1 cm berapa inci

1 Cm Berapa Inci? Begini Cara Menghitungnya

1 cm berapa inci? Banyak orang Indonesia yang tidak mengetahuinya karena inchi umumnya hanya digunakan untuk satuan ukuran layar. Di sini kita terbiasa untuk menggunakan senti meter atau meter bukan inchi.

Jadi, orang Indonesia terbiasa menentukan ukuran layar televisi ataupun handphone dengan menggunakan inchi. Senti meter biasanya digunakan sebagai satuan saat melihat spesifikasi barang elektronik. Umumnya satuan ini digunakan untuk mengukur panjang sebuah bidang.

Lalu kira-kira 1 cm berapa inci? Pertanyaan ini kerap kali dipertanyakan saat membeli barang elektronik di luar negeri. Hal ini dikarenakan ukuran dimensi pabrikan elektronik hanya mencantumkan ukuran inchi bukan senti meter. Penjelasan selengkapnya simak pembahasan berikut ini

Mengenal Satuan Cm

Senti meter dengan simbol cm merupakan ukuran panjang dalam sistem satuan internasional. Cm diukur berdasarkan ukuran meter standar internasional yang ditunjukkan dengan awalan senti dimana ukuran tersebut merupakan seper-100 meter.

1 cm berapa inci sama seperti lebar kuku orang dewasa dan menjadi satuan panjang standar untuk beberapa evaluasi rutin. Senti meter banyak digunakan untuk pemeriksaan hal-hal yang lebih besar daripada mm karena ukurannya lebih kecil.

Di beberapa negara di dunia mengukur tinggi badan juga menggunakan senti meter kecuali Amerika Serikat. Untuk itu pastikan Anda tidak salah dalam menggunakan satuan panjang.

Inci Adalah Satuan Ukur yang Biasa Digunakan di Kerajaan Inggris

Inchi merupakan satuan ukur yang digunakan dalam sistem pengukuran Kerajaan Inggris dan juga Amerika Serikat. Pengukuran ini berasal dari bahasa Inggris Kuno yaitu ince atau ynce. Simbol standar internasional untuk inci adalah in atau dengan simbol tanda petik dua.

Inchi biasa digunakan di Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada sebagai standar pengukuran. Inchi juga digunakan di Jepang untuk pengukuran komponen elektronik terutama layar begitu juga beberapa negara di sebagian besar benua Eropa.

Senti meter dan inchi memang berbeda karena inchi merupakan percabangan dari sistem manajemen ke kaisaran sedangkan senti meter merupakan pengukuran dari bagian sistem matriks.

Selain itu, inchi biasanya digunakan di Amerika Serikat dan Inggris sedangkan senti meter banyak digunakan negara di seluruh dunia khususnya negara yang ada di daratan Eropa.

Jawaban dari Pertanyaan 1 Cm Berapa Inci

Di Indonesia, inci lebih sering digunakan untuk menentukan lebar suatu benda. Umumnya produsen handphone atau televisi mengeluarkan produk terbaru dengan inchi misalnya layar 6,5 inchi.

Bukan hanya itu, ukuran ban yang diproduksi dari sebuah pabrik juga menggunakan ukuran inci yang biasanya berukuran 15 inchi dan sebagainya. Karena hal inilah kebanyakan orang Indonesia merasa kesulitan untuk mengetahui berapa ukuran 1 centimeter yang diubah ke dalam inchi.

Masalahnya banyak orang merasa kesulitan mengubah inci ke dalam senti meter dikarenakan kita jarang sekali menggunakan pengukuran tersebut.

Jika kita menemukan pengukuran barang menyangkut ukuran panjang yang menggunakan inchi, sudah pasti banyak orang yang akan merasa kebingungan tentang pertanyaan 1 cm berapa inci.

1 inci = 2,54 cm atau 1 cm = 0,394 inci (bilangan sudah dibulatkan)

Pengukuran konversi tersebut adalah akurat karena pengukuran dan satuan bersifat absolut. Jadi, mulai sekarang Anda sudah bisa mengkonversi nilai 1 inchi berapa senti meter atau sebaliknya. Penulisan inchi bisa ditulis dalam bentuk seperti berikut ini:

1 inci = 2,54 cm

1″ = 2,54 cm

Tanda apostrof atau tanda petik dua, di atas disebut juga sebagai simbol satuan inchi. Tahukah Anda, bahwa inchi juga bisa dikonversikan kedalam beberapa satuan lainnya seperti m, mm, hingga km.

