1 Are Berapa Meter Persegi, Pahami Juga Konversi Satuan Lain

Pertanyaan 1 are berapa meter persegi cukup sering ditanyakan. Saat masih sekolah tentu Anda pernah mempelajari hal ini. Terutama saat belajar di bidang satuan luas. Sebenarnya mempelajari tentang hal ini sangat mudah serta cukup penting untuk kehidupan ke depan.

Mungkin saat masih sekolah Anda tidak menyadarinya, namun saat sudah bekerja atau memiliki aset properti Anda pasti akan menyadari bahwa memahami tentang berbagai jenis satuan luas sangatlah penting. Terutama jenis satuan atau ukuran yang paling sering digunakan.

Salah satu jenis ukuran atau satuan yang sering digunakan untuk mengukur luas adalah hektar, are dan meter persegi . Itu sebabnya Anda harus tahu 1 are berapa meter persegi . Namun meskipun ada jenis satuan lain yang jarang digunakan, Anda harus tetap mempelajarinya.

Penting sekali mengetahui konversi are meter persegi beserta kawan – kawannya yang ada dalam 1 tangga. Bahkan jika perlu, sebaiknya Anda mengingat sendiri cara menghitungnya agar tidak perlu bolak – balik membuka internet atau menghitung manual untuk mendapat hasilnya.

1 Are Berapa Meter Persegi

Untuk mengetahui berapa hasil dari konversi are ke meter persegi, memang cara paling mudah adalah dengan menanyakannya ke internet. Anda tidak perlu berpikir dan bisa langsung mendapatkan hasilnya setelah searching. Namun jika mengingat hasilnya tentu akan lebih mudah dan cepat.

Cara menghitungnya sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan langkah awal untuk mengkonversinya. Meter persegi dan are berada dalam tangga satuan berbeda namun masih 1 jenis dan memiliki fungsi yang sama, sehingga ada cara khusus untuk mengkonversinya.

Pintu masuk awal are agar bisa setara dengan meter persegi dan kawan – kawannya adalah melalui salah satu anggota m2 di tangga, yaitu dekameter persegi atau biasanya disingkat dam2. Dari sini Anda bisa mulai mencari tahu 1 are berapa meter persegi dan lainnya. Berikut ini penjelasan singkatnya untuk Anda agar tidak merasa bingung.

  1. Are ke dam2
Baca juga:  Koperasi Sekolah Membeli Suatu Barang Dengan Harga

Agar lebih mudah memahami cara menghitungnya, sebaiknya Anda mulai belajar dari konversi are ke dam2 atau dekameter persegi . Nilai 1 are setara dengan 1 dam2. Itulah mengapa dam2 sering disebut dengan pintu masuk awal untuk mulai mengkonversi are ke tangga m2.

Untuk mengetahui 1 are berapa meter persegi , cukup dengan memperhatikan aturan menghitungnya. Anda pasti pernah belajar bahwa untuk mengetahui nilai sebuah satuan yang dikonversi, Anda harus mengkalikannya dengan 10 jika turun 1 tangga.

Kemudian jika naik 1 tangga nilainya harus dibagi dengan 10. Jika naik 2 tangga harus dibagi 100, begitu juga dengan turun 2 tangga harus dikali 100 dan seterusnya. Namun dalam konversi are ke m2 ini terdapat perbedaan aturan dari aturan hitung yang sudah umum itu.

Untuk menghitung 1 are berapa meter persegi dan berapa nilainya jika dikonversi ke kawan – kawan m2, hitungannya tidak lagi dikali 10 setiap turun 1 anak tangga atau dibagi 10 setiap naik anak tangga, namun dikali 100 jika turun 1 anak tangga dan dibagi 1000 jika naik 1 anak tangga.

Peraturan menghitung ini harus diingat dengan baik dan jangan sampai salah dalam menghitungnya. Memang cara menghitungnya terkadang berbeda dengan aturan hukum karena harus disesuaikan dengan jenis satuannya. Hal itu berlaku dalam jenis satuan ini.

Jika Anda bertanya mengapa peraturannya berbeda dari peraturan hitung pada umumnya, hal ini didasari oleh meter persegi atau m2. Satuan m2 disebut juga dengan m kuadrat, dengan kata lain nilainya akan ganda. Sehingga yang umumnya dikali 10 harus dikali 100 dalam hal ini.

  1. Are ke km2

Dengan pengetahuan bahwa 1 dam2 sama dengan 1 a, maka Anda bisa mulai menghitung ke satuan lainnya. Km2 atau disebut juga dengan kilometer persegi berada di anak tangga paling atas. Meskipun jarang digunakan untuk ukuran luas namun penting juga untuk dipelajari.

Baca juga:  Konversi Satuan dari 1 Gram Berapa Ons yang Perlu Diketahui

Untuk mengkonversinya adalah membagi 1 dengan 1000 sehingga hasilnya 0,0001. 1 a setara dengan 0,0001 km2.

  1. Are ke hm2

Hm2 terletak di tangga kedua setelah km2, jika Anda ingin menghitung 1 a sama dengan berapa hm2, hitunglah seperti cara sebelumnya, yaitu dengan membagi 100 setiap naik tangga. Dari dam2 ke hm2 hanya perlu naik 1 tangga sehingga harus dibagi dengan angka 100.

Hasilnya adalah 1 a sama dengan 0,01 hm2. Jika dibalik maka hasilnya 1 hm2 sama dengan 100 a. Lakukan cara yang sama untuk mengetahui 1 are berapa meter persegi .

  1. Are ke m2

Meter persegi biasanya disingkat m2. Letaknya di tangga ke 4 setelah dam2 atau dekameter persegi . Sehingga untuk menghitungnya hanya perlu mengkalikannya dengan 100, karena dari dekameter yang nilainya setara dengan are turun tangga hanya dilakukan 1 kali.

Sehingga jawaban dari 1 are berapa meter persegi adalah 100 m2. Orang – orang sering memakai konversi ini saat menghitung luas tanah dan bangunan, sehingga wajar saja jika Anda harus mempelajarinya.

  1. Are ke dm2

Dm2 atau decimeter persegi terletak di bawah meter persegi . Jaraknya dari dam2 atau dekameter persegi adalah 2 kali turun tangga. Jika dihitung maka nilai 1 a sama dengan 10.000 dm2, atau jika dibalik 1 dm2 senilai 0,0001 a.

Mudah sekali menghitung sendiri dan menghafalnya jika sudah memahami aturan berhitungnya. Meskipun lebih banyak pertanyaan tentang 1 are berapa meter persegi , namun memahami konversi kawan meter persegi lainnya juga dapat dikatakan penting.

  1. Are ke cm2

Jenis satuan yang lebih kecil lagi dalam tangga adalah centi. Dalam tangga m2 ini satuan centimeter persegi bukan yang paling kecil, namun sudah lebih kecil daripada lainnya. Perhitungannya adalah 1 dikali 1.000.000 karena turun tangga sebanyak 3 kali.

Baca juga:  1 Rim Berapa Lembar Simak Pembahasan dan Cara Hitungnya

Sehingga 1 a setara 1.000.000 cm2. Jika dibalik maka 1 cm2 setara 0,000001 a. meskipun satuan cm2 tidak lebih sering ditanyakan dari 1 are berapa meter persegi , namun terkadang satuan cm2 digunakan dalam menggambar bangunan, dan sejenisnya.

Melihat penggunaan centimeter persegi atau cm2 tentu Anda akan menyadari bahwa mempelajari hal ini sangat penting. Tidak hanya untuk urusan kerja dan aset saja, namun akan sangat berguna jika Anda kuliah di bidang perencanaan bangunan dan sejenisnya.

  1. Are ke mm2

Terletak paling bawah setelah cm2 adalah milimeter persegi atau biasanya disingkat dengan mm2. Jika dihitung nilai 1 a setara 0,00000001 mm2. Jika dibalik maka nilai 1 mm2 setara 1.000.000.000 a.

Terkadang satuan paling kecil tersebut digunakan untuk menentukan skala gambar bangunan dan sejenisnya. Sehingga selain mengetahui 1 are berapa meter persegi , Anda juga harus paham satuan lainnya.