,4 meter
  • 1 inci = 1/12 kaki

6. Konversi Sentimeter Ke Inci

Untuk mempermudah mencari konversi ukuran dari cm ke inci tanpa harus menghitung dengan rumus, Anda juga bisa melihat dari daftar konversi sentimeter ke inci berikut. Mulai dari ukuran 1 inci berapa cm sampai 10 inci berapa jika di konversi menjadi cm bisa Anda ketahui dari daftar berikut ini.

  • 2,54 cm = 1 inci
  • 5,08 cm = 2 inci
  • 7,62 cm = 3 inci
  • 10,16 cm = 4 inci
  • 12,70 cm = 5 inci
  • 15,24 cm = 6 inci
  • 17,78 cm = 7 inci
  • 20,32 cm = 8 inci
  • 22,86 cm = 9 inci
  • 25,40 cm = 10 inci

Perbedaan Inci dan Sentimeter

Meskipun keduanya digunakan untuk mengukur panjang, masih ada beberapa perbedaan antara inci dan sentimeter. Perbedaannya terletak pada aplikasi, penggunaan, dan berbagai alasan lainnya.

Inci adalah cabang dari Sistem Manajemen kekaisaran atau biasa disebut juga dengan satuan imperial termasuk didalamnya yard, inci sampai kaki. Sementara satuan ukuran panjang sentimeter merupakan bagian dari sistem metrik.

Satuan ukuran inci umumnya banyak digunakan di Amerika Serikat dan Inggris, sedangkan sentimeter umumnya banyak digunakan di beberapa negara di Eropa sampai Asia. Satuan inci dan sentimeter juga mempunyai perbedaan yang terlihat jelas dari ukurannya.

1 inci jika dikonversikan menjadi yard atau kaki maka akan diketahui hasil 1 inci = 1/36 yard 1 inci = 1/12 kaki. Sementara sentimeter jika dikonversikan menjadi meter maka akan diketahui perbandingan ukuran yaitu 1/100 meter.

Baca juga:  Cara Mengerjakan 1 Liter Berapa Kg dan Contoh Lainnya

Mengenal Sejarah Inci dan Sentimeter

Satuan inci yang termasuk dalam satuan ukuran imperial atau kerajaan memang berawal dari kerajaan Inggris dan penggunaannya di Amerika tidak lepas dari kekuasaan Inggris pada masa itu.

Walaupun telah memperoleh kemerdekaan namun budaya dan kebiasaan kerajaan Inggris masih melekat di negara Amerika Serikat termasuk dalam penggunaan satuan ukuran panjang inci.

Penggunaan satuan imperial tersebut juga tersebar pada berbagai barang elektronik di berbagai belahan dunia banyak digunakan sebagai satuan internasional. Padahal sebenarnya satuan internasional adalah meter dn sentimeter sebagai satuan yang lebih kecil dari meter tersebut.

Namun penggunaan satuan inci pada berbagai ukuran barang elektronik tersebut lebih banyak digunakan hingga saat ini tidak lepas dari pengaruh Inggris pada perdagangan internasional.

Setelahnya pengaruh pemimpin masa lalu di Amerika yang tidak menyukai satuan metrik berasal dari Prancis kemudian lebih memilih untuk menasionalkan penggunaan satuan imperial.

Sebagai pusat dan pelopor dunia, Amerika Serikat yang menggunakan satuan imperial kemudian membuat satuan inci menjadi lebih populer dan banyak digunakan dalam berbagai produk untuk mendeskripsikan ukuran.

Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui 1 inci berapa cm dan bagaimana rumusnya agar tidak salah dalam memilih barang dengan ukuran imperial.