Baca juga:  Perhitungan 1 GB Berapa MB Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

Bukan hanya itu, satuan ini juga bisa dikonversikan ke dalam ukuran feet atau kaki hingga yard yang sering digunakan oleh kebanyakan perhitungan di luar negeri. Di bawah ini penjelasan tabel konversi satuan inchi ke dalam satuan lainnya, antara lain:

Satuan panjang Konversi dalam satuan lain
1 inci 2,54 cm
1 inci 0,025 m
1 inci 25,4 mm
1 inci 0,08333 ft
1 inci 2,4999 yard
1 ft 12 inchi
1 yard 3 ft
1 yard 91,44 cm

Berikut ini tabel ukuran konversi satuan senti meter (cm) menjadi inci (in):

centimeter (cm) inchi (in)
1 0.3937 in
2 0.7874 in
3 1.1811 in
4 1.5748 in
5 1.9685 in
6 2.3622 in
7 2.7559 in
8 3.1496 in
9 3.5433 in
10 3.9370 in
11 4.3307 in
12 4.7244 in
13 5.1181 in
14 5.5118 in
15 5.9055 in
16 6.2992 in
17 6.6929 in
18 7.0866 in
19 7.4803 in
20 7.8740 in

 

Rumus Konversi Inci ke Dalam Satuan Cm dan Satuan Lainnya

Rumus ini digunakan untuk mempermudah Anda melakukan pengubahan atau konversi satuan dari inchi ke senti meter atau beberapa satuan lainnya. Anda hanya perlu menghafal rumus berikut ini agar bisa mengkonversikan satuan lebih mudah terutama 1 cm berapa inci.

1 inci = 2,54 cm

Anda hanya perlu mengingat bahwa untuk mengkonversi satuan yang tepat, Anda memerlukan rumus seperti berikut ini:

B = a x 2,54

Keterangan:

A = satuan panjang dalam inci

B = satuan panjang dalam cm

Kamu sini bisa digunakan jika Anda di dalam kondisi seperti berikut ini:

Saat Anda sedang membeli ponsel pintar atau smartphone yang layarnya memiliki ukuran 6 inchi, Anda berniat untuk mengkonversikan ukuran tersebut ke dalam senti meter.

Anda mulai melakukan perhitungan menggunakan rumus yang sudah kami jelaskan di atas. Begini cara penyelesaiannya:

B = 6 x 2, 54

B = 15,24 cm

Jika Anda ingin mengkonversikan satuan senti meter ke dalam satuan inchi, Anda hanya tinggal membaginya dengan 2,54 cm.

Contohnya:

1 cm berapa inci?

Jawabannya adalah Anda tinggal membaginya dengan 2,54.

1 = a x 2,54

A = 1 : 2,54

A = 0,3937 inci atau = 0,394 inchi.

Hasilnya akan berbeda jika Anda mengkonversikan satuan ukuran feet atau kaki ke dalam inchi atau inci ke dalam ukuran yard. Anda harus menghitung dengan menggunakan perhitungan yang berbeda.

Contohnya jika Anda ingin menghitung panjang semua lapangan yang luasnya hingga 10 yard dan akan mengkonversikannya ke dalam senti meter, Anda harus mengalikannya dengan 91,44.

Jadi, 10 x 91,44 = 914,4 cm.

Jadi, rumusnya tidak selalu sama tergantung satuannya. Anda harus melihat nilai konversi dari satuan tersebut terlebih dahulu dan akan diubah ke dalam satuan apa untuk mendapatkan hasil jawaban yang paling tepat.

Agar lebih mudah menghafalnya, ingat saja rumus perhitungan konversi di atas. Anda tidak akan lagi merasa kesulitan saat mengukur perhitungan konversi tersebut jika sewaktu-waktu membutuhkannya. Jawaban dari 1 cm berapa inci sekarang sudah Anda pelajari, semoga mudah dipahami